Apa Itu Persaingan Usaha/Bisnis?

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

27 Januari 2023, 12.55

Sumber : WallpaperBetter

Persaingan Bisnis Menurut Para Ahli

1. Marbun (2003)

Persaingan usaha atau bisnis adalah usaha-usaha dari dua pihak/lebih perusahaan yang masing-masing bergiat memperoleh pesanan dengan menawarkan harga/syarat yang paling menguntungkan. 

2. August von Hayek

Persaingan dalam ekonomi terkait dengan mekanisme pasar terhadap harga-harga. Menurutnya secara singkat, sistem harga mentransfer informasi dengan cara yang paling singkat dan sederhana antara produsen dan konsumen. 

3. Dr. Rainer Adam

Persaingan adalah suatu mekanisme yang efektif dan efisien yang bertujuan untuk menemukan solusi-solusi baru atas masalah-masalah baru dan tantangan-tantangan baru yang selalu muncul dalam dunia ekonomi.

Teori Terhadap Persaingan Bisnis

1. Persaingan Sehat / Healthy Competition

    Persaingan bisnis secara sehat merupakan sebuah bisnis yang berlangsung dengan tidak adanya tindakan kriminal, persaingan          sehat ini menjamin untuk mengedepankan terhadap etika bisnis dalam berkompetisi.

2. Persaingan tidak sehat / cut troat competition

    Persaingan tidak sehat menggambarkan terjadinya penggunaan aktivitas terhadap perebutan pasar dengan menggunakan segala cara untuk menyaingi bisnis. Tujuannya ada salah satu pembisnis dapat menguasai pasar dan memiliki keuntungan yang banyak dengan tidak memikirkan pembisnis lainnya.

 

Sumber : majoo.id