BUMN yang Efisien akan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Eswatini

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

08 Mei 2024, 09.53

Sumber: Pinterest

Mbabane, 7 Agustus 2023 - Restrukturisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) utama di Eswatini akan menciptakan peluang baru bagi sektor swasta dan mempercepat pertumbuhan ekonomi, demikian laporan Bank Dunia yang dirilis hari ini. Membuat BUMN menjadi lebih efisien akan mengurangi ketergantungan mereka pada pendanaan publik dan mendorong pertumbuhan yang dipimpin oleh sektor swasta, yang sangat dibutuhkan untuk menyerap angkatan kerja muda yang terus bertambah, menurut laporan tersebut.

Perekonomian Eswatini menghadapi pertumbuhan yang rendah, defisit fiskal yang tinggi, dan BUMN yang tidak menguntungkan dalam beberapa tahun terakhir. Edisi pertama dari Eswatini Economic Update - Meningkatkan Permainan dengan BUMN yang Efisien, menyoroti bahwa BUMN menyediakan layanan infrastruktur dasar untuk bisnis dan rumah tangga, dan dengan demikian, meningkatkan kinerja mereka akan mendukung aktivitas sektor swasta.

Laporan ini menganalisis perkembangan ekonomi global dan domestik baru-baru ini dan menilai prospek jangka pendek dan menengah Eswatini. Laporan ini juga mengkaji peran BUMN dalam meningkatkan kinerja ekonomi, mengevaluasi kontribusi mereka terhadap perekonomian, mengidentifikasi keterbatasan, dan mengusulkan bidang-bidang dan tindakan-tindakan reformasi. Laporan ini menyoroti kebutuhan mendesak akan tindakan untuk mencapai aspirasi sosial-ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi.

“Bank Dunia siap mendukung Eswatini dalam mengimplementasikan reformasi ini dan mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan merangkul perubahan-perubahan transformatif ini, Eswatini dapat memetakan arah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup seluruh warganya, dan menjamin masa depan yang sejahtera,” kata Marie Francoise Marie-Nelly, Country Director Bank Dunia untuk Eswatini, Botswana, Lesotho, Namibia, dan Afrika Selatan.

“Edisi pertama Eswatini Economic Update merupakan landasan yang baik untuk perumusan kebijakan berbasis data. Rekomendasi-rekomendasi yang diberikan selaras dengan tujuan kami untuk beralih ke model pertumbuhan yang dipimpin oleh sektor swasta yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh, seperti yang tercermin dalam Kerangka Kerja Kemitraan Negara Bank Dunia untuk Kerajaan Eswatini,” ujar Yang Terhormat Thambo Gina, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Eswatini.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Eswatini mengalami peningkatan ekonomi yang singkat setelah pandemi COVID-19, tetapi pertumbuhannya melambat. Sebelum pandemi, ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 2,1 persen dari tahun 2015 hingga 2019. Namun, tantangan seperti basis ekonomi yang sempit, sektor publik yang besar, peraturan pemerintah yang rumit, serta lingkungan sosial-politik dan eksternal yang terkendala menghambat pertumbuhan yang berkelanjutan.

Pada tahun 2023, faktor domestik, termasuk ketidakpastian sosial-politik dan reformasi yang lambat, terus menghambat pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan akan melambat lebih lanjut pada tahun 2023 dan 2024. Kenaikan harga memperparah tantangan-tantangan ini, yang berdampak buruk pada kesejahteraan rumah tangga dan meningkatkan kemiskinan. Guncangan eksternal, seperti perang di Ukraina, berkontribusi pada kenaikan inflasi menjadi 4,8% pada tahun 2022. Untuk mengurangi tekanan inflasi, bank sentral memperketat kebijakan moneter dengan meningkatkan tingkat diskonto dari 4 persen menjadi 7,5 persen (di atas suku bunga sebelum pandemi COVID-19) antara awal tahun 2022 dan Juli 2023.

“Pemerintah Eswatini menyambut baik laporan ini, karena kami bertekad untuk menerapkan serangkaian reformasi kebijakan untuk membuka potensi sektor swasta dan meningkatkan efisiensi BUMN. Mengingat pendapatan Southern Africa Customs Union (SACU) yang lebih tinggi pada tahun 2023, pembentukan Dana Stabilisasi Pendapatan SACU akan membantu mengurangi guncangan tak terduga di masa depan dan mendorong stabilitas makroekonomi,” ujar Yang Terhormat Neal Rijkenberg, Menteri Keuangan Eswatini.

Untuk mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, laporan ini mengusulkan tiga tindakan kebijakan:

  • Mengatasi tekanan fiskal makro
  • Membuka investasi sektor swasta
  • Meningkatkan penyediaan layanan untuk pertumbuhan yang inklusif melalui peningkatan belanja publik dan percepatan reformasi BUMN.

Reformasi BUMN akan membantu meningkatkan penyediaan layanan dan menciptakan peluang baru bagi sektor swasta, mengatasi ketidakseimbangan fiskal, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Untuk BUMN, ada tiga arah khusus yang diusulkan:

  • Memikirkan kembali peran negara dalam perekonomian
  • Memperkuat kerangka hukum BUMN Memperkuat tata kelola dan pengawasan BUMN
  • Memperkuat tata kelola dan pengawasan BUMN.

Disadur dari: worldbank.org