Arus Budaya: Menelusuri Warisan Air dan Sanitasi ASEAN

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

22 April 2024, 09.52

id.pinterest.com

Pertumbuhan populasi perkotaan yang cepat di Asia dan Pasifik meningkatkan pentingnya sistem dan fasilitas air dan sanitasi yang layak. Dengan populasi yang tumbuh hampir lima kali lipat lebih cepat selama lima dekade terakhir, hingga 3,4 miliar orang dapat tinggal di wilayah Asia yang mengalami kesulitan air pada tahun 2050 (Development Asia, 2023). Wilayah yang sangat dinamis dan berkembang pesat ini membutuhkan pengelolaan sumber daya yang tepat dan komitmen pembangunan infrastruktur untuk mengatasi defisit air dan sanitasi.

Sanitasi sering kali kurang mendapat perhatian meskipun bukti menunjukkan bahwa keberadaan infrastruktur yang memadai sangat penting bagi kesehatan manusia dan kesejahteraan ekonomi suatu negara. Contoh dari negara-negara Asia seperti Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Vietnam menunjukkan potensi manfaat ekonomi yang lebih besar dari peningkatan sanitasi: satu dolar yang diinvestasikan untuk sanitasi akan menghasilkan setidaknya lima kali lipat dari peningkatan produktivitas (Kelkar & KE Seetha Ram, 2019).

Dalam lanskap dinamis negara-negara berkembang di Asia, kawasan ASEAN menonjol dengan konteksnya yang unik, di mana warisan budaya dan praktik-praktik tradisional memainkan peran penting dalam pengelolaan air dan sanitasi. Mengintegrasikan praktik-praktik ini ke dalam kerangka kerja modern dapat menghasilkan solusi yang lebih berkelanjutan dan inklusif, seperti yang ditunjukkan oleh negara-negara di kawasan ini yang telah mengadopsi praktik-praktik ini. Sangat penting untuk mengatasi tantangan dalam mengelola sumber daya air secara efektif dan menyediakan akses terhadap layanan air bersih dan sanitasi untuk semua.

Menelaah narasi budaya yang beragam seputar air dan sanitasi di negara-negara ASEAN memberikan wawasan yang kaya untuk menyusun kebijakan yang menghormati praktik-praktik tradisional sekaligus mengatasi tantangan air dan sanitasi kontemporer. Kami akan membahas contoh-contoh nyata dari Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, kami juga akan menunjukkan bagaimana India telah mempengaruhi praktik pengelolaan air di negara-negara Asia Tenggara.

Indonesia: Sistem Subak di Bali

Di Indonesia, masyarakat Bali mempraktekkan "Subak," sebuah sistem alokasi air lokal yang kolaboratif dan partisipatif untuk irigasi (Kitaoka, 2005). Subak merupakan sistem unik yang tidak ada di tempat lain di dunia. Air dari mata air dan kanal mengalir melalui pura-pura dan ke sawah. Sistem ini melibatkan 1.200 kelompok petani yang terdiri dari 50-400 petani yang bekerja sama untuk mengelola pasokan air dari satu sumber. Para petani ini dapat melakukan pertanian padi bertingkat tanpa menggunakan pestisida atau pupuk. UNESCO mengakui sistem berkelanjutan ini dengan memasukkan Subak ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia pada tahun 2012.

Vietnam: Budaya Air

"Budaya Air" di Vietnam menjelaskan ikatan budaya dan sosial yang mendalam antara masyarakat dan badan air. Pemukiman secara historis telah didirikan di dekat sumber air untuk perdagangan dan perumahan, sehingga menimbulkan rasa keakraban dari generasi ke generasi. Negara ini terutama mengandalkan aliran permukaan sungai dan akuifer, terutama Sungai Merah dan Sungai Mekong, yang secara lokal dikenal sebagai Sungai Hong dan Sungai Cuu Long. Namun, hingga saat ini, penggunaan sumber daya air di negara ini berada di bawah tekanan karena meningkatnya permintaan untuk irigasi dan penggunaan perkotaan dan industri dengan meningkatnya populasi (ODV, 2018).

Thailand: Keharmonisan antara manusia dan sungai

Di Thailand, hubungan antara manusia dan sungai menunjukkan bagaimana air telah menjadi sumber penopang kehidupan, menyediakan makanan pokok seperti beras dan ikan dan memelihara masyarakat selama berabad-abad. Pengelolaan sumber daya alam dan konservasi ekologi sungai oleh masyarakat adat di lahan basah Nhongchaiwan menyoroti bagaimana masyarakat adat mengelola sumber daya alam mereka, yang dapat menjadi dasar perumusan kebijakan pengelolaan sumber daya alam.

Sumber: theaseanmagazine.asean.org

Malaysia: Masyarakat adat

Pendekatan Malaysia terhadap pelestarian air mencerminkan perpaduan antara budaya dan pengelolaan lingkungan. Di Malaysia, air dianggap sebagai teka-teki, yang muncul dalam keadaan ekstrim, seperti banjir dan kekeringan, yang berarti bahwa pengelolaan air harus mempertimbangkan kelebihan air dan kekurangan air (Weng, 2004). Pada saat kekurangan air, misalnya, beberapa wilayah di Malaysia menghadapi masalah banjir yang signifikan. Meskipun kondisi alamiah yang menyebabkan banjir sudah ada, kegiatan pembangunan yang tidak terkendali di daerah aliran sungai dan juga di sekitar koridor sungai menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya banjir (FAO, n.d.).

Disadur dari: theaseanmagazine.asean.org