Bagaimana Anda Menjadi Insinyur Kesehatan dan Keselamatan?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 07.59

sumber: masterspublichealth.net

Apa yang dimaksud dengan insinyur kesehatan dan keselamatan?

Insinyur kesehatan dan keselamatan memainkan peran penting dalam melindungi dan mempromosikan kesehatan masyarakat. Mereka memeriksa fasilitas, mesin, dan peralatan keselamatan. Insinyur keselamatan memiliki pengetahuan dan keterampilan penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki situasi yang berpotensi berbahaya di tempat kerja dan lingkungan publik.

Bekerja sebagai insinyur kesehatan dan keselamatan dapat menjadi bidang pekerjaan yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki minat yang kuat dalam desain dan prosedur kesehatan dan keselamatan. Menjaga agar konsumen tidak jatuh sakit atau terluka adalah pekerjaan yang memuaskan dan penting. Memastikan bahwa produk yang aman ada di pasaran, bangunan yang aman, dan karyawan dapat menikmati lingkungan kerja yang aman akan mencapai tujuan ini. Bekerja sebagai insinyur keselamatan memastikan keselamatan publik. Pekerjaan ini menjaga orang dan properti tetap aman di mana pun mereka berada atau produk apa pun yang mereka gunakan. Pekerjaan ini memberikan dampak pada manusia dan lingkungan, dan dapat menjadi jalur karier yang memuaskan. 

Individu yang memasuki profesi yang serius ini dan menjadi insinyur keselamatan masuk ke bidang yang kuat. Pekerjaan ini memberikan gaji yang sangat baik. Memiliki pertumbuhan pekerjaan yang positif. Dan, menawarkan peluang untuk merancang sistem yang melindungi kesehatan masyarakat melalui pencegahan kecelakaan dan penyakit. Memasuki dunia profesional sebagai insinyur kesehatan dan keselamatan adalah posisi yang bertanggung jawab. Pekerjaan ini memiliki persyaratan pendidikan yang tinggi dan membutuhkan pengalaman kerja. Mungkin juga memerlukan lisensi, tergantung pada persyaratan negara bagian. Baca terus untuk menemukan informasi yang dapat membantu Anda memulai perjalanan untuk menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan. 

Pendidikan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang insinyur kesehatan dan keselamatan? Gambar topi baja, buku hukum, tongkat pemukul, dan cetak biru untuk artikel kami tentang cara menjadi seorang insinyur kesehatan dan keselamatan

Untuk memasuki bidang yang menarik ini dan menjadi insinyur keselamatan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan gelar sarjana. Biasanya, calon insinyur kesehatan dan keselamatan mendapatkan gelar sarjana di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan. Terkadang salah satu disiplin ilmu teknik akan sesuai dengan kebutuhan mereka. Disiplin ilmu teknik meliputi teknik elektro, kimia, mekanik, industri, dan sistem. Mahasiswa yang belajar teknik dapat memilih konsentrasi kesehatan dan keselamatan lingkungan. Ini akan menempatkan mereka pada jalur untuk menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan.

Program gelar sarjana biasanya mencakup pengajaran di kelas, kerja laboratorium, dan studi kerja lapangan. Mahasiswa teknik yang ingin menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan harus menyertakan beberapa mata kuliah khusus dalam studi mereka. Kesehatan dan keselamatan kerja, higiene industri, ergonomi dan keselamatan lingkungan adalah mata kuliah yang akan membantu mempersiapkan mereka untuk bekerja di lapangan. 

Program lima tahun ditawarkan di beberapa universitas. Di sana, para mahasiswa mendapatkan gelar sarjana dan master dalam program percepatan. Gelar master membuka pintu bagi insinyur keselamatan untuk memasuki pekerjaan di tingkat yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan dan menerapkan sistem keselamatan yang penting dalam pekerjaan mereka. 

Banyak universitas menawarkan program pendidikan kerja sama. Siswa mendapatkan pengalaman kerja yang berharga dan praktis sambil terus menyelesaikan pendidikan mereka. Pengalaman kerja ini dapat membedakan mereka saat mencari pekerjaan sebagai insinyur keselamatan. Banyak perusahaan lebih suka mempekerjakan kandidat yang memiliki pengalaman praktis di bawah ikat pinggang mereka. Mereka akan siap untuk memulai pekerjaan. Manfaat dari pengalaman pendidikan koperasi tidak dapat terlalu ditekankan. Pengalaman pendidikan koperasi memungkinkan para lulusan untuk memiliki pengalaman kerja saat mereka mulai melamar pekerjaan.

