Apa Itu Strategi Produk?

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

02 Februari 2023, 14.35

Sumber : Pinterest

Strategi Produk

Strategi produk merupakan sebuah tujuan dan target sebuah perusahaan untuk mencapai sebuah target yang sudah dibuat.

Strategi produk menjadi fondasi atau dasar utama dalam pembuatan dan pengembangan produk. Sehingga tanpa adanya strategi, maka proses product development pun tidak akan dapat terealisasikan dengan sempurna sesuai permintaan (demand) dari target pasar.

Bentuk Strategi Produk :

1. Positioning

Positioning merupakan sebuah cara atau langkah perusahaan membuat brand image atau citra mereka untuk membentuk sebuah reputasi yang baik dan berkesan terhadap konsumen produknya. Tujuan strategi ini adalah menonjolkan sebuah keunggulan dibandingkan dengan kompetitor nya di pasar.

2. Overlapping

Strategi ini merupakan cara perusahaan untuk membuat produk baru dibandingkan dengan produk yang sudah ada. Perusahaan akan bersaing dan terus berinovasi terhadap persaingan untuk meningkatkan minat dan penjualan produk tersebut.

3. Differentitation

Strategi ini merupakan cara perusahaan untuk membuat produk yang berbeda dan memiliki produk lebih unik dibandingkan kompetitornya. Tujuannya adalah pelanggan akan lebih tertatik untuk membeli produk ini dibandingkan dengan kompetitornya.

4. Elimination

Strategi ini bisa perusahaan terapkan dengan memangkas atau mengeliminasi beberapa produk yang sudah diluncurkan.
 

5. Product Design

Strategi ini merupakan cara perusahaan untuk membuat tampilan produk dan packaging yang lebih menarik, sehingga pelanggan akan tertatik untuk mencoba dan membeli produk tersebut. 

6. New Product

Staretgi ini merupakan cara perusahaan untuk membuat suatu produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Biasanya para pelanggan akan tertarik pada produk tersebut dikarenakan sesuai dengan harapan mereka terhadap ekspetasi produk tersebut. 

 

Sumber : inmarketing.id