Apa Saja Peran dan Tanggung Jawab Insinyur Penjualan dan Pemasaran

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Mei 2024, 11.21

Sumber: pantheon.io

Pemasaran telah berkembang dan merupakan kategori yang sangat terkenal. Para profesional telah berkembang dari bertanya apa itu pemasaran hingga memberikan masukan mereka ke dalam peran tersebut. Peran seorang ahli pemasaran telah berevolusi menjadi ahli penjualan dan pemasaran.

Pemasaran juga telah digerakkan oleh teknologi, dan saluran pemasaran digital telah menjadi hampir sama pentingnya dengan praktik pemasaran konvensional. Di situlah peran insinyur penjualan dan pemasaran mulai diperhitungkan. Seorang insinyur penjualan dan pemasaran menerapkan keahlian teknis untuk mendorong inisiatif penjualan dan pemasaran.

Tanggung jawab insinyur penjualan dan pemasaran meliputi:

  • Memahami teknis sebuah proyek.
  • Membuat konsep dan melaksanakan kampanye.
  • Melakukan analisis persaingan dan mendukung semua aktivitas lain yang dianggap perlu.

Mari kita lihat peran dan tanggung jawab insinyur penjualan dan pemasaran:

  • Deskripsi pekerjaan insinyur penjualan dan pemasaran
  • Peran insinyur penjualan dan pemasaran telah berkembang secara drastis dengan diversifikasi aktivitas pemasaran ke dalam berbagai segmen yang mencakup teknologi dan platform online yang berbeda.

Saat ini, pekerjaan insinyur penjualan dan pemasaran yang khas akan membutuhkan penanganan aktivitas berikut:

  • Memberikan dukungan teknis serta berbagai dukungan terkait aplikasi kepada tim penjualan dan pemasaran serta pelanggan
  • Mempersiapkan dokumen informasi terperinci dan materi pemasaran yang terkait dengan produk dan layanan
  • Memelihara informasi harga pada produk tertentu
  • Mengonsep strategi untuk memasarkan produk, menghasilkan konversi penjualan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang unggul
  • Melacak penjualan yang ditargetkan dan aktual untuk menentukan sejauh mana dukungan pemasaran yang diperlukan
  • Mencari dan menyimpan informasi tentang produk pesaing untuk riset pasar
  • Berpartisipasi dalam pengembangan produk dan proses masuk ke pasar
  • Mengidentifikasi saluran dan teknologi penjualan dan pemasaran baru serta menemukan solusi terbaik untuk mempromosikan bisnis
  • Selain itu, tanggung jawab insinyur penjualan dan pemasaran termasuk mengukur kinerja kampanye pemasaran, lokasi , anggaran dan melakukan aktivitas peningkatan kampanye untuk ROI yang lebih baik atas pengeluaran pemasaran.

Cara menjadi insinyur penjualan dan pemasaran
Menjadi seorang insinyur penjualan dan pemasaran bukanlah pencapaian yang mudah. Namun, ini adalah karier yang memuaskan bagi mereka yang mau berusaha dan memperoleh pengetahuan dan spesialisasi yang diperlukan untuk berbagai peran insinyur penjualan dan pemasaran yang tersedia di domain ini. Pertama-tama, Anda harus belajar secara mendalam tentang apa itu pemasaran dalam bisnis, dan apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Memahami profesi ini adalah langkah pertama untuk menjadi insinyur penjualan dan pemasaran yang sukses.

Karena ini adalah profil tingkat manajemen, sebagian besar peran insinyur penjualan dan pemasaran membutuhkan gelar sarjana atau bahkan MBA dalam Penjualan dan Pemasaran. Bahkan jika Anda tidak memiliki gelar khusus dalam bidang penjualan dan pemasaran atau gelar master, Anda masih bisa sukses di bidang ini jika Anda seorang lulusan dan mengambil sertifikasi untuk kursus penjualan secara online.

Jalur karier insinyur penjualan dan pemasaran
Hampir tidak ada batasan untuk peluang kerja atau pertumbuhan dalam jalur karier profesional penjualan dan pemasaran. Ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di bidang ini, Anda mungkin akan merasa percaya diri, dan organisasi Anda akan mempercayai Anda dengan peran dan tanggung jawab insinyur penjualan dan pemasaran yang lebih besar. Bahkan jika Anda adalah seseorang yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun di bidang penjualan dan pemasaran dan sekarang ingin meningkatkan karier Anda, Anda dapat mengambil sertifikasi penjualan atau pemasaran online untuk menambah bobot pada resume Anda dan lebih banyak keterampilan pada profil Anda.

Meskipun Anda mungkin memulai sebagai eksekutif pemasaran atau manajer akun, secara bertahap, Anda dapat naik jabatan dan menjadi manajer akun senior, VP-penjualan, Direktur - Penjualan dan Pemasaran, atau bahkan Chief Marketing Officer. Bahkan jika Anda memulai perjalanan wirausaha Anda, kualifikasi profesional akan membantu Anda menangani peran dan tanggung jawab insinyur penjualan dan pemasaran dengan lebih baik.

Kursus penjualan online
Penjualan dan pemasaran adalah fungsi integral dari setiap bisnis atau perusahaan publik. Kedua bidang ini akan terus berkembang, menghasilkan lebih banyak peluang. Namun, untuk bersaing dan sukses, selalu disarankan untuk mengambil jalur karir strategis di mana kualifikasi dan sertifikasi yang tepat membantu Anda tumbuh.

Emeritus India menawarkan berbagai kursus penjualan dan pemasaran jangka pendek, program gelar, sertifikasi profesional, dan program eksekutif secara online. Para calon dapat mendaftar di berbagai kursus penjualan secara online untuk memperoleh keterampilan baru dan mengubah karir mereka.

Untuk berkembang di arena penjualan dan pemasaran yang dinamis, Anda harus selalu menyadari bahwa pemasaran adalah tentang mengidentifikasi peluang dan menciptakan komunikasi yang secara efektif menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Para profesional pemasaran saat ini juga bertanggung jawab atas retensi pelanggan di samping memperoleh pelanggan baru. Kursus sertifikasi penjualan dan pemasaran selalu merupakan ide yang bagus untuk sukses di segmen yang memiliki permintaan tinggi dan sangat kompetitif ini.

Disadur dari: pantheon.io