Jika Anda sedang menyelidiki program-program teknik, penting untuk memastikan bahwa program yang Anda pilih telah terakreditasi. Dewan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi (ABET) melakukan hal ini. Lulus dari program yang terakreditasi memungkinkan para lulusan untuk mengikuti ujian kualifikasi di bidang teknik. 

Sertifikasi berharga apa yang dapat diperoleh oleh seorang insinyur kesehatan dan keselamatan?

Lisensi tidak diperlukan untuk insinyur kesehatan dan keselamatan ketika mereka pertama kali memasuki dunia kerja. Namun, pekerjaan di posisi yang lebih tinggi mungkin memerlukan lisensi Professional Engineering (PE). Lisensi ini memiliki persyaratan khusus untuk dikejar. Untuk mendapatkan lisensi negara bagian sebagai PE, kandidat harus :

  • Memiliki gelar sarjana teknik dari program yang terakreditasi oleh ABET
  • Lulus ujian Fundamentals of Engineering (FE)
  • Lulus ujian Professional Engineering (PE)
  • Memiliki minimal empat tahun pengalaman kerja yang relevan. 

Ujian FE dapat diambil pada tahun pertama setelah lulus dengan gelar insinyur. Insinyur yang lulus ujian FE dikenal sebagai insinyur dalam pelatihan (EIT) atau insinyur magang (EI). Ini diikuti dengan mendapatkan pengalaman kerja yang dibutuhkan. Setelah kandidat mengikuti ujian FE dan memiliki pengalaman kerja yang diperlukan, mereka siap untuk mengikuti ujian PE. 

Insinyur kesehatan dan keselamatan juga bisa mendapatkan sertifikasi profesional yang berharga. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan karier mereka. Sertifikasi dapat diperoleh dari sejumlah organisasi sertifikasi, termasuk yang berikut ini:

  • Board of Certified Safety Professionals menawarkan sertifikasi Certified Safety Professional (CSP), sertifikasi Occupational Health and Safety Technologist (OHST), dan sertifikasi Associate Safety Professional (ASP).
  • Dewan Higiene Industri Amerika memberikan sertifikasi Certified Industrial Hygienist (CIH).
  • American Society of Safety Professionals menawarkan Sertifikat Manajemen Keselamatan (CSM).
  • Dewan Internasional Rekayasa Sistem menawarkan program yang mengarah pada penunjukan sebagai Profesional Rekayasa Sistem Bersertifikat (Certified Systems Engineering Professional - CSEP).

Setiap negara bagian mengeluarkan lisensi sendiri dan memiliki persyaratan lisensi sendiri. Selama persyaratan lisensi negara bagian memenuhi atau melebihi persyaratan lisensi negara bagian lain, negara bagian tersebut kemungkinan besar akan mengakui lisensi dari negara bagian pemberi lisensi. Negara bagian mungkin memiliki persyaratan pendidikan berkelanjutan untuk pembaruan lisensi teknik. 

Apa saja kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang insinyur kesehatan dan keselamatan yang sukses? Gambar dua orang insinyur yang sedang mengerjakan turbin angin untuk artikel kami tentang cara menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan

Keterampilan komunikasi penting bagi seorang insinyur kesehatan dan keselamatan. Insinyur kesehatan dan keselamatan harus mampu menafsirkan peraturan federal dan negara bagian serta maksudnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengusulkan desain yang tepat untuk lingkungan kerja tertentu. Insinyur kesehatan dan keselamatan harus menjadi komunikator yang terampil. Mereka harus mempromosikan keselamatan di tempat kerja. Mereka sering menyiapkan dan mempresentasikan materi pelatihan kepada pekerja lain. Mereka harus mampu mengkomunikasikan dan menjelaskan peraturan dan prosedur baru kepada berbagai audiens. Audiens mungkin tidak berada di lapangan atau tidak terbiasa dengan terminologi teknis.

