Arsitek vs Insinyur: Apa Saja Perbedaan Utamanya?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

20 April 2024, 07.10

Sumber: Pexels.com

Baik arsitek maupun insinyur memainkan peran penting dalam desain dan konstruksi bangunan. Meskipun kedua jenis profesional ini memiliki kewajiban yang tumpang tindih, mereka juga memiliki tujuan yang berbeda. Jika Anda terampil dalam matematika, kreativitas, dan pemecahan masalah, Anda mungkin akan menikmati posisi di bidang arsitektur atau teknik, Dalam artikel ini, kami membahas perbedaan utama antara arsitek dan insinyur dan memberikan daftar lima pekerjaan di bidang ini:

  • Arsitek mendesain bangunan menggunakan prinsip-prinsip artistik dan standar ilmiah, dan insinyur mendesain sistem yang kompleks menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika.
  • Sebagai seorang arsitek, Anda dapat bertemu dengan klien, mengembangkan rencana, meneliti kode bangunan, dan mengawasi konstruksi, sementara sebagai seorang insinyur, Anda dapat menilai kebutuhan proyek individu, membuat desain yang efektif, memastikan keselamatan di tempat kerja, dan mengawasi konstruksi.
  • Arsitek mengejar setidaknya gelar sarjana dan sering kali menyelesaikan magang, sementara insinyur mendapatkan gelar dari program yang terakreditasi ABET dan juga sering kali menyelesaikan magang atau program kerja sama sebelum menemukan peran penuh waktu.

Pertanyaan;

  • Apa jenis pekerjaan yang Anda inginkan?
  • Purna waktu Paruh waktuKontrakSementara?
  • Kami akan menggunakan informasi ini untuk meningkatkan rekomendasi pekerjaan Anda?

Apa yang dimaksud dengan arsitek?

Arsitek adalah seorang profesional yang menciptakan konsep untuk bangunan. Mereka yang bekerja di bidang ini menerapkan prinsip-prinsip artistik untuk mendesain struktur fisik yang menyampaikan pesan tertentu. Mereka juga mengandalkan standar ilmiah untuk membuat cetak biru terperinci untuk arsitektur yang fungsional dan aman. Berikut adalah beberapa tugas umum arsitek:

  • Bertemu dengan klien untuk mempelajari tujuan dan persyaratan proyek
  • Mengembangkan rencana yang mencakup perkiraan biaya dan jadwal yang prospektif
  • Meneliti lokasi dan melakukan studi pendahuluan untuk memastikan kelayakan ruang atau lingkungan
  • Menggunakan perangkat lunak canggih, termasuk program desain berbantuan komputer (CAD), untuk menghasilkan gambar struktur yang diusulkan
  • Meneliti kode bangunan, masalah struktural, dan spesifikasi material sebelum melanjutkan proyek
  • Mempekerjakan kontraktor untuk melaksanakan tugas-tugas pembangunan dan konstruksi
  • Mengawasi proses konstruksi dan melakukan perjalanan ke lokasi kerja untuk menilai kemajuan

Terkait: Persyaratan Pendidikan Arsitek: Gelar dan Spesialisasi

Apa yang dimaksud dengan insinyur?

Insinyur adalah seorang profesional yang merancang dan mengembangkan struktur, mesin, dan sistem kompleks lainnya. Mereka yang bekerja di bidang ini menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk memecahkan masalah, dan bertanggung jawab untuk mematuhi peraturan keselamatan, kebutuhan anggaran, dan spesifikasi lainnya dalam pekerjaan mereka. Ada banyak jenis insinyur di berbagai industri, tetapi mereka yang merencanakan dan membangun gedung, jalan, terowongan, dan proyek infrastruktur lainnya dikenal sebagai insinyur konstruksi atau sipil Insinyur konstruksi biasanya memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Bertemu dengan klien dan kolega untuk menilai kebutuhan proyek dan meninjau rencana, peta, dan laporan
  • Menggunakan program CAD untuk membuat desain bangunan dan struktur
  • Memastikan bahwa desain, metode konstruksi, dan bahan bangunan aman
  • Menilai risiko terkait biaya, jadwal, masalah lingkungan, dan peraturan pemerintah
  • Memperoleh izin mendirikan bangunan dari instansi setempat dan otoritas lainnya
  • Mengawasi proyek konstruksi dengan memantau persyaratan, jadwal, dan anggaran

Terkait: Insinyur Mekanik vs Insinyur Otomotif (Dengan Gaji)

Arsitek vs insinyur

Meskipun para profesional ini memiliki tugas yang serupa, insinyur konstruksi dan arsitek memiliki persyaratan kerja, lingkungan kerja, dan gaji yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua jalur karier ini:

Gaji rata-rata

Arsitek mendapatkan rata-rata $86,897 per tahun. Sebaliknya, insinyur sipil mendapatkan rata-rata $85,617 per tahun. Faktor-faktor seperti lokasi geografis, tingkat pengalaman, dan area fokus memengaruhi potensi penghasilan kedua profesional ini:

Pekerjaan Konstruksi dengan Gaji Tertinggi

Pendidikan

Arsitek biasanya mengejar setidaknya gelar sarjana untuk bekerja di lapangan. Sarjana Arsitektur biasanya membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikannya. Beberapa arsitek juga memilih untuk mendapatkan gelar Master Arsitektur, yang dapat memakan waktu lima tahun tambahan untuk mendapatkannya, sebagian besar program ini mencakup kursus tentang topik-topik mendasar seperti sejarah arsitektur dan teori arsitektur dan mata pelajaran yang lebih maju seperti desain struktural dan CAD.

