Apa Saja Kerja Seorang Teknolog Arsitek?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Februari 2024, 13.42

Teknolog arsitektur, yang juga dikenal sebagai teknolog bangunan, memberikan layanan desain teknis untuk bangunan dan memiliki pelatihan dalam teknologi arsitektur, desain teknis bangunan, dan konstruksi.

Seorang teknologi arsitektur profesional menerapkan prinsip-prinsip arsitektur dan sering berfokus pada teknologi bangunan, desain teknis, dan konstruksi. Pelatihan mereka memfokuskan pada aspek teknis yang kompleks dalam proyek bangunan, sambil tetap mempertimbangkan aspek non-teknis seperti estetika, ruang, cahaya, dan sirkulasi dalam desain teknis. Mereka terlibat dalam pengambilan keputusan yang mencakup berbagai aspek proyek bangunan dan dapat menangani negosiasi proyek konstruksi serta mengelola seluruh proses dari konsep hingga penyelesaian.

Sebagian besar teknolog arsitektur bekerja di firma arsitektur dan teknik atau di lembaga pemerintah setempat. Namun, beberapa juga menawarkan layanan profesional secara independen langsung kepada klien mereka, walaupun terkadang dibatasi oleh hukum di beberapa negara. Sejumlah lainnya bekerja di bidang pengembangan produk atau penjualan dengan produsen.

Di beberapa negara, seperti Inggris, Irlandia, Swedia, Denmark, Hong Kong, Kanada, dan Argentina, teknolog arsitektur memiliki berbagai keterampilan yang sangat diperlukan dalam bidang teknologi untuk bekerja sama dengan arsitek, insinyur, dan profesional lainnya. Pelatihan yang diberikan kepada teknolog arsitektur memberikan keterampilan dalam teknologi bangunan dan arsitektur, menjadikannya peran yang penting dalam lingkungan pembangunan saat ini. Mereka dapat menjadi direktur atau pemegang saham dalam sebuah firma arsitektur, asalkan diizinkan oleh yurisdiksi dan struktur hukum setempat. Untuk menjadi Ahli Teknologi Arsitektur, seseorang harus memiliki gelar empat tahun (atau setara) di bidang Teknologi Arsitektur (biasanya diploma tiga tahun di Kanada), yang kemudian dapat diikuti dengan gelar Master, pengalaman profesional, dan pekerjaan terstruktur.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Architectural_technologist