Apa yang Dimaksud Elemen Paduan Titanium?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

20 Februari 2024, 11.39

Sumber: https://waykenrm.com/wp-content/uploads/2022/09/applications-of-titanium-alloys.jpg

Paduan titanium adalah paduan yang mengandung campuran titanium dan elemen kimia lainnya. Paduan tersebut memiliki kekuatan tarik dan daya tahan yang sangat tinggi (bahkan pada suhu ekstrem). Paduan ini ringan, memiliki ketahanan korosi yang sangat baik dan dapat bertahan pada suhu ekstrem. Namun, tingginya biaya bahan baku dan pemrosesan membatasi penggunaannya dalam aplikasi militer, pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, sepeda, peralatan medis, perhiasan, komponen yang sangat tertekan seperti batang penghubung pada mobil sport yang mahal, dan beberapa peralatan olahraga kelas atas serta barang-barang konsumen. aplikasi elektronik

Meskipun titanium "bersih secara komersial", titanium memiliki sifat mekanik yang dapat diterima dan telah digunakan dalam implan ortopedi dan gigi. Dalam sebagian besar aplikasi, titanium dipadukan dengan sejumlah kecil aluminium dan vanadium, biasanya 6% berat dan 4% berat. Campuran ini memiliki kelarutan tetap yang bervariasi secara dramatis dengan suhu, sehingga memungkinkan pengendapannya ditingkatkan. Proses perlakuan panas ini dilakukan setelah paduan dimasukkan ke dalam bentuk akhir tetapi sebelum digunakan, sehingga lebih mudah untuk menghasilkan produk berkekuatan tinggi.

Paduan titanium biasanya dikategorikan menjadi empat kelompok utama:

  1. Paduan Alfa: Paduan ini mengandung unsur paduan netral atau penstabil alfa seperti aluminium atau oksigen saja. Mereka tidak dapat diolah dengan panas. Contohnya termasuk Ti-5Al-2Sn-ELI dan Ti-8Al-1Mo-1V.
  2. Paduan Near-Alpha: Paduan ini mengandung sejumlah kecil fase beta ulet selain stabilisator fase alfa. Mereka juga mencakup 1–2% penstabil fase beta seperti molibdenum, silikon, atau vanadium. Contohnya termasuk Ti-6Al-2Sn-4Zr-2Mo dan Ti-5Al-5Sn-2Zr-2Mo.
  3. Paduan Alfa dan Beta: Paduan metastabil ini menggabungkan stabilisator alfa dan beta dan dapat diberi perlakuan panas. Contohnya termasuk Ti-6Al-4V, Ti-6Al-4V-ELI, Ti-6Al-6V-2Sn, Ti-6Al-7Nb, dan Ti62A.
  4. Paduan Beta dan Dekat Beta: Paduan metastabil ini mengandung penstabil beta yang cukup untuk mempertahankan fase beta saat dipadamkan. Mereka juga dapat dirawat dengan larutan dan dituakan untuk meningkatkan kekuatan. Contohnya termasuk Ti-10V-2Fe-3Al, Ti–29Nb–13Ta–4.6Zr, Ti-13V-11Cr-3Al, Ti-8Mo-8V-2Fe-3Al, Beta C, dan Ti-15-3.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Titanium_alloys