Bagian-Bagian di Dalam Keseluruhan: Pemahaman Ekonomi Asia Tenggara

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

08 Mei 2024, 18.27

Sumber: lowyinstitute.org

Asia Tenggara adalah rumah bagi hampir 700 juta orang dan secara kolektif merupakan ekonomi terbesar kelima di dunia. Selama dua tahun terakhir, kawasan ini telah tumbuh antara 4-5 persen, mendekati pertumbuhan India (antara 6-7 persen) dan terkadang melebihi pertumbuhan Tiongkok (antara 3-5 persen).

Kawasan ini disatukan melalui Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dengan cara yang lebih dari sekadar pertemuan tahunan antara para pemimpin. Negara-negara memprioritaskan “sentralitas ASEAN”, berusaha untuk secara kolektif terlibat dengan mitra eksternal dan membentuk arsitektur regional. Pendekatan ASEAN tetap berfokus pada persatuan pada saat terjadi fragmentasi global, seperti yang terlihat di Uni Eropa dengan Brexit dan dalam ketegangan geopolitik baru-baru ini di Timur Tengah dan Amerika.

Kerja sama ini tetap terjalin meskipun negara-negara ASEAN memiliki perbedaan yang sangat besar dalam tahap perkembangan dan ukurannya. Pendapatan tahunan rata-rata pada tahun 2022 berkisar antara $2.310 di Laos hingga $67.200 di Singapura. Indonesia memiliki pendapatan tahunan sebesar $4.580 dan merupakan negara dengan ekonomi terbesar, yang menyumbang lebih dari sepertiga bobot ekonomi Asia Tenggara (PDB). Lima negara dengan ekonomi terbesar berikutnya memiliki bobot yang lebih merata - Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Malaysia masing-masing menyumbang sekitar 10-15 persen dari ekonomi Asia Tenggara.

Menarik investasi internasional, termasuk untuk transisi hijau, merupakan fokus di seluruh Asia Tenggara.
Kondisi global yang bergejolak akibat pandemi menjelaskan perbedaan ekonomi di ASEAN. Singapura, sebagai negara kota, merupakan negara yang paling terpapar dengan perdagangan global. Ketika ekonomi global melambat, demikian pula Singapura: pertumbuhannya turun menjadi hanya 1,1 persen pada tahun 2023.

Sebaliknya, Vietnam, yang memiliki eksposur perdagangan tertinggi berikutnya, lebih kebal. Basis manufakturnya yang besar, produksi berbiaya rendah, dan kedekatannya dengan Tiongkok telah menjadikannya penerima manfaat perdagangan utama ketika perusahaan-perusahaan global beralih ke strategi rantai pasokan China Plus One. Dikombinasikan dengan kembalinya wisatawan mancanegara, hal ini sebagian menjelaskan tingkat pertumbuhan Vietnam yang stabil sebesar 5,1 persen pada tahun 2023.

Pemulihan pariwisata pasca pandemi telah menjadi kekuatan ekonomi yang signifikan di seluruh Asia Tenggara, khususnya bagi perekonomian Thailand. Di tempat lain, kenaikan harga komoditas energi setelah invasi Rusia ke Ukraina menguntungkan Indonesia (yaitu batu bara dan minyak kelapa sawit) dan Malaysia (minyak bumi dan minyak kelapa sawit). Harga-harga barang elektronik yang lebih tidak stabil membuat ekspor naik lalu turun di Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Baru-baru ini, para eksportir beras dari Thailand dan Vietnam tampaknya akan mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih tinggi - asalkan para petani dapat mempertahankan produksi di tengah kekhawatiran akan pola cuaca El Nino yang lebih kering. Di seluruh wilayah, harga yang lebih tinggi menyoroti ketahanan pangan.

Kebun kelapa sawit di Kalimantan Barat, Indonesia 

Ke depan, industri unggulan berbagai negara mengisyaratkan bagaimana masing-masing negara melihat jalan menuju kemakmuran. Pekerja Vietnam yang terdidik dan berbiaya rendah menggerakkan sebagian besar pengembangan video game global. Pekerja Thailand yang berpendidikan tinggi merupakan kunci bagi ekspor pariwisata medis Thailand. Pekerja Filipina yang berbahasa Inggris mendukung proses bisnis outsourcing. Tenaga air dari bendungan Laos diekspor ke seluruh Asia Tenggara. Dan Indonesia berupaya menggunakan pangsa pasar nikel global untuk beralih ke pengolahan yang bernilai lebih tinggi.

Industri kendaraan listrik juga menjadi sorotan sebagai sumber pertumbuhan baru yang potensial di Asia Tenggara. Setiap negara memiliki peluang yang berbeda untuk industri kendaraan listrik. Nikel Indonesia merupakan bahan utama untuk satu jenis baterai EV dan Malaysia diuntungkan oleh ekosistem elektronik yang mendalam. Manufaktur mobil berbahan bakar fosil yang dipimpin oleh Thailand mendominasi wilayah ini dan sekarang Vietnam adalah rumah bagi perusahaan kendaraan listrik pertama yang terdaftar di Amerika Serikat, VinFast.

Perbedaan negara penting untuk dipahami oleh mitra internasional, karena setiap keputusan ASEAN membutuhkan konsensus. Terlepas dari keragaman anggotanya, ASEAN terus membuat kemajuan bertahap menuju tujuan bersama. Sebagai contoh, menarik investasi internasional, termasuk untuk transisi hijau, adalah fokus di seluruh Asia Tenggara. Contoh penting dari kerja sama ASEAN untuk mendukung tujuan ini adalah taksonomi hijau ASEAN.

Taksonomi ini bertujuan untuk menyepakati serangkaian definisi untuk kegiatan hijau, yang kemudian dapat digunakan untuk memandu modal untuk investasi hijau. Di sini, ASEAN berupaya menyelaraskan kebijakan nasional yang ada dan mencerminkan pandangan semua negara anggota melalui konsultasi (dengan iterasi terbaru yang baru saja diterbitkan bulan ini).

Menghubungkan kawasan ini adalah prioritas ASEAN lainnya, terutama untuk sistem pembayaran. Kerja sama ASEAN di bidang ini telah dimulai secara sempit. Sistem pembayaran pada awalnya hanya menghubungkan antar negara, kemudian diperluas menjadi kesepakatan antara lima negara terbesar (Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina). Tahun lalu, para pemimpin ASEAN sepakat untuk terus memperdalam koneksi pembayaran di seluruh anggota ASEAN.

Secara keseluruhan, kerja sama ASEAN terus berlanjut di tengah beragamnya kepentingan ekonomi. Seperti halnya negara-negara lain di dunia, ASEAN menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan antara kompetisi dan kerja sama. Daya tarik jangka pendek untuk melemahkan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, baik dalam hal upah, perlindungan peraturan, atau insentif investasi asing, selalu ada. Sentralitas ASEAN dapat memberikan kekuatan penyeimbang. Jika Asia Tenggara dapat memanfaatkan skala dan kekuatannya yang beragam, ekonominya akan terus memberikan manfaat bagi masyarakatnya.

Disadur dari: lowyinstitute.org