Apa itu Manajemen Pemasaran?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 April 2024, 08.22

Contoh analisis SWOT - Wikipedia

Manajemen pemasaran adalah disiplin organisasi strategis yang berfokus pada penerapan praktis dari orientasi, teknik dan metode pemasaran di dalam perusahaan dan organisasi dan pada pengelolaan sumber daya dan aktivitas pemasaran suatu perusahaan.

Manajemen pemasaran menggunakan alat-alat dari ilmu ekonomi dan strategi kompetitif untuk menganalisis konteks industri di mana perusahaan beroperasi. Ini termasuk lima kekuatan Porter, analisis kelompok strategis pesaing, analisis rantai nilai dan lain-lain.

Dalam analisis pesaing, pemasar membangun profil rinci dari setiap pesaing di pasar, dengan fokus pada kekuatan dan kelemahan kompetitif relatif mereka menggunakan analisis SWOT. Manajer pemasaran akan memeriksa struktur biaya masing-masing pesaing, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi, posisi kompetitif dan diferensiasi produk, tingkat integrasi vertikal, respons historis terhadap perkembangan industri, dan faktor lainnya.

Manajemen pemasaran sering kali menyiratkan riset pasar dan riset pemasaran untuk melakukan analisis utama. Untuk ini, berbagai teknik diterapkan. Beberapa yang paling umum meliputi:

  • Riset pemasaran kualitatif, seperti kelompok fokus dan berbagai jenis wawancara
  • Riset pemasaran kuantitatif, seperti survei statistik
  • Teknik eksperimental seperti pasar uji
  • Teknik observasi seperti observasi etnografi (di tempat).

Manajer pemasaran juga dapat merancang dan mengawasi berbagai pemindaian lingkungan dan proses intelijen kompetitif untuk mengidentifikasi tren dan menginformasikan analisis pemasaran perusahaan.

Audit merek

Audit merek melihat apakah pangsa pasar suatu perusahaan naik, turun, atau tetap sama. Hal ini memastikan apakah margin keuntungan bisnis meningkat atau menurun, serta seberapa besar perbedaannya dengan pesaing yang sudah mapan. Audit merek juga melihat perubahan laba bersih perusahaan, laba atas investasi saat ini, dan perkiraan nilai ekonomi. Laporan ini memastikan apakah peringkat kredit dan kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan meningkat atau menurun. Audit semacam ini juga mengevaluasi kedudukan dan reputasi perusahaan di kalangan kliennya. Selain itu, audit merek melihat faktor-faktor terkait lainnya yang dipertimbangkan konsumen ketika memilih kinerja merek, seperti apakah suatu perusahaan dipandang sebagai pemimpin pasar teknologi, menyediakan produk atau layanan inovatif, dan menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa. .

Karena kekuatan dan kapasitas sumber daya perusahaanlah yang menjadikannya lebih kompetitif, audit merek sering kali berkonsentrasi pada bidang-bidang ini. Keunggulan kompetitif dapat mempunyai berbagai bentuk yang berbeda bagi suatu perusahaan. Keahlian yang terampil atau relevan, aset organisasi, manusia, dan fisik yang berharga, aset tak berwujud yang berharga, kemampuan kompetitif, pencapaian dan fitur yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, aliansi dan usaha kooperatif adalah beberapa contoh dari bentuk-bentuk ini.

Mencari tahu apakah kekuatan sumber daya perusahaan merupakan aset kompetitif atau liabilitas kompetitif adalah ide mendasar di balik audit merek. Tujuan dari audit semacam ini adalah untuk memastikan bahwa perusahaan mempertahankan kompetensi unik yang memberikan kemampuan untuk mengembangkan dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Selain itu, audit merek yang baik bertujuan untuk menentukan posisi perusahaan dan kinerja masa depan dengan menentukan apa yang paling dikapitalisasi, serta tingkat pengalaman, kekuatan sumber daya, dan keterampilan kompetitif yang paling kuat.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org