Dampak Invasi Rusia ke Ukraina: Industri Keramik Bangladesh Menghadapi Krisis Harga dan Pasokan

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

01 Mei 2024, 13.22

Sumber: www.tbsnews.net

Kenaikan harga baru-baru ini dan gangguan rantai pasokan tanah liat dan gas setelah invasi Rusia ke Ukraina bukanlah pertanda baik bagi produsen keramik di Bangladesh, kata para pemangku kepentingan, menambahkan bahwa industri ini akan jatuh ke dalam krisis jika harga dan pasokan kedua bahan baku utama ini tetap tidak stabil.

Menurut orang dalam industri ini, bahan tanah dan gas alam menyumbang 40% hingga 42% dari total biaya produksi di industri keramik. Industri ini terutama memproduksi peralatan makan, saniter, dan ubin, yang merupakan beberapa barang utama yang digunakan di sektor konstruksi.

Sebagai bahan tanah, tanah liat Ukraina berada di puncak permintaan global, sementara Rusia adalah pemasok utama gas ke pasar dunia, kata mereka, menambahkan bahwa impor tanah liat dari Ukraina telah dihentikan karena perang yang sedang berlangsung dan harga gas juga diperkirakan akan meningkat di pasar domestik karena rekor kenaikan di pasar internasional.

Dalam situasi ini, para pengusaha keramik tidak akan dapat bertahan kecuali pemerintah mengambil langkah-langkah efektif untuk mengendalikan harga-harga bahan baku, mereka memperingatkan.

Para produsen keramik dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers hari ini terkait hal ini.

Md Sirajul Islam Mollah, presiden dari Asosiasi Produsen Pakaian Keramik Bangladesh, mengatakan bahwa 78 perusahaan saat ini telah menginvestasikan sekitar Tk13.000 crore di industri ini di Bangladesh, dan omset tahunan industri ini lebih dari Tk7.000 crore. Industri ini juga mengekspor sekitar Tk1.000 crore produk setiap tahunnya, tambahnya.

"Kami tertinggal di belakang pasar-pasar pesaing kami karena lonjakan harga dan kekurangan pasokan bahan baku. Oleh karena itu, kami mendesak pemerintah untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa harga bahan baku keramik tidak naik lebih jauh lagi," katanya.

Lima perusahaan besar, termasuk Akij dan Abul Khair, mengimpor tanah liat dari Ukraina, namun perusahaan-perusahaan tersebut tidak lagi mendapatkan bahan baku dari negara tersebut karena perang. Bahkan jika mereka mengimpor bahan baku dari sumber lain, mereka harus berkompromi dengan harga dan kualitas.

Khourshed Alam, direktur (penjualan dan pemasaran, papan partikel dan keramik) di Akij Group, mengatakan kepada The Business Standard bahwa kualitas tanah liat Ukraina relatif lebih baik dan harganya juga setidaknya 10% lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Sekarang mereka mengimpor bahan baku dari Malaysia, katanya, seraya menambahkan bahwa mereka juga mencoba mengimpornya dari sumber-sumber lain dengan harga yang lebih tinggi.

Ia mengatakan bahwa harga bahan baku telah melonjak 35% hingga 40% selama dua tahun terakhir sebelum perang Ukraina-Rusia. "Biaya pengiriman yang tadinya $1.000 telah naik menjadi $4.000. Hal ini berdampak besar pada pengeluaran kami, tetapi harga produk tidak dapat dinaikkan secara proporsional. Akibatnya, perusahaan yang menghasilkan keuntungan telah melihat keuntungan mereka merosot sementara perusahaan yang berada dalam situasi impas sekarang mengalami kerugian."

Sekitar 95% dari bahan baku yang digunakan dalam produksi barang-barang keramik di Bangladesh diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu, kenaikan harga gas dan tanah liat baru-baru ini di atas kenaikan harga semua bahan baku lainnya termasuk bahan kimia yang sudah mencapai 35% hingga 40% telah mendorong para pemilik industri ini ke dalam kondisi yang tidak nyaman.

Meskipun demikian, Sirajul Islam Mollah melihat kenaikan harga gas sebagai masalah terbesar karena sebagian besar tanah liat yang digunakan dalam industri keramik diimpor dari Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Italia.

"Keramik adalah industri yang bergantung pada gas. Karena pembakaran di dalam kiln, pasokan gas harus tersedia sepanjang waktu. Aliran gas juga harus dijaga agar tetap tinggi. Namun, banyak pabrik yang tidak dapat melanjutkan produksi dengan baik dan merugi karena krisis gas," jelasnya.

Sheltech Group, sebuah nama besar di sektor real estate, masih terus mengembangkan bisnisnya setelah memasuki industri keramik pada tahun 2016 dengan investasi yang cukup besar. Grup ini mengkhawatirkan masa-masa sulit di masa depan setelah kenaikan harga bahan baku dan krisis gas.

Tanvir Ahmed, direktur pelaksana Sheltech, mengatakan kepada TBS bahwa biaya produksi mereka telah melonjak sekitar 15% setelah kenaikan harga gas sebesar 38% pada tahun 2019. Sekarang telah diusulkan untuk menaikkan harga gas sebesar 116%, katanya, menambahkan jika proposal tersebut terwujud, tidak mungkin bagi perusahaan-perusahaan di industri ini untuk bertahan.

Ia juga menyebutkan bahwa kehilangan air pada proses produksi barang keramik berkisar antara 35% hingga 40%. "Badan Pendapatan Nasional tidak memperhitungkan kerugian yang sangat besar ini saat memungut tarif. Di sisi lain, bea masuk tambahan (SD) untuk produksi ubin keramik dan produk sanitasi masing-masing adalah 15% dan 10%. Barang-barang keramik sekarang harus dibebaskan dari pajak ini karena mereka telah menjadi produk penting di masa sekarang."

Bangkitnya industri keramik

Asosiasi Produsen dan Eksportir Keramik Bangladesh mengatakan bahwa keramik kini menjadi salah satu industri terbesar di Bangladesh, dan bisnis ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Selain 66 merek, lebih dari 100 perusahaan manufaktur, baik kecil maupun menengah, telah berkembang di negara ini. Saat ini, sektor ini mempekerjakan sekitar 5.00.000 orang, termasuk 55.000 karyawan langsung dan mereka yang berasal dari industri keterkaitan ke belakang.

Setiap tahunnya, sektor ini memproduksi 25 crore buah peralatan makan, 15 crore kaki persegi ubin, dan 50 lakh buah perlengkapan sanitasi. Sebagian besar peralatan makan diekspor ke Eropa dan Timur Tengah.

Md Shirajul Islam Mollah, presiden dari asosiasi ini, mengatakan bahwa 90% dari permintaan lokal untuk produk keramik dulunya dipenuhi melalui impor pada tahun 1980-an, tetapi perusahaan lokal sekarang memenuhi hampir 85% dari total permintaan.

Menurut riset pasar oleh USADA pada akhir tahun 2019, ukuran pasar industri keramik di Bangladesh adalah sebesar Tk7.550 crore, di mana industri ubin berkontribusi paling besar dengan sekitar Tk5.500 crore. Ukuran segmen peralatan makan dan saniter masing-masing adalah Tk800 crore dan Tk1.200 crore.

Disadur dari: www.tbsnews.net