Kreativitas juga merupakan karakteristik penting dari insinyur kesehatan dan keselamatan. Mereka perlu mengembangkan desain untuk memecahkan masalah. Insinyur kesehatan dan keselamatan harus kreatif dalam memperhatikan potensi masalah dan menemukan solusi untuk mereka.  Mereka harus kreatif saat menghadapi situasi yang unik dalam sebuah proyek dan desain proyek. 

Keterampilan berpikir kritis juga membantu insinyur kesehatan dan keselamatan. Mereka perlu mengidentifikasi bahaya terhadap orang dan properti di tempat kerja atau lingkungan lain, termasuk di rumah. Bahaya perlu diidentifikasi dan diatasi sebelum menyebabkan kerusakan fisik atau menjadi ancaman bagi kesehatan manusia atau lingkungan.

Keterampilan observasi merupakan sifat penting dalam diri seorang insinyur kesehatan dan keselamatan. Insinyur keselamatan memiliki keterampilan untuk mengamati dan mempelajari bagaimana suatu operasi atau peralatan keselamatan berfungsi untuk mengidentifikasi kemungkinan risiko terhadap orang dan properti. Para profesional ini memiliki kemampuan untuk berpikir dalam hal proses keseluruhan dalam suatu organisasi. Mereka dapat merekomendasikan perubahan sistemik yang penting untuk meminimalkan risiko tersebut.

Keterampilan pemecahan masalah sangat penting dalam merancang solusi untuk operasi organisasi. Solusi mereka melindungi orang dan properti dari kerusakan. Insinyur kesehatan dan keselamatan yang terampil memperhitungkan proses dari banyak sistem secara bersamaan. Dan mereka mengantisipasi reaksi manusia terhadap perubahan yang direkomendasikan dan dibutuhkan.

Bagaimana prospek pekerjaan untuk insinyur keselamatan?

Pada tahun 2020, terdapat 24.100 insinyur kesehatan dan keselamatan yang dipekerjakan di Amerika Serikat. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 25.600 pada tahun 2030. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS.gov), lapangan kerja untuk insinyur kesehatan dan keselamatan diperkirakan akan tumbuh enam persen dari tahun 2020 hingga 2030. Pertumbuhan ini hampir sama cepatnya dengan rata-rata pertumbuhan semua pekerjaan. Banyak dari lowongan yang diharapkan berasal dari kebutuhan untuk menggantikan pekerja yang pindah ke pekerjaan lain atau keluar dari angkatan kerja karena alasan seperti pensiun. 

Di mana insinyur kesehatan dan keselamatan bekerja Gambar tim insinyur untuk artikel kami tentang cara menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan

Insinyur kesehatan dan keselamatan biasanya dipekerjakan penuh waktu. Mereka bekerja di berbagai tempat. Pemberi kerja insinyur keselamatan terbesar adalah bidang manufaktur.

Pemberi kerja terbesar lainnya, dalam urutan prevalensi, termasuk pemerintah negara bagian dan lokal. Konstruksi, layanan teknik, dan layanan konsultasi manajemen, ilmiah, dan teknis juga mempekerjakan mereka.

Bangunan, produk, dan proses terus menjadi lebih kompleks, dan peraturan kesehatan dan peraturan baru dibuat setiap tahun. Oleh karena itu, keterampilan dan pengetahuan para insinyur keselamatan ini menjadi penting. Mereka dapat mengurangi biaya, menyelamatkan nyawa, dan menghasilkan produk konsumen yang aman. Meskipun insinyur keselamatan sering bekerja di kantor, mereka juga menghabiskan waktu di lapangan di tempat kerja. Hal ini mungkin memerlukan perjalanan. 

Berapa banyak uang yang dihasilkan oleh seorang insinyur kesehatan dan keselamatan? 

Seorang insinyur kesehatan dan keselamatan dapat mengharapkan pendapatan tahunan rata-rata sebesar $94.240 pada Mei 2020. Upah tahunan median adalah upah yang diperoleh setengah pekerja dalam suatu pekerjaan lebih dari dan setengahnya kurang dari. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, 10 persen terendah mendapatkan kurang dari $55.390. Sepuluh persen tertinggi berpenghasilan lebih dari $144.800.

