Apa yang dimaksud dengan anuitas?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

13 Mei 2024, 07.58

Sumber: Ilustrasi : Tata AIA

Dalam investasi, anuitas adalah serangkaian pembayaran yang dilakukan pada interval yang sama. Contoh anuitas adalah setoran rutin ke rekening tabungan, pembayaran hipotek rumah bulanan, pembayaran asuransi bulanan, dan pembayaran pensiun. Anuitas dapat diklasifikasikan berdasarkan frekuensi tanggal pembayaran. Pembayaran (setoran) dapat dilakukan secara mingguan, bulanan, kuartalan, tahunan, atau pada interval waktu reguler lainnya. Anuitas dapat dihitung dengan fungsi matematika yang dikenal sebagai "fungsi anuitas". Anuitas yang memberikan pembayaran selama sisa hidup seseorang adalah anuitas seumur hidup. Anuitas yang berlanjut tanpa batas waktu adalah anuitas abadi.

Jenis

Anuitas dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara.

Waktu pembayaran

Pembayaran anuitas-segera dilakukan pada akhir periode pembayaran, sehingga bunga bertambah antara penerbitan anuitas dan pembayaran pertama. Pembayaran anuitas-jatuh tempo dilakukan pada awal periode pembayaran, sehingga pembayaran dilakukan segera pada saat penerbitan.

Kontingensi pembayaran

Anuitas yang memberikan pembayaran yang akan dibayarkan selama periode yang diketahui sebelumnya adalah anuitas pasti atau anuitas terjamin. Anuitas yang dibayarkan hanya dalam keadaan tertentu adalah anuitas kontinjensi. Contoh yang umum adalah anuitas seumur hidup, yang dibayarkan selama sisa masa hidup penerima anuitas. Anuitas pasti dan anuitas seumur hidup dijamin untuk dibayarkan selama beberapa tahun dan kemudian menjadi kontinjen jika penerima anuitas masih hidup.

Variabilitas pembayaran

  • Anuitas tetap - Ini adalah anuitas dengan pembayaran tetap. Jika disediakan oleh perusahaan asuransi, perusahaan menjamin pengembalian tetap atas investasi awal. Anuitas tetap tidak diatur oleh Komisi Sekuritas dan Bursa.

  • Anuitas variabel - Produk terdaftar yang diatur oleh SEC di Amerika Serikat. Produk ini mengizinkan investasi langsung ke berbagai dana yang dibuat khusus untuk anuitas variabel. Biasanya, perusahaan asuransi menjamin manfaat kematian tertentu atau manfaat penarikan seumur hidup.

  • Anuitas yang diindeks ekuitas - Anuitas dengan pembayaran yang dikaitkan dengan indeks. Biasanya, pembayaran minimum adalah 0% dan maksimum akan ditentukan sebelumnya. Kinerja indeks menentukan apakah pembayaran minimum, maksimum, atau di antara keduanya akan dikreditkan kepada nasabah.

Penangguhan pembayaran

Anuitas yang memulai pembayaran hanya setelah satu periode adalah anuitas yang ditangguhkan (biasanya setelah pensiun). Anuitas yang memulai pembayaran segera setelah nasabah membayar, tanpa periode penangguhan adalah anuitas langsung.

Penilaian

Penilaian anuitas memerlukan perhitungan nilai sekarang dari pembayaran anuitas di masa depan. Penilaian anuitas melibatkan konsep-konsep seperti nilai waktu dari uang, suku bunga, dan nilai masa depan.

Anuitas pasti

Jika jumlah pembayaran diketahui sebelumnya, maka anuitas tersebut adalah anuitas pasti atau anuitas terjamin. Penilaian anuitas pasti dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang bergantung pada waktu pembayaran.

Anuitas segera

Jika pembayaran dilakukan pada akhir periode waktu, sehingga bunga diakumulasikan sebelum pembayaran, anuitas disebut anuitas langsung, atau anuitas biasa. Pembayaran hipotek adalah anuitas seketika, bunga diperoleh sebelum dibayarkan. Apa yang dimaksud dengan Anuitas Jatuh Tempo? Anuitas jatuh tempo mengacu pada serangkaian pembayaran yang sama yang dilakukan pada interval yang sama pada awal setiap periode. Periode dapat berupa bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan, atau periode tertentu lainnya. Contoh pembayaran anuitas jatuh tempo termasuk sewa, sewa guna usaha, dan pembayaran asuransi, yang dilakukan untuk menutupi layanan yang diberikan pada periode setelah pembayaran.

Proof of annuity-immediate formula 

Untuk menghitung nilai sekarang, pembayaran ke-k harus didiskontokan ke masa sekarang dengan membagi bunga, dimajemukkan dengan syarat k. Oleh karena itu, kontribusi pembayaran ke-k adalah R {\displaystyle {\frac {R}{(1+i)^{k}}}}.

Anuitas jatuh tempo

Anuitas jatuh tempo adalah anuitas yang pembayarannya dilakukan pada setiap awal periode. Deposito dalam bentuk tabungan, pembayaran sewa atau sewa, dan premi asuransi adalah contoh anuitas yang jatuh tempo.

Kelangsungan

Perpetuitas adalah anuitas yang pembayarannya berlanjut selamanya.

Anuitas hidup

Penilaian anuitas seumur hidup dapat dilakukan dengan menghitung nilai kini aktuaria dari pembayaran kontinjensi kehidupan di masa depan. Tabel kehidupan digunakan untuk menghitung probabilitas bahwa penerima anuitan hidup pada setiap periode pembayaran di masa depan. Penilaian anuitas seumur hidup juga bergantung pada waktu pembayaran seperti halnya anuitas tertentu, namun anuitas seumur hidup tidak boleh dihitung dengan rumus serupa karena nilai sekarang aktuaria memperhitungkan kemungkinan kematian pada setiap usia.
 

Disadur dari: en.wikipedia.org