Bendungan Sindangheula di Serang, Banten, Diresmikan oleh Presiden Jokowi untuk Air Baku dan Irigasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 09.35

Sumber: pu.go.id

Serang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Banten Wahidi Halim dan Dirjen PT PP Novel Arsyad meresmikan Bendungan Sindangheula di Wilayah Serang, Provinsi Banten , Kamis. (3 April 2021).

Presiden menyampaikan Bendungan Sindangheula yang dibangun pada tahun 2015 telah selesai dan siap digunakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Bendungan berkapasitas 9,3 juta meter kubik ini akan memberikan manfaat bagi 1.280 hektar (ha) sawah di Provinsi Serang dan Banten pada umumnya. Sehingga kami berharap bendungan ini dapat memberikan nilai tambah bagi petani Banten dengan menyediakan air yang cukup. ketersediaannya agar lebih produktif dalam menjaga ketahanan pangan,” ujarnya.

Presiden Jokowi menambahkan, manfaat lain dari Bendungan Sindangheula adalah untuk menyediakan air baku bagi kawasan industri Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. “Bendungan ini mampu menghasilkan air baku hingga 0,80 m3/s. Provinsi Banten sudah mulai memanfaatkannya dengan laju 0,40 m3/s,” ujarnya.

Menurut Presiden, keunggulan Bendungan Sindangheula yang ketiga adalah juga berguna untuk meredam banjir hingga 50 m3/s dari sungai Ciujung dan Cidurian yang biasanya meluap dan membanjiri Kabupaten Serang dan sekitarnya dengan curah hujan yang tinggi. Keempat bendungan ini juga akan berfungsi sebagai pembangkit listrik berkapasitas 0,40MW yang akan digunakan oleh Provinsi Banten, kata Presiden.

Presiden juga mencatat, bendungan ini memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata baru di Provinsi Banten. “Saya meminta kepada pemerintah provinsi dan masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara bendungan ini demi kesejahteraan masyarakat,”; Pesan dari Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan Bendungan Sindangeula patut dijadikan destinasi wisata air di Banten selain untuk kebutuhan air baku. “Saya yakin Bendungan Sindangheula ke depan akan menjadi kawasan wisata karena letaknya yang sangat dekat dengan kota Serang. Mudah-mudahan nanti akses tol dari Serang sampai Panimbang pasti lebih mudah,” kata Menteri Basuki.

PUPR Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Jarot Widyoko mengatakan Bendungan Sindangheula merupakan salah satu dari 18 bendungan yang akan selesai dan dibuka antara tahun 2015 hingga 2020. Karena fungsi irigasinya, sudah dimanfaatkan sejak tahun 2020 dan berhasil meningkatkan indeks tanaman (IP) dari 120 persen menjadi 180 persen, ujarnya.

Jarot juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Banten atas inisiatif pembangunan Instalasi Pengolahan Air Bendungan Sindangheula. “Pemerintah daerah membangun instalasi pengolahan air dengan kapasitas 400 liter per detik di bendungan ini dan membangun saluran masuk,”; dia berkata.

PT PP dan PT Hutama Karya (Persero) membangun Bendungan Sindangheula antara tahun 2015 hingga 2019 dengan total biaya Rp 458 miliar.

Turut hadir Menteri Basuki, CEO PT Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi II PT. PP M. Toha Fauzi, Menteri Teknologi, Perindustrian dan Lingkungan Hidup, PUPR Endra S. Atmawidjaja, Dirjen Bendungan dan Danau, Kementerian Sumber Daya Air, PUPR (SDA) Airlangga Mardjono, Direktur Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono, Pengelola Daerah Sungai Cidanau , Ciujung , Cidurian (BBWSC 3) Banten Sahron Soegiharto, Direktur Balai Penyelenggaraan Jalan Nasional (BPJN) Wida Nurfaida, Direktur Balai Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Banten Rozali Indra Saputra dan Direktur BP2JK Hamdi. (Tujuan)

Sumber: pu.go.id