Apa itu Manajemen Pemasaran?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

24 Februari 2024, 20.04

Contoh analisis SWOT - Wikipedia

Manajemen pemasaran adalah disiplin organisasi strategis yang berfokus pada penerapan praktis dari orientasi, teknik dan metode pemasaran di dalam perusahaan dan organisasi dan pada pengelolaan sumber daya dan aktivitas pemasaran suatu perusahaan.

Manajemen pemasaran menggunakan alat-alat dari ilmu ekonomi dan strategi kompetitif untuk menganalisis konteks industri di mana perusahaan beroperasi. Ini termasuk lima kekuatan Porter, analisis kelompok strategis pesaing, analisis rantai nilai dan lain-lain.[1]

Dalam analisis pesaing, pemasar membangun profil rinci dari setiap pesaing di pasar, dengan fokus pada kekuatan dan kelemahan kompetitif relatif mereka menggunakan analisis SWOT. Manajer pemasaran akan memeriksa struktur biaya masing-masing pesaing, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi, posisi kompetitif dan diferensiasi produk, tingkat integrasi vertikal, respons historis terhadap perkembangan industri, dan faktor lainnya.

Manajemen pemasaran sering kali menyiratkan riset pasar dan riset pemasaran untuk melakukan analisis utama. Untuk ini, berbagai teknik diterapkan. Beberapa yang paling umum meliputi:

  • Riset pemasaran kualitatif, seperti kelompok fokus dan berbagai jenis wawancara
  • Riset pemasaran kuantitatif, seperti survei statistik
  • Teknik eksperimental seperti pasar uji
  • Teknik observasi seperti observasi etnografi (di tempat).

Manajer pemasaran juga dapat merancang dan mengawasi berbagai pemindaian lingkungan dan proses intelijen kompetitif untuk mengidentifikasi tren dan menginformasikan analisis pemasaran perusahaan.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_management