Apa Itu Lean Manufacturing

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

11 Februari 2023, 15.32

Sumber : Dreamstime

Lean Manufacturing

Setiap perusahaan mempunyai cara masing-masing untuk membuat persaingan antar perusahaan semakin lebih baik. Semua perusahaan ingin menjadi yang terdepan dan menjadi pilihan utama bagi konsumennya. Keberhasilan strategi tidak hanya dilihat dari posisi produk terhadap pesaing dipasaran, tidak hanya tentang berapa jumlah produk yang berhasil dijual. Namun juga tentang bagaimana keadaan internal perusahaan yaitu bagaimana proses pembuatan produk tersebut, berapa sumber daya yang digunakan, berapa biaya dan waktu yang digunakan untuk pembuatan produk tersebut.

Lean Manufacturing merupakan praktek produksi untuk memberikan sebuah pertimbangan segala pengeluaran sumber daya untuk mendapatkan sebuah nilai ekonomis terhadap pelanggan tanpa adanya pemborosan. Dikarenakan pemborosan akan menyebabkan sebuah target untuk dikurangi.

Lean Manufacturing juga memberikan sebuah metode dan strategi manajemen untuk meningkatkan efisiensi di dalam bidang manufaktur atau produksi yang diciptakan untuk pelanggan. Tujuan utama Lean adalah untuk menghilangkan pemborosan (Waste ) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk (barang atau jasa) agar memberikan nilai kepada pelanggan (customer).
Implementasi Lean Manufacturing dilakukan secara terus-menerus untuk menciptakan perbaikan pada proses dan inovasi di perusahaan, sehingga perusahaan tersebut melakukan perbaikan berkelanjutan untuk mencapai operational excellence dan customer intimacy.

 

Sumber : Leanindonesia