Bengkel Mobil: Menyelami Makna dan Peran dalam Industri Otomotif

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

25 April 2024, 08.59

Sumber: Wikipedia

Bengkel mobil (juga dikenal secara regional sebagai garasi atau bengkel) adalah tempat di mana mobil diperbaiki oleh mekanik dan teknisi mobil. Antarmuka pelanggan biasanya adalah penasihat layanan, yang secara tradisional disebut penulis layanan.

Jenis

Bengkel dan bengkel otomotif dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut:

Bengkel servis

Pertama kali muncul pada awal 1900-an, banyak SPBU yang menawarkan layanan perbaikan kendaraan sebagai bagian dari operasi layanan penuh mereka. Tren yang dulunya populer ini telah menurun secara signifikan selama bertahun-tahun karena banyak lokasi yang merasa lebih menguntungkan untuk menukar ruang servis kendaraan dengan pulau bahan makanan, yang pada akhirnya mengarah pada kemunculan industri penggantian oli cepat.

Bengkel pelumasan/pengaman

Umumnya disebut sebagai bengkel pelumas cepat atau bengkel servis kilat, jenis fasilitas ini mengkhususkan diri pada pemeliharaan preventif dan inspeksi keselamatan daripada perbaikan. Penjualan produk biasanya terbatas pada cairan otomotif, sabuk, dan selang. Dengan fokus pada prosedur dasar, tenaga kerja sering kali dilakukan oleh teknisi tingkat pemula yang menyederhanakan biaya operasional bisnis sehingga menghasilkan layanan yang lebih murah dibandingkan dengan bengkel otomotif tradisional.

Dealer mobil baru

Di Amerika Serikat, dealer mobil baru memiliki departemen servis yang disertifikasi oleh OEM (Original Equipment Manufacturer) masing-masing untuk melakukan perbaikan garansi dan penarikan kembali. Perbaikan yang dibayar oleh pelanggan juga dapat diselesaikan, namun sebagian besar departemen servis cenderung hanya bekerja pada merek kendaraan yang mereka jual. Teknisi dealer harus menyelesaikan pelatihan tambahan yang disediakan oleh OEM, dan dengan demikian menjadi spesialis dan tersertifikasi untuk merek kendaraan tertentu.

Bengkel mobil independen

Bengkel mobil independen adalah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan secara independen. Di negara bagian yang mengatur uji kabut asap atau emisi, sering kali, bengkel mobil independen juga menawarkan pengujian ini. Ini juga dapat mencakup jaringan dan waralaba regional atau nasional. Cukup umum bagi teknisi dealer untuk memulai jenis bisnis yang bersaing ini setelah keluar dari pekerjaan di dealer mobil baru. Bengkel mobil independen di AS juga dapat memperoleh sertifikasi OEM melalui program yang disponsori oleh produsen. Hukum Uni Eropa (Peraturan Pembebasan Blok EC 1400/2002 (Oktober 2003)) mengizinkan pengendara lebih fleksibel dalam memilih tempat servis mobil mereka. Pekerjaan perawatan dan servis tidak harus dilakukan oleh dealer asalkan bengkel independen tersebut menggunakan suku cadang Original Equipment 'Matching Quality' dan mengikuti jadwal servis dari pabrikan. Peraturan Pembebasan Blokir (BER) mencakup servis dan perawatan selama masa garansi dan melarang garansi produsen kendaraan untuk menyertakan kondisi yang membatasi.

Bengkel armada

Bengkel yang didedikasikan untuk memperbaiki dan merawat kelompok kendaraan tertentu disebut bengkel armada. Contoh umum dari armada adalah taksi taksi, mobil polisi, truk pengiriman surat dan kendaraan sewaan. Serupa dengan bengkel pelumasan/keselamatan, bengkel armada berfokus pada pemeliharaan preventif dan inspeksi keselamatan, dan sering kali mengalihdayakan perbaikan yang lebih besar atau lebih rumit ke fasilitas perbaikan lain.

Bengkel mesin mesin

Bengkel yang berspesialisasi dalam pemesinan kepala silinder dan blok silinder disebut bengkel mesin engine. Fasilitas ini menggunakan mesin elektromekanis besar yang tidak ditemukan di bengkel otomotif pada umumnya. Pemesinan mesin biasanya dilakukan oleh ahli mesin bersertifikat ASE untuk memperbaiki komponen mesin yang aus atau rusak sebagai alternatif dari penggantian komponen. Pembuatan mesin performa adalah layanan populer lainnya yang sering ditawarkan oleh bengkel jenis ini.

Bengkel ban dan roda

Beberapa bengkel mengkhususkan diri pada ban dan roda. Bisnis ini biasanya memiliki inventaris ban dan velg aftermarket dalam jumlah besar, beberapa di antaranya mungkin dipajang sementara yang lain memerlukan pemesanan khusus. Selain suku cadang, layanan tenaga kerja yang umum termasuk rotasi ban, penyeimbangan dan perbaikan serta pelurusan roda yang dapat mencegah keausan ban dini.

Di Filipina, bengkel ban di pinggir jalan disebut toko vulkanisir dalam bahasa Inggris. Mereka berspesialisasi dalam memperbaiki ban kempes dengan cepat dan murah dengan menambal kebocoran dengan tambalan kompon karet.

Toko Knalpot

Toko knalpot, juga disebut toko knalpot, adalah model bisnis yang hanya berkonsentrasi pada sistem pembuangan mesin. Fasilitas ini menggunakan penyokong pipa besar yang memungkinkan teknisi membuat sistem pembuangan baru dari pipa yang lurus. Pengelasan sering kali diperlukan dalam bidang pekerjaan ini.

Bodi mobil

Bengkel otomotif yang berspesialisasi dalam perbaikan bodi dikenal sebagai bengkel karoseri. Teknisi bengkel mobil dapat melakukan perbaikan cat pada goresan, lecet, dan penyok, serta perbaikan bodi kendaraan yang rusak akibat tabrakan. Banyak bengkel kini menawarkan perbaikan penyok tanpa cat dan penggantian kaca mobil. Bengkel otomotif yang berspesialisasi dalam perbaikan kaca mobil dikenal sebagai bengkel kaca mobil. Mereka menawarkan perbaikan kaca mobil untuk keripik, retakan dan pecahan kaca. Jenis kaca yang mereka perbaiki termasuk kaca depan, jendela mobil, kaca seperempat dan jendela belakang. Kerusakan jenis ini sering kali disebabkan oleh hujan es, batu, binatang buas, pohon tumbang, pencurian mobil, dan vandalisme.

Mekanik keliling

Mekanik keliling menyediakan layanan perbaikan di depan pintu dan pengiriman ke rumah untuk suku cadang mobil baru dan bekas dari berbagai model mobil keluaran terbaru dan mobil klasik yang suku cadangnya tidak tersedia secara luas di pasaran.
Di negara-negara seperti Inggris, sektor perbaikan bodi mobil keliling telah mengalami pertumbuhan yang tinggi melalui perusahaan-perusahaan SMART Repair yang menyediakan layanan perbaikan bodi mobil keliling, seperti Perbaikan Bemper, perbaikan bodi mobil, perbaikan penyok tanpa cat, dan perbaikan cacat cat untuk konsumen pribadi dan komersial, biasanya dalam kerangka kerja industri pemolesan kembali kerusakan kendaraan secara lokal, di mana area kerusakan yang diperbaiki tidak lebih dari selembar kertas A4.

Disadur dari: en.wikipedia.org