Bus Listrik

Dipublikasikan oleh Wanda Adiati, S.E.

29 Juni 2022, 17.20

Bus Listrik di Bogotá, Kolombia

Bus Listrik (bahasa Inggris: Electric Bus) adalah kendaraan bus yang dapat menyimpan energi listriknya pada kendaraan itu sendiri atau dapat disuplai terus menerus dari sumber eksternal.

Bus listrik menyimpan tenaga listrik yang dibutuhkan di dalam baterai, atau disuplai terus menerus dari sumber eksternal. Sebagian besar bus yang menyimpan listrik adalah bus listrik baterai (yang sebagian besar akan dibahas dalam artikel ini), di mana motor listrik memperoleh energi dari paket baterai terpasang, meskipun contoh mode penyimpanan lain memang ada, seperti gyrobus yang menggunakan penyimpanan flywheel energy storage. Ketika listrik tidak disimpan, listrik akan disuplai melalui kontak dengan sumber daya luar. Misalnya seperti listrik aliran atas seperti di bus troli, atau dengan konduktor non-kontak di tanah, seperti di kendaraan listrik online.

Pada tahun 2019, Tiongkok merupakan 99% pengguna terbesar bus listrik di dunia dengan lebih dari 421.000 bus listrik yang beroperasi di jalanan dan menguasai 17% penggunaanya sebagai armada transportasi publik di dalam negeri Tiongkok. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat memiliki 300 bus listrik, dan Eropa memiliki 2.250 bus listrik.
 

Bus Listrik di Indonesia
 


Bus Listrik Transjakarta Tipe BYD K9 dari Tiongkok
 

Kemunculan bus listrik di Indonesia pertama kali adalah pada pertengahan tahun 2020 di mana pada waktu itu Transjakarta menguji coba dua buah bus listrik tipe BYD K9 & BYD C6 dari Tiongkok. Sedangkan pengoperasian resminya diperkirakan pada akhir tahun 2021.

Indonesia telah mempunyai tiga pabrik yang mampu memproduksi bus listrik di dalam negeri, dengan kapasitas produksi sekitar 1.000 unit per tahun. Industri tersebut antara lain PT. Mobil Anak Bangsa (MAB) yang diinisiasi Moeldoko, PT. Industri Kereta Api (INKA), dan PT. Kendaraan Listrik Indonesia (KLI). Ketiga produsen itu sudah menggunakan teknologi penggerak ECE, hybridplugin hybridfuel cell, yang juga sudah ada dalam peta jalan Kementerian Perindustrian. Pemerintah juga serius membangun jaringan stasiun pengisian energi listrik untuk kendaraan listrik juga pabrik baterai yang akan dibangun pada tahun ini.

Transjakarta berencana akan mengoperasikan 100 unit bus listrik mulai tahun 2022. Sebelumnya sebanyak 40 tenaga penguji kendaraan mebgikuti pelatuhan uji kir bus listrik. Hal ini merupakan bagian dari upaya elektrifikasi transportasi dan kendaraan secara umum di Jakarta.
 

Galeri Bus Listrik di Beberapa Negara

Bus listrik di Kanada
Bus Listrik di Kanada

 

Bus listrik di Moskwa, Rusia
Bus Listrik di Moskwa, Rusia

 

Bus listrik di Eindhoven, Belanda
Bus Listrik di Eindhoven, Belanda

 

Bus listrik di Berlin, Jerman
Bus Listrik di Berlin, Jerman

 

Bus listrik di Adelaide, Australia
Bus Listrik di Adelaide, Australia

 

Bus listrik di Shanghai, Tiongkok
Bus Listrik di Shanghai, Tiongkok

 

Bus listrik di Hunan, Tiongkok
Bus Listrik di Hunan, Tiongkok

 

Bus listrik di Shinjuku, Jepang
Bus Listrik di Shinjuku, Jepang

 

Bus listrik Rapid KL di Malaysia
Bus Listrik Rapid KL di Malaysia

 

Bus listrik di Singapura
Bus Listrik di Singapura


Sumber Artikel: id.wikipedia.org