BRIN Menandatangani Kesepakatan Riset Teknologi Produksi Bersama PT Industri Kapal Indonesia (Persero)

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

13 Maret 2024, 09.29

Sumber: minio.brin.go.id

Humas BRIN di Surabaya mengumumkan bahwa Pusat Penelitian Teknologi Hidrodinamik (PRTH) BRIN telah bermitra dengan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) dalam penelitian strategi konstruksi dan sistem pengendalian mutu pembangunan kapal mini gas alam cair. Penandatanganan perjanjian kemitraan dilakukan melalui Zoom Meeting pada Selasa (15 November). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dokumen strategi konstruksi dan sistem pengendalian mutu berdasarkan struktur rincian kerja berorientasi produk (PWBS) untuk mendukung pembangunan kapal mini LNG.

Senior Director PT IKI, Diana Rosa, menyatakan kehormatan dan kebanggaannya atas partisipasi perusahaan dalam penelitian ini. Dia menekankan pentingnya kontribusi PT IKI sebagai BUMN dalam mendukung aktivitas negara. Selain itu, dia berharap hasil pengembangan mini LNG dapat diaplikasikan di wilayah timur Indonesia.

Kepala PRTH BRIN, Widjo Kongko, menggarisbawahi bahwa kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya yang telah memberikan hasil positif. Tujuan utama kerjasama ini adalah untuk menciptakan suatu kajian yang menjadi acuan dalam pembangunan kapal mini LNG dan kapal sejenis lainnya, serta menyusun dokumen strategi pengendalian mutu.

PRTH BRIN Senior Specialist Peneliti, Buana Ma'ruf, menyampaikan apresiasi atas dukungan tim PT IKI dalam pelaksanaan penelitian tahun pertama. Dia menegaskan bahwa penelitian ini tidak hanya berfokus pada kapal mini LNG, tetapi juga berlaku untuk kapal lainnya. Penandatanganan PKS ini juga disaksikan oleh tim peneliti PRTH, koordinator BHKS BRIN Jatim, staf PT Industri Kapal Indonesia (Persero), dan pimpinan PT Terafulk.


Disadur dari: www.brin.go.id