Bangkitan Perjalanan

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

14 Juli 2022, 21.33

Pemodelan Bangkitan dan Trikan Perjalanan Moda Sepeda Motor di Wilayah Perkotaan Gresik Tahun 2018

Bangkitan perjalanan adalah langkah pertama dalam perencanaan transportasi empat tahap (dikuti oleh distribusi perjalananpilihan moda dan pembebanan jaringan), digunakan dalam memperkirakan jumlah perjalanan yang berasal atau bertujuan di suatu zona dalam analisis lalu lintas.

Bangkitan dari zona i

Fokus utama dalam analisis bangkitan perjalanan adalah dipemukiman, dan bahwa bangkitan perjalanan adalah fungsi dari kegiatan sosialekonomi keluarga. Pada tingkat zona analisis lalu lintastata guna lahan akan menghasilkan atau membangkitkan perjalanan. Zone juga merupakan tujuan perjalanan, menarik perjalanan. Analisis dari tarikan perjalanan difokuskan kepada tata guna lahan yang bukan pemukiman.

Pengumpulan data

Untuk mengetahui besarnya bangkitan perjalan suatu zona perlu dilakukan survei asal tujuan berupa wawancara keluarga, untuk mendapatkan informasi pola perjalanan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, informasi mengenai sosial, ekonomi keluarga. Survai dilakukan dengan sampling, semakin kecil kota yang akan disurvei semakin besar persentase sampel.

Analisis Bangkitan Perjalanan

Model yang digunakana dalam analisis bangkitan perjalanan:

  • Model regressi berganda
  • Analisis kategori

Model regresi berganda

Adalah model yang banyak digunakan dengan memasukkan variabel ekonomi dalam regresi

{\displaystyle Y_{i}=a_{0}+a_{1}X_{1}+a_{2}X_{2}+...a_{n}X_{n}}

Dimana:

  • Yi adalah Bangkitan perjalanan zona i
  • ao, a1, a2, .. an adalah parameter yang dikalibrasi
  • X1, X2, .. Xn adalah variabel

Analisis kategori

Disini tipe rumah tangga dikelompokkan kedalam beberapa kelompok, perjalanan yang dibangkitkan tergantung kepada kelompok keluarga yang ada dalam kategori yang bersangkutan.

Kategori.jpg

Sumber Artikel : Merlin Reineta