Bangkitnya Insinyur Keuangan

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

09 Mei 2024, 19.15

Sumber: Pinterest.com

Sebagai bagian dari seri konten kontribusi dari Solutions Review-kumpulan artikel kontribusi yang ditulis oleh komunitas pemimpin teknologi perusahaan kami-Matt Stapleton, COO di Spiff, menjelaskan mengapa profesional keuangan saat ini mulai terlihat seperti insinyur keuangan. 

Meskipun sangat menyukai spreadsheet, para profesional keuangan secara historis bukanlah pengguna awal teknologi baru. Meskipun demikian, perubahan teknologi baru-baru ini telah mempercepat adopsi tumpukan data keuangan, dan citra departemen keuangan yang bekerja melalui tumpukan kertas adalah citra masa lalu. 

Ya, bagian keuangan mendorong batas-batas ketika mengadopsi teknologi baru yang inovatif. Kita hanya perlu melihat pasar teknologi finansial (fintech) untuk memahami seberapa besar adopsi teknologi yang terjadi di departemen keuangan secara nasional. Satu dari setiap lima dolar investasi dari pemodal ventura digunakan untuk mendanai fintech, dan bahkan dengan investasi yang melambat karena penurunan ekonomi, hanya ada sedikit keraguan tentang kelanjutan pertumbuhannya. 

Apa yang mendorong adopsi dari tim yang biasanya lambat dalam melakukannya? Selama satu dekade terakhir, ada tiga hal yang telah terjadi yang telah mengubah tim keuangan: 

Ketiga tren tersebut telah menciptakan kebutuhan akan insinyur keuangan, yang, seperti peran operasional lainnya, harus memahami arsitektur sistem tingkat tinggi di seluruh perusahaan dan hubungan yang sesuai dengan sistem mereka untuk menyediakan data yang bermanfaat dan terstruktur. Pada akhirnya, menjadi tanggung jawab insinyur keuangan untuk memahami secara mendalam tumpukan teknologi keuangan dan menciptakan proses bisnis yang mendorong hasil yang diinginkan untuk bisnis. 

Transformasi digital mendorong model pendapatan baru dan kompleksitas bisnis 
Evolusi teknologi digital berdampak pada setiap bisnis. Mereka yang tidak dapat mengikuti gelombang dan merangkul digital sudah tidak ada lagi. Mereka yang berhasil - dan terus berinovasi dan mendorong adopsi digital lebih lanjut yang menyederhanakan proses kerja, mendorong pertumbuhan pendapatan baru, dan memungkinkan konsumen dan pembeli bisnis untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terbayangkan - akan terus berkembang. 

Salesforce, dalam banyak hal, membentuk masa depan keuangan. Salesforce menyatukan penjualan, keuangan, pemasaran, dan pemangku kepentingan bisnis terkait lainnya di satu tempat. Pertumbuhannya dapat dikaitkan dengan fleksibilitasnya karena tidak hanya menyatukan tim, namun juga memungkinkan banyak integrasi lainnya, termasuk banyak integrasi yang mendukung tim keuangan, termasuk:

  • Platform akuntansi
  • Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)
  • Alat pemrosesan pembayaran
  • Alat pengakuan pendapatan dan otomatisasi
  • Manajemen penggajian dan kompensasi
  • Platform sumber daya manusia
  • Alat manajemen pengeluaran

Meskipun kekuatan sistem ini mengalahkan proses manual atau sebagian otomatis di masa lalu, hal ini juga menjadi masalah besar bagi tim keuangan untuk memahami bagaimana platform ini bekerja bersama dan memanfaatkan kekuatan yang mereka sediakan. 

Globalisasi 
Transformasi digital telah membentuk era baru globalisasi yang didorong oleh ekonomi global. Perangkat Lunak SaaS telah memberdayakan bisnis-ke-bisnis (B2B) dan bisnis-ke-konsumen (B2C) untuk menjangkau pembeli di seluruh dunia. Ketika pandemi mematikan menutup dunia dan memaksa kita untuk mengubah rumah kita menjadi tempat kerja, bisnis dapat menggunakan teknologi digital untuk memungkinkan tenaga kerja global beroperasi dan berkinerja dengan lancar. 

Meskipun digitalisasi mendorong peluang yang lebih besar bagi bisnis untuk memperluas jangkauan mereka dan bagi karyawan untuk bekerja dari mana saja di seluruh dunia, hal ini menimbulkan tantangan besar bagi tim keuangan. Bagian keuangan harus cerdas dalam hal kepatuhan dan peraturan ketenagakerjaan di mana pun mereka berbisnis. Mereka harus memahami undang-undang perekrutan dan kompensasi; untuk perusahaan besar, hal ini berarti berlapis-lapis rencana kompensasi. Untuk beberapa perusahaan, itu berarti ribuan rencana kompensasi yang dikelola secara global. 

