Bingung Kuliah Jurusan Teknik Mesin Dimana? Ini 4 Kampus Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 15.05

www.gridoto.com

JAKARTA - Teknik Mesin menjadi salah satu jurusan yang cukup terkenal di berbagai perguruan tinggi Indonesia. Dalam hal ini, telah menjadi rahasia umum bahwa bagian dari jurusan Teknik ini menjadi salah satu yang terbanyak diminati. Seiring perkembangannya, cukup banyak Universitas di Indonesia yang membuka program studi teknik mesin.

Hal ini dilaksanakan seiring bertambahnya juga kebutuhan lulusan dari teknik mesin di lapangan pekerjaan.

Bersumber pada QS World University Ranking, inilah beberapa kampus teknik mesin terbaik di Indonesia :

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) menjadi hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) sesuai surat keputusan Rektor ITB No.245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007. FTMD sendiri membuka program pendidikan sarjana, magister, dan doktor seperti Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material. Untuk jurusan Mesin sendiri didirikan pada tahun 1942 dan kini mempunyai jenjang program Sarjana, Magister, dan Doktor.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November

Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) didirikan pada 17 Agustus 1957. Tetapi, baru diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1957. Kala itu, YPTT memiliki 2 Fakultas. Teknik Mesin (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT) serta Teknik Sipil (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT).

Dilansir dari situs resminya, YPTT berubah nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh November pada 3 November 1960. Kemudian, mulai muncul fakultas-fakultas lain yang terus berkembang hingga sekarang. Dari ketiga program studi Teknik Mesin yang tersedia di ITS, seluruhnya telah memperoleh Akreditasi BAN PT : A.

  1. Universitas Indonesia

Dilansir dari situs resminya, Fakultas Teknik Universitas Indonesia berdiri pada 17 Juli 1964. Jurusan yang dibuka pada awalnya hanya Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Setelah berkembang, muncul banyak jurusan baru yang tersedia di UI. Berdasarkan survei yang dilakukan QS World University, Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Program Studi ini tersedia bagi jenjang Sarjana, Magister, hingga Doktor. Program sarjana Teknik Mesin memiliki akreditasi BAN PT : A serta Akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2008 (Dibawah Departemen Teknik Sipil).

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Teknik Mesin UGM juga masuk dalam jajaran kampus teknik mesin terbaik di Indonesia. Program Studi teknik mesin berada di Departemen Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Untuk jurusan teknik mesinnya sendiri terdiri dari program sarjana (S1), pascasarjana(S2), dan doktor (S3). Program Studi Teknik Mesin terakreditasi Unggul (U) oleh BAN PT serta telah terakreditasi pula oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

 


Disadur dari sumber edukasi.sindonews.com

Artikel lainnya