Apa Itu Gaya Arsitektur?

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

16 Februari 2023, 18.55

Sumber : Pinterest

Gaya Arsitektur

Gaya arsitektur merupakan sebuah gaya pada suatu kelompok bangunan berdasarkan masa atau sebuah letak geografis tertentu. Gaya ini merupakan sebuah gaya dalam seni visual dan sebagian besar terkait dengan gaya artistik kontemporer yang lebih luas. Gaya arsitektur sendiri mencakup berbagai elemen, seperti bentuk, metode konstruksi, bahan bangunan dan karakter daerah.

Kebanyakan gaya arsitektur mencerminkan adanya perubahan mode, kepercayaan dan agama, atau munculnya ide, teknologi dan bahan baku baru yang memungkinkan lahirnya gaya baru.

Suatu gaya arsitektur dapat menyebar ke wilayah lainnya, terutama ke daerah di sekitar tempat gaya tersebut berasal. Hal ini memungkinkannya untuk terus berkembang dengan cara baru dan unik sesuai dengan kondisi sosial, budaya dan geografi wilayah yang bersangkutan.

Suatu gaya arsitektur yang telah ditinggalkan dapat dihidupkan kembali melalui suatu kebangunan rohani dan interpretasi ulang. Ketika suatu gaya arsitektur dihidupkan kembali, gaya tersebut akan berbeda dengan gaya sebelumnya, tetapi tetap mempertahankan prinsip dasar dari gaya yang dianut. 

 

Sumber : Wikipedia