Tidak membundel spreadsheet 
Fleksibilitas spreadsheet telah memungkinkan tim keuangan untuk menangani berbagai proyek dengan cepat dengan cara yang sangat khusus. Sementara beberapa proses bisnis beralih dari spreadsheet dengan cepat (solusi CRM dan ERP muncul di benak kita), platform lain membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan fleksibilitas dan kemampuan audit yang diperlukan untuk mengatasi model yang dibuat khusus oleh tim keuangan. Namun, setelah beberapa dekade mengalami pertumbuhan yang lambat, ini resmi: penggunaan spreadsheet untuk proses bisnis menurun. 

Kita telah mencapai era pasca spreadsheet, di mana tim keuangan semakin dapat bergerak melampaui spreadsheet, yang tidak lagi memberikan skalabilitas, auditabilitas, dan otomatisasi canggih yang ditawarkan oleh perangkat lunak berbasis cloud. Kesuksesan di dunia baru ini melibatkan pemahaman mengapa spreadsheet begitu sukses - bisa dibilang sebagai teknologi paling penting yang pernah dikembangkan - dan bagaimana membangun kekuatan tersebut dengan teknologi saat ini. Hal ini berarti memperluas kekuatan komputasi spreadsheet untuk bekerja dengan kumpulan data besar dan memanfaatkan data keuangan secara efektif untuk membuat keputusan yang berdampak pada bisnis saat ini dan di masa depan. 

Hal ini juga melibatkan pemikiran seperti seorang insinyur untuk mengatasi tantangan transformasi digital dan globalisasi serta membantu bisnis modern untuk mencapai kesuksesan. 

Peran insinyur keuangan dalam mendorong pertumbuhan masa depan 
Para profesional keuangan perlu menjadi mahir di era pasca-spreadsheet untuk membangun solusi yang berskala sesuai dengan sistem perusahaan mereka yang terhubung. Ini berarti mereka perlu mengembangkan dan mengatur lebih banyak otomatisasi. Mereka perlu berpikir seperti insinyur keuangan. Bidang-bidang tertentu di mana para profesional keuangan mulai berkembang adalah: 

  • Pemikiran sistem 
  • Menyadari bahwa spreadsheet tidak “cocok” dengan sistem lain yang terhubung 
  • Menemukan cara untuk mengotomatiskan matematika dan logika seperti spreadsheet dalam sistem pengganti spreadsheet real-time yang baru seperti Spiff 
  • Memahami cara memvisualisasikan logika dan interaksi dengan cepat dan efisien saat mengoperasikan model yang kompleks 
  • Mengelola kompleksitas dalam skala besar 
  • Memusatkan matematika dan logika keuangan di satu tempat dan tidak mengulanginya di berbagai tingkatan 
  • Mengidentifikasi tempat yang tepat untuk memusatkan matematika dan logika yang selaras dengan “sistem pencatatan” Anda.
  • Mempelajari cara mengelola dan menerapkan perubahan 
  • Alat bantu versi tingkat lanjut untuk melacak perubahan pada tingkat granular 
  • Menggunakan alat bantu pengujian untuk memastikan Anda mengidentifikasi kesalahan yang muncul
  • Alat bantu “diffing” yang memungkinkan Anda membandingkan efek sebelum dan sesudah perubahan 
  • Alat bantu percabangan yang memungkinkan Anda membuat model baru dan membandingkannya dengan model yang sudah ada tanpa harus “ditayangkan”. 

Otomatisasi 
Bekerja dengan alat bantu yang menyerap data dari sistem pencatatan lain dengan cara yang mulus mengenali potensi prediktif dan preskriptif yang luar biasa dari kumpulan data yang besar dan memanfaatkan pembelajaran mesin. Seiring dengan hilangnya spreadsheet yang terisolasi, para profesional keuangan mulai terlihat seperti insinyur keuangan. Mereka membangun sistem otomatis yang toleran terhadap kesalahan, yang memanfaatkan input dari sistem pencatatan lainnya. Kabar baiknya adalah bahwa spreadsheet merupakan platform low-code / tanpa kode pertama yang dibuat. Jadi, mereka menyediakan fondasi yang dibutuhkan untuk sukses di era pasca spreadsheet.

Disadur dari: solutionsreview.com