BRIN Memperbaiki Infrastruktur Penelitian dan Inovasi Kebun Raya untuk Maksimalkan Manfaat Bagi Masyarakat

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

25 April 2024, 07.26

Sumber: freepik.com

Direktur Jenderal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lakhsana Toli Handko, menyoroti pengembangan kebun raya dengan perhatian khusus. Dia mengapresiasi minat masyarakat terhadap kebun raya yang memiliki lima fungsi utama: konservasi, penelitian, pendidikan, pariwisata, dan jasa lingkungan. Handko menekankan pentingnya inovasi untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi tersebut.

Handko mengungkapkan bahwa kegiatan komersial telah lama ada di kebun raya, termasuk kafe, wisma, dan hotel, namun saat ini dikelola oleh mitra dengan transparansi dan akuntabilitas. Pengelolaan kebun raya dibagi antara tiga pengelola, yakni Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Deputi Bidang Prasarana, dan Direktorat Pengelolaan Koleksi, untuk memastikan efisiensi dan fokus pada penelitian.

Perbaikan infrastruktur di kebun raya termasuk rencana penghancuran lapangan tenis beton dan rumah-rumah lama untuk meningkatkan asupan air. Selain itu, jalan-jalan yang rusak sedang diperbaiki untuk meningkatkan keselamatan pengunjung.

BRIN juga mengembangkan inisiatif inovatif seperti program Glow untuk meningkatkan pendidikan dan pariwisata di kebun raya. Program ini terinspirasi dari kebun raya di luar negeri yang menawarkan wisata malam dan saat ini diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, dengan rencana untuk diadakan maksimal empat kali dalam seminggu di masa mendatang.

Sebagai informasi, sejumlah kebun raya yang memiliki program sejenis Glow antara lain terdapat di Desert Botanical Garden (Phoenix, Arizona), Singapore Botanic Gardens (Singapura), Fairchild Tropical Botanic Garden (Miami, USA), Atlanta Botanical Garden (Atlanta), dan Botanical Garden Berlin (Jerman).
 

Sumber: brin.go.id