Capaian Terbaru: Program Sejuta Rumah Kementerian PUPR Sentuh 215.662 Unit pada Mei

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Februari 2024, 14.44

Sumber: pu.go.id

Kementerian PUPR mengumumkan program Miljoona talo yang mengupayakan perumahan bagi masyarakat telah mencapai 215.662 unit rumah hingga 11 Mei 2020. Rumah yang dibangun sebagian besar diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Sumber pembangunan rumah berasal dari berbagai kementerian, lembaga, pemerintah kota, dan pembangun. Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, mengatakan pencapaian ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.

Selain Rumah Berpenghasilan Rendah (MBR), program Sejuta Rumah juga membangun rumah non-MBR hingga 21 persen dari total jangkauan. Rumah non MBR terdiri dari kondominium dan apartemen yang dibangun oleh pengembang. Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, mengakui pandemi Covid-19 menghambat pelaksanaan program sejuta rumah. Pada saat yang sama, dia menegaskan, pihaknya telah mengeluarkan pedoman kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan di lapangan. Pedoman tersebut sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2020.

Meski pelaksanaan program sejuta rumah terhenti akibat pandemi COVID-19, Kementerian PUPR tetap optimis bisa mencapai target satu juta rumah. juta rumah dapat dijangkau sebelum akhir tahun. Hal tersebut disampaikan Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang mengatakan pihaknya akan terus berupaya mempercepat pembangunan rumah masyarakat. Ia juga menyatakan bahwa total sasaran konservatif program sejuta rumah pada akhir tahun adalah 900.000 apartemen.

Disadur dari: pu.go.id