Apa itu Kesehatan dan Keselamatan?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 09.54

sumber: pinterest.com

Kesehatan dan Keselamatan adalah istilah yang secara umum mencakup persyaratan hukum yang berada di bawah Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja 1974. Istilah Kesehatan dan Keselamatan umumnya digunakan untuk menggambarkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan berkaitan dengan pencegahan kecelakaan dan kesehatan yang buruk bagi karyawan dan mereka yang mungkin terpengaruh oleh pekerjaan mereka. Definisi kamus standar untuk Kesehatan dan Keselamatan adalah: 'peraturan dan prosedur yang ditujukan untuk mencegah kecelakaan atau cedera di tempat kerja atau lingkungan publik'.

Undang-Undang 1974 adalah bagian dari undang-undang yang dibuat setelah Laporan Robens. Dari undang-undang inilah istilah ini mulai digunakan secara lebih populer. Sebelum Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, yang berusia 40 tahun pada tahun 2014, keselamatan kerja tercakup dalam Undang-Undang Pabrik 1961 dan Undang-Undang Perkantoran, Pertokoan, dan Rel Kereta Api 1963. Sebagian besar dari undang-undang ini telah diganti dan dicabut dari waktu ke waktu oleh HASAW dan undang-undang berikutnya, dan pengusaha serta karyawan memiliki tanggung jawab di bawah Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja dll. 

Cara mengelola ruang kerja peralatan layar tampilan 

Berdasarkan Peraturan Waktu Kerja, pengusaha memiliki kewajiban keselamatan untuk memastikan bahwa pekerja mendapatkan istirahat minimum yang menjadi hak mereka saat menggunakan peralatan layar tampilan. Untuk mengelola risiko keselamatan, pekerja harus menyertakan penilaian peralatan layar tampilan sebagai bagian dari penilaian risiko normal mereka. Setelah masalah keselamatan ditemukan, pengusaha harus melakukan beberapa langkah untuk memastikan risiko-risiko ini diminimalkan. Contoh langkah yang dapat Anda lakukan adalah memastikan bahwa karyawan beristirahat di depan layar secara teratur. Di samping itu, memastikan semua peralatan listrik yang digunakan pekerja adalah yang terbaru dan perabotannya aman secara ergonomis adalah cara yang baik untuk meminimalkan risiko kesehatan dan keselamatan tersebut. 

Apakah pengusaha wajib menawarkan kacamata pengaman resep? 

Undang-undang keselamatan menyatakan bahwa pemberi kerja harus bertanggung jawab atas tes mata dan kemungkinan pembayaran kacamata resep, tetapi tidak ada undang-undang keselamatan yang mewajibkan mereka untuk membayar kacamata pengaman resep. Meskipun kecelakaan mata merupakan cedera yang cukup umum terjadi di tempat tertentu, pelatihan keselamatan dan alat pelindung seperti kacamata pengaman dianggap cukup untuk mengendalikan masalah yang berkaitan dengan kesehatan & keselamatan di tempat kerja. Kebijakan keselamatan diperlukan, terutama ketika menggunakan peralatan berbahaya atau dalam kondisi tertentu, tergantung pada profesi dan untuk melindungi kesehatan pengunjung. Selama langkah-langkah penilaian risiko sudah dilakukan, kacamata pengaman resep tidak dianggap perlu. 

Cara menjaga tempat kerja bebas dari limbah

Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Lingkungan 1990, limbah diklasifikasikan sebagai barang apa pun yang harus dibuang atau bahan bekas atau kelebihan yang tidak diinginkan. Organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan limbah mereka dibuang dengan cara yang aman dan dengan cara yang sesuai dengan hukum. Dengan perawatan medis terkait Covid-19 yang menjadi salah satu masalah pelaporan kecelakaan yang paling umum, menjaga tempat kerja tetap rapi adalah kunci untuk memastikan kesehatan karyawan dan tamu yang belum divaksinasi pada khususnya. Cara pertama untuk menjaga tempat kerja bebas dari sampah adalah dengan mengidentifikasi sampah yang dihasilkan organisasi. Setelah mengetahui jenis dan jumlah limbah yang dihasilkan, saatnya untuk mencari cara untuk mengurangi limbah kantor. Dengan langkah-langkah pengurangan limbah yang memadai, limbah dapat ditekan seminimal mungkin. 

Bagaimana mengelola kontraktor di lokasi

Langkah pertama adalah melakukan pemeriksaan uji tuntas untuk memastikan bahwa kontraktor memiliki izin untuk melakukan pekerjaan dan bahwa mereka memiliki sertifikat yang tepat serta langkah-langkah kesehatan dan keselamatan kerja. Status vaksinasi Covid, pemeriksaan suhu dan tes Covid-19 negatif dari salah satu alat tes Covid-19 mungkin juga merupakan ide yang bagus, Kedua, prosedur kerja aman mereka harus ditinjau untuk memastikan penilaian risiko telah dilakukan jika ada laporan kecelakaan. Bukti vaksinasi dan tes Covid-19 adalah sesuatu yang layak dipertimbangkan untuk mempertimbangkan kerja yang aman bagi semua orang yang terlibat. Pekerja harus mengetahui di mana letak alat pemadam kebakaran dan jenis alat pemadam yang akan digunakan jika terjadi kebakaran: alat pemadam bubuk kering, alat pemadam air, alat pemadam kimia, dan alat pemadam karbondioksida. 

Bagaimana prosedur untuk melaporkan kecelakaan? 

Ada prosedur khusus untuk melaporkan kecelakaan dan elemen-elemen tertentu yang harus disertakan dalam buku kecelakaan untuk memastikan semua catatan kecelakaan sudah benar. Informasi utama orang yang terkena dampak, jabatan, rincian kecelakaan dan tindakan korektif semuanya harus dicatat, begitu juga dengan perawatan medis yang diberikan. Setelah kecelakaan dilaporkan, selidiki penyebab kecelakaan dan kumpulkan keterangan saksi mata sehingga penilaian risiko Anda dapat diperbarui jika perlu.

Disadur dari: smseurope.co.uk