Bendungan Napun Gete Memasuki Tahap Terakhir: Progres 88,89% dan Persiapan Fasilitas Umum

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 09.32

Sumber: pu.go.id

Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, kian mendekati penyelesaiannya. Dibangun sejak Desember 2016, bendungan ini ditargetkan rampung dalam 1.470 hari kalender dan akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 11,22 juta meter kubik, yang setara dengan 11.220 kolam renang olimpik. Kapasitas besar ini akan menunjang tiga fungsi utama bendungan, yaitu:

Irigasi: Bendungan Napun Gete akan mampu mengairi 300 hektar sawah di Kabupaten Sikka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di wilayah tersebut. Contohnya, petani dapat menanam padi dua kali setahun instead of only once, sehingga hasil panen mereka pun akan meningkat.

Air Baku: Bendungan ini akan menyediakan air baku 214 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di sekitar bendungan. Air ini akan diolah terlebih dahulu di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) sebelum didistribusikan kepada masyarakat.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA): Bendungan Napun Gete juga memiliki potensi untuk menghasilkan energi listrik sebesar 0,71 Megawatt-hour (MWh). Listrik ini akan disalurkan ke jaringan PLN dan dapat membantu mengatasi kekurangan pasokan listrik di Kabupaten Sikka.

Sumber: pu.go.id