Untuk memasuki bidang teknik konstruksi, para kandidat biasanya mendapatkan gelar sarjana dari program yang diakreditasi oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Meskipun beberapa insinyur hanya memiliki gelar sarjana, banyak profesional yang ambisius memutuskan untuk mendapatkan gelar master juga, sehingga mereka dapat mengejar posisi tingkat tinggi, dan mereka dapat memperoleh gelar di bidang teknik sipil, arsitektur, desain atau bidang terkait:

Apa yang dimaksud dengan Gelar Teknologi Rekayasa? (Ditambah 15 Jenis)

Pelatihan dan pengalaman

Sebagian besar arsitek menyelesaikan program magang sebagai bagian dari persyaratan lisensi profesional mereka. Magang ini biasanya berlangsung selama tiga tahun, menawarkan pengalaman berbayar dan berlangsung segera setelah kelulusan dari program gelar sarjana, arsitek tingkat pemula sering kali menemukan posisi magang ini melalui Program Pengalaman Arsitektur (AXP) dari Dewan Nasional Dewan Registrasi Arsitektur (National Council of Architectural Registration Boards). Organisasi ini menghubungkan para profesional baru dengan perusahaan yang menawarkan pengalaman dalam hal bantuan desain, persiapan gambar, pembuatan model, penelitian kode bangunan, dan spesifikasi bahan bangunan, sedangkan para insinyur biasanya menyelesaikan program magang atau program kerja sama sambil mengejar gelar sarjana. Bahkan, sebagian besar program gelar sarjana teknik mengharuskan kandidat untuk berpartisipasi dalam salah satu pengalaman ini untuk mendapatkan pengalaman praktis di lapangan. Program profesional ini sering kali berlangsung selama beberapa bulan dan berlangsung di kantor perusahaan teknik lokal:

Pelatihan Teknik Sipil: Gelar, Lisensi dan Sertifikasi

Keterampilan

Arsitek menggunakan kreativitas untuk menghasilkan desain yang inovatif dan fungsional. Mereka bergantung pada kemampuan analisis yang kuat untuk memahami bagaimana setiap aspek dari sebuah struktur mempengaruhi desain secara keseluruhan. Mereka juga memiliki keterampilan teknis yang sangat baik untuk menggunakan program CAD secara efisien Untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik, para insinyur menggunakan keterampilan komputer, desain, dan komunikasi. Mereka cenderung sangat terorganisir, terutama jika mereka mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan. Mereka juga menerapkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat untuk merancang resolusi cepat untuk masalah teknik yang muncul selama proyek:

Keterampilan Konstruksi: Definisi dan Contoh

Sertifikasi dan lisensi

Setiap negara bagian mewajibkan arsitek memiliki lisensi. Kandidat memperbarui kredensial ini secara berkala dengan menyelesaikan kredit pendidikan berkelanjutan, meskipun peraturan negara bagian dapat sedikit berbeda, sebagian besar mengharuskan arsitek untuk melakukan hal berikut:

  1. Memperoleh gelar sarjana dari program yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Arsitektur Nasional.
  2. Menyelesaikan magang AXP.
  3. Menghasilkan portofolio AXP.
  4. Lulus Ujian Registrasi Arsitektur standar.
  5. Wawancara dengan dewan perizinan negara bagian.

Tidak seperti arsitek, beberapa insinyur mungkin tidak memiliki lisensi. Meskipun lisensi tidak selalu menjadi persyaratan bagi insinyur tingkat pemula, negara bagian biasanya mewajibkan para profesional tingkat lanjut untuk memiliki lisensi insinyur profesional (PE). Penunjukan ini memungkinkan mereka untuk menawarkan layanan kepada publik dan menandatangani proyek, untuk mendapatkan PE, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Dapatkan gelar sarjana dari program yang diakreditasi oleh ABET.
  2. Mengikuti ujian Fundamentals of Engineering dan mendapatkan nilai kelulusan.
  3. Dapatkan setidaknya empat tahun pengalaman profesional dengan tanggung jawab yang progresif.
  4. Menyelesaikan ujian Principles and Practice of Engineering.

