Daftar Bangunan Pemenang di Festival Arsitektur Dunia

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

23 April 2024, 09.53

Sumber: (3xn)

Setelah melewati proses penilaian yang ketat selama beberapa minggu, para juri telah memilih gedung-gedung pemenang dalam kategori Festival Arsitektur Dunia 2021. Sejumlah firma arsitektur global terkemuka berhasil meraih penghargaan dalam berbagai kategori, seperti dilaporkan oleh Arch Vibe. Dalam kategori 'Bangunan Selesai untuk Kesehatan', Link Arkitektur dan 3XN, bekerja sama dengan Nickl & Partner dan Kristine Jensens Tegnestue, memenangkan penghargaan untuk rancangan mereka, North Wing of the Rigshospitalet di Denmark.

Para juri memberikan komentar bahwa proyek ini dibangun dengan sangat hati-hati dan memperhatikan kebutuhan staf rumah sakit dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sementara itu, dalam kategori 'Bangunan Selesai untuk Pendidikan Tinggi dan Riset', firma arsitektur RTA + Irving Smith meraih penghargaan untuk Scion Innovation Hub di Selandia Baru sebagai bangunan dengan desain terbaik.

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.(Indesign Live)

Para juri mengungkapkan bahwa kemenangan Scion Innovation Hub terletak pada kesederhanaan desainnya, penggunaan minimal bahan, dan kemampuannya untuk dirombak dan dipasang kembali. Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset yang fokus pada pengembangan teknologi untuk industri kehutanan.

Selain itu, pemenang dalam kategori 'Bangunan Campuran Selesai' adalah The Post Building di London, yang dirancang oleh firma arsitektur Inggris, Allford Hall Monaghan Morris.

The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris.

The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris. (Post Building)

Para juri memuji kecerdikan sang arsitek dalam mengambil bangunan industri di pusat kota dan mengintegrasikannya dengan perumahan sosial bagi keluarga dan pekerja. Di samping itu, Atelier Tao+c meraih penghargaan dalam kategori konstruksi baru dan lama yang telah selesai untuk hotel kapsul dan toko buku di Desa Qinglong Wu, Tiongkok.

Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .

Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .(Archdaily)

Menurut para juri, gedung ini memiliki detail yang indah dan berhasil mempertahankan semangat pertanian keluarga dengan penampilan yang sepenuhnya baru. Dalam pembangunannya, para arsitek menggunakan dinding rammed earth sebagai fondasi untuk menempatkan perpustakaan, yang terhubung melalui dua tumpukan kamar asrama berbentuk kapsul.

Dilaporkan oleh Arch Vibe, sejumlah firma arsitektur terkemuka berhasil meraih penghargaan dalam berbagai kategori. Grimshaw Architects, yang berbasis di London, Inggris, memenangkan kategori "Bangunan Selesai untuk Kantor" dengan rancangan mereka, Olderfleet.

Olderfleet merupakan salah satu bangunan komersial di Melbourne, Australia. Juri memuji keseimbangan dan koneksi antara elemen bangunan lama dan baru. Sementara itu, firma arsitektur terkenal lainnya, yaitu BIG, berhasil memenangkan kategori 'Bangunan Selesai untuk Produksi, Energi & Daur Ulang' dengan rancangan mereka, Coppenhill/ Amager Bakke di Denmark.

Coppenhiil, merupakan pabrik pembangkit listrik di Denmark dan dirancang oleh firma arsitektur, BIG.

Coppenhiil, merupakan pabrik pembangkit listrik di Denmark dan dirancang oleh firma arsitektur, BIG. (Bjarke Ingels Group)

Menurut para juri, Coppenhill adalah sebuah pabrik pembangkit listrik yang dilengkapi dengan area hiburan di atapnya, termasuk lereng ski, jalur pendakian, dan dinding panjat. Proyek ini dianggap sebagai sebuah landmark ikonik baru bagi kota Kopenhagen. Di sisi lain, Tezuka Architects dari Jepang meraih kesuksesan dalam kategori 'Bangunan Selesai untuk Agama' dengan menyelesaikan Niijima Chapel di Jepang.

Niijima Chapel di Jepang  yang dirancang oleh firma arsitektur, Tezuka Architects.

Niijima Chapel di Jepang yang dirancang oleh firma arsitektur, Tezuka Architects. (Tezuka Architects)

Para juri sangat terkesan dengan kualitas artistik dari ruang-ruang kuil dan memuji kesederhanaan serta kecanggihan desain struktural bangunan tersebut. Dalam kategori selanjutnya, "Bangunan Selesai untuk Perbelanjaan", Shanghai Urban Architecture Design Co Ltd berhasil meraih kemenangan dengan desain mereka, New Alley-Old Story.

New Alley - Old Story, yang dirancang oleh Shanghai Urban Architecture Design.

New Alley - Old Story, yang dirancang oleh Shanghai Urban Architecture Design. (Shanghai Urban Architecture Design)

Bangunan ini menunjukkan respons desain yang kuat terhadap lingkungan perkotaan, dengan konteks dan karakter yang jelas, meskipun dibangun di atas sejarah dan tradisi Nanchang yang kuno. Cox Architecture meraih penghargaan dalam kategori 'Bangunan Selesai untuk Olahraga' dengan rancangan mereka, Ken Rosewall Arena Redevelopment, di Australia.

Ken Rosewall Arena Redevelopment yang berlokasi di Australia. Merupakan arena tenis yang dirancang oleh Cox Architecture.

Ken Rosewall Arena Redevelopment yang berlokasi di Australia. Merupakan arena tenis yang dirancang oleh Cox Architecture. ()

Proyek ini menciptakan jenis baru dari arena tenis yang menggabungkan banyak ventilasi alami namun tetap menjaga keseluruhan penutupan bangunan. Para juri menilai Ken Rosewall Arena sebagai suatu inovasi minimalis namun signifikan melalui penggunaan teknik rekayasa yang ringan dan pertimbangan keberlanjutan.

Moynihan Train Hall di New York yang dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill

Moynihan Train Hall di New York yang dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill () Yang terakhir, Skidmore, Owings & Merrill berhasil memenangkan kategori 'Transport-Completed Buildings' untuk bangunan rancangannya yakni Moynihan Train Hall di New York.

Skidmore, Owings & Merrill meraih kemenangan dalam kategori 'Bangunan Selesai untuk Transportasi' dengan desain mereka, Moynihan Train Hall di New York.


Sumber: www.kompas.com