Apa Perbedaan Tekstil, Garmen, dan Konveksi?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

01 Maret 2024, 07.56

Sumber : istockphoto.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Kata tekstur, pakaian, dan gerakan pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun ketiga istilah ini saling tumpang tindih.

Walaupun mempunyai arti yang berbeda, namun banyak orang yang mengatakan bahwa ketiga hal ini mempunyai arti yang sama. Lalu apa perbedaan antara kain, kain, dan kain?

Dikutip dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kain pakaian, kain adalah pakaian jadi. Tekstil merupakan kata yang dipinjam dari bahasa Inggris yang berarti menenun.

Dirangkum Apparelsearch, tekstil adalah proses pembuatan benang dan kain dari bahan baku tekstil. Kain-kain ini diubah menjadi pakaian dan produk lainnya.

Bahan berserat yang digunakan dalam tekstil dapat berasal dari serat stapel, serat stapel, serat alam, atau serat sintetik.

Secara sederhana, menenun mengacu pada pembuatan kain dan benang, dan proses ini memiliki banyak aspek.

Namun pada dasarnya ada tiga sektor industri tekstil: produksi serat (fiber mill), produksi kapas (cotton manufacturing) dan produksi kain (fabric mill).

Banyak perusahaan tekstil beroperasi di satu wilayah. Namun tidak lazim bagi perusahaan perbenihan, apalagi perusahaan besar, untuk melakukan ketiga langkah tersebut secara bersamaan, yaitu industri perbenihan yang terintegrasi dari atas hingga bawah.

Dressing adalah proses yang lebih terspesialisasi. Industri TPT mempunyai peluang untuk meningkatkan nilai jual produk TPT.

Pakaian jadi merupakan industri penting karena melibatkan produksi massal pakaian jadi dan produk tekstil jadi lainnya. Pakaian dan pakaian juga saling berhubungan.

Pakaian jadi berfokus pada produksi pakaian jadi, sedangkan tekstil melibatkan proses pembuatan pakaian dari serat hingga menjadi pakaian jadi (perbedaan antara kain dan kain).

Seperti halnya sandang, sandang dikelola melalui sistem manajemen dan pengendalian yang efisien serta dilengkapi dengan peralatan produksi yang presisi dan modern.

Pabrik garmen adalah sebuah pabrik garmen atau pabrik tekstil yang memproduksi berbagai macam pakaian dan pakaian untuk dijual kembali, sehingga hanya ada sedikit pekerja yang membuat pakaian tersebut. 

Inilah perbedaan antara pakaian dan olahraga. Konveksi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pakaian seragam, namun volume produksi dan jumlah karyawannya lebih sedikit dibandingkan pakaian. Karena skala konveksi kecil, biasanya diperoleh oleh perorangan dan mulai bekerja ketika pesanan diterima (perbedaan antara pakaian dan konveksi).

Disadur dari: https://money.kompas.com/read/2021/06/12/081241226/apa-perbedaan-tekstil-garmen-dan-konveksi?page=all