Seperti pada kebanyakan pekerjaan profesional, upah untuk insinyur kesehatan dan keselamatan bergantung pada tingkat pendidikan dan sertifikasi. Pengalaman kerja bertahun-tahun di lapangan, lokasi geografis, dan jenis organisasi tempat mereka bekerja juga berpengaruh. Upah rata-rata untuk semua pekerjaan lain pada Mei 2020 adalah $41.950.

Pada bulan Mei 2020, upah tahunan rata-rata untuk insinyur keselamatan dan industri teratas tempat mereka bekerja adalah

  1. Layanan teknik: $103.160
  2. Jasa konsultasi manajemen, ilmiah, dan teknis: $97.750
  3. Manufaktur: $92.490
  4. Pemerintah: $90.140
  5. Konstruksi: $81.850

Negara bagian yang menawarkan gaji tertinggi untuk insinyur kesehatan dan keselamatan dan upah rata-rata yang mereka peroleh pada tahun 2020 adalah:

  1. California: $119.390
  2. New Mexico: $117.930
  3. District of Columbia: $117.140
  4. New Jersey: $108.950
  5. Delaware: $107.830 

Di mana terdapat paling banyak pekerjaan untuk insinyur keselamatan? 

Insinyur keselamatan dipekerjakan di semua negara bagian. Namun, negara bagian tertentu memiliki lebih banyak pekerjaan di bidang ini daripada yang lain. Beberapa negara bagian juga memiliki konsentrasi pekerjaan yang tinggi. Di beberapa wilayah geografis, gajinya lebih tinggi daripada yang lain. 

Negara bagian dengan jumlah pekerjaan tertinggi di bidang teknik kesehatan dan keselamatan dan upah rata-rata yang mereka peroleh pada tahun 2020 adalah:

  1. Texas: $106.330
  2. California: $119.390
  3. New York: $100.660
  4. Pennsylvania: $102.340
  5. Florida: $83.520

Negara bagian dengan konsentrasi pekerjaan tertinggi di bidang teknik kesehatan dan keselamatan dan upah rata-rata yang mereka peroleh pada tahun 2020 adalah:

  1. Alaska: $96.600
  2. Utah: $74.840
  3. Oklahoma: $94.420
  4. New Mexico: $117.930
  5. Virginia Barat: $72.380

Apa saja organisasi profesional untuk insinyur keselamatan?

Ada banyak organisasi profesional untuk para profesional di bidang ini. Mereka mendukung mereka dan menyediakan pendidikan berkelanjutan. Organisasi profesi mempromosikan profesi, memberikan pendidikan di lapangan, dan melakukan penelitian. Berikut adalah tiga organisasi profesional yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang bidang teknik kesehatan dan keselamatan yang menarik:

  1. American Society of Safety Professionals (ASSP)
  2. Asosiasi Higiene Industri Amerika (AIHA)

Apa saja karier yang mirip dengan teknik keselamatan?

Apakah Anda tertarik dengan bidang teknik kesehatan dan keselamatan, tetapi tidak yakin apakah bidang ini sesuai dengan aspirasi karier Anda? Ada beberapa pekerjaan yang memiliki kemiripan dengan teknik keselamatan yang mungkin ingin Anda lihat. Pekerjaan ini meliputi: inspektur bangunan insinyur keselamatan, inspektur kebakaran, insinyur industri, insinyur pertambangan dan geologi, dan spesialis kesehatan dan keselamatan kerja. Bandingkan pekerjaan-pekerjaan serupa ini untuk mengetahui tugas, pendidikan, perkembangan pekerjaan, dan gaji.

Bekerja sebagai insinyur kesehatan dan keselamatan dapat menjadi karier yang sangat bermanfaat. Ini adalah bagian penting dalam melindungi dan mempromosikan kesehatan. Jika Anda senang mendesain sesuatu dan memberikan kontribusi besar terhadap keselamatan dan kesejahteraan orang lain, karier di bidang teknik keselamatan mungkin yang Anda cari. Bagi banyak orang, memutuskan untuk menjadi insinyur kesehatan dan keselamatan adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah mereka buat. Mereka menganggapnya sebagai karier yang menarik dan bermakna. Selain itu, pekerjaan ini juga memberikan penghasilan yang luar biasa. 

Disadur dari: masterspublichealth.net