Lingkungan kerja yang khas

Arsitek melakukan sebagian besar pekerjaan mereka di kantor di mana mereka menggunakan komputer untuk merancang struktur, bertemu dengan klien secara langsung dan melalui telepon, dan berkolaborasi dengan desainer dan insinyur. Sebagian besar arsitek juga melakukan perjalanan ke lokasi kerja di mana mereka mengawasi proyek-proyek konstruksi. Para profesional ini umumnya bekerja penuh waktu dan mungkin bekerja lembur saat menyelesaikan proyek-proyek besar, sedangkan insinyur umumnya mengembangkan desain, meneliti proyek, dan melakukan tugas administratif saat bekerja di kantor. Insinyur konstruksi cenderung sering bepergian, sering mengunjungi lokasi kerja di mana mereka memantau kemajuan proyek dan membantu pemecahan masalah. Ketika proyek-proyek besar membutuhkan pekerjaan di luar lokasi secara terus-menerus, insinyur konstruksi dapat pindah selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Tingkatkan resume Anda

Tunjukkan keahlian Anda dengan bantuan dari ahli resume

Peluang kerja populer untuk arsitek dan insinyur

Ketika mereka memilih spesialisasi dan memajukan karier mereka, arsitek dan insinyur dapat mempertimbangkan berbagai peluang kerja. Temukan lima peran paling populer untuk insinyur dan arsitek di bawah ini.

1. Teknisi teknik

Gaji rata-rata nasional: $52.549 pertahunTugas utama: Teknisi teknik membantu insinyur konstruksi dalam perencanaan, desain, dan pembangunan. Mereka biasanya meninjau gambar proyek dan mendiskusikan rencana konstruksi dengan para insinyur untuk mengkonfirmasi spesifikasi dan mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi. teknisi ini mengevaluasi dan mempelajari kondisi lapangan, tanah, dan lingkungan sebelum konstruksi untuk menilai potensi masalah. Mereka juga memastikan bahwa proyek memenuhi spesifikasi material dan kode bangunan. Banyak teknisi teknik yang mendukung insinyur konstruksi dengan mendokumentasikan proyek dan mengawasi file.

2. Konseptor

Gaji rata-rata nasional: $64.124 pertahunTugas utama: Drafter mengubah desain arsitek dan rencana insinyur menjadi gambar teknis berskala. Meskipun banyak drafter yang mampu membuat gambar secara manual, sebagian besar menggunakan program CAD untuk mengembangkan gambar digital. Mereka memulai dengan sketsa sederhana dan menghasilkan gambar yang terperinci, sering kali menggabungkan elemen arsitektur dan teknik, termasuk skala gambar dan dimensi struktur yang diusulkan, dan mereka juga dapat menyebutkan bahan dan spesifikasi lainnya. Beberapa konseptor mengkhususkan diri pada jenis struktur tertentu, seperti bangunan perumahan, perusahaan, atau industri.

3. Arsitek lanskap

Gaji rata-rata nasional: $68.737 pertahunTugas utama: Arsitek lanskap berspesialisasi dalam mendesain ruang luar ruangan, seperti taman pribadi, area umum untuk bisnis, dan ruang hijau rekreasi untuk penggunaan umum. Mereka biasanya memulai proyek dengan mengembangkan rencana lokasi, menentukan spesifikasi, dan menyiapkan perkiraan biaya, menggunakan program CAD untuk menghasilkan representasi digital dari desain mereka, dan menganalisis kondisi lingkungan dan tanah. Arsitek lanskap memilih bahan dan perlengkapan untuk desain mereka, dan mereka juga sering mengawasi pembangunannya:

Pelajari Tentang Menjadi Seorang Arsitek Lanskap

4. Surveyor

Gaji rata-rata nasional: $72,468 pertahunTugas utama: Surveyor menggunakan alat dan perlengkapan untuk menentukan batas-batas properti pribadi dan saluran publik, seringkali untuk mencegah masalah hukum. Mereka bertanggung jawab untuk mengukur jarak pada, di atas dan di bawah permukaan surveyor dapat meneliti catatan dan peta yang ada, atau mereka dapat melakukan perjalanan ke lokasi untuk melakukan pengukuran manual. Mereka kemudian mencatat temuan mereka dan menyajikan informasi tersebut kepada klien, agensi, dan publik. untuk melakukan pekerjaan mereka dengan tepat, surveyor menggunakan Sistem Pemosisian Global dan Sistem Informasi Geografis.

Pelajari Tentang Menjadi Seorang Surveyor

5. Manajer teknik

Gaji rata-rata nasional: $113.045 pertahunTugas utama: Manajer teknik bertanggung jawab untuk mengawasi aktivitas, proyek, dan departemen di dalam perusahaan. Mereka biasanya bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana proyek yang komprehensif, mengusulkan dan membuat anggaran, dan memimpin proyek penelitian. Para manajer ini mempekerjakan anggota staf, menugaskan proyek kepada anggota tim, mengawasi karyawan, dan menilai kebutuhan pelatihan dan pengembangan departemen. Mereka juga menyetujui pekerjaan anggota staf dan berkolaborasi dengan karyawan tingkat tinggi lainnya untuk memastikan bahwa proyek diselesaikan secara efisien dan sesuai anggaranUntuk informasi gaji terbaru dari Indeed, klik tautan yang disediakan.

Disadur dari: indeed.com