Apa itu Farmakodinamik?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 20.17

Proses Farmakokinetika dalam Tubuh Manusia - Wikipedia

Farmakokinetika

Farmakokinetika adalah bidang ilmu farmakologi yang mempelajari bagaimana obat bergerak melalui tubuh manusia dari saat diminum hingga keluar melalui organ ekskresi. Secara umum, fase farmakokinetik dibagi menjadi Adsoprsi, Distribusi, Metabolisme, dan Ekstensi. Terkadang, fase deliberasi juga dimasukkan ke dalam studi farmakokinetika. Tetapi tampaknya lebih tepat untuk memasukkan fase deliberasi ke dalam fase farmasetik.

Proses farmakokinetika

Farmakokinetika mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas obat. Prosesnya dimulai dengan penyerapan (absorpsi), tersebar ke seluruh tubuh melalui darah (distribusi), dimetabolisi dalam organ tertentu, terutama hati (biotransformasi), dan kemudian sisa atau produk metabolisme ini dikeluarkan dari tubuh melalui ekskresi (eliminasi) dan selanjutnya disingkat menjadi ADME.

Sebenarnya, ada fase liberasi, yaitu peleburan zat aktif obat ketika masuk ke dalam tubuh. Beberapa sumber mengatakan bahwa liberasi tergabung dengan absorpsi, sedangkan sumber lain mengatakan bahwa distribusi, metabolisme, dan ekskresi adalah satu fase yang disebut disposisi. Selain itu, beberapa orang berpendapat bahwa ada fase tambahan yang menyertakan unsur-unsur toksis, yang disebut ADME-Tox atau ADMET.

Interaksi psiko-kimia antara obat dan organ tubuh mempengaruhi fase penyaluran zat aktif obat-obatan ini. Fase ini dapat digambarkan secara matematis. Oleh karena itu, studi farmakokinetika menggunakan perhitungan matematika untuk memprediksi bagaimana obat bekerja saat diserap tubuh.

Farmakodinamik

Farmakodinamik (PD) adalah penelitian tentang bagaimana obat berdampak biokimia dan fisiologis. Dampaknya dapat mencakup hewan (seperti manusia), mikroorganisme, atau kombinasi organisme (seperti infeksi).

Cabang utama farmakologi adalah farmakodinamik dan farmakokinetik, yang merupakan topik biologi yang mempelajari bagaimana zat kimia endogen dan eksogen berinteraksi dengan organisme hidup.

Secara khusus, farmakokinetik adalah bidang yang menyelidiki bagaimana suatu obat mempengaruhi tubuh, sedangkan farmakodinamik adalah bidang yang menyelidiki bagaimana tubuh mempengaruhi obat. Kedua berpengaruh pada dosis, manfaat, dan efek samping. Farmakodinamik kadang-kadang disebut PD, dan farmakokinetik kadang-kadang disebut PK. Ini terutama berlaku ketika digunakan dalam konteks gabungan, seperti ketika berbicara tentang model PK/PD.

Hubungan dosis-respons, atau hubungan antara konsentrasi dan efek obat, adalah fokus farmakodinamik. Interaksi obat-reseptor, yang dimodelkan oleh

{\displaystyle {\ce {L + R <=> LR}}}

di mana L, R, dan LR masing-masing mewakili konsentrasi kompleks ligan (obat), reseptor, dan ligan-reseptor. Persamaan ini mewakili model dinamika reaksi yang disederhanakan yang dapat dipelajari secara matematis melalui alat seperti peta energi bebas.

Disadur dari:

https://id.wikipedia.org/wiki/Farmakokinetika

https://en.wikipedia.org/wiki/Pharmacodynamics