Apa itu Farmakodinamik?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

19 Februari 2024, 13.18

Topik Farmakodinamik - Wikipedia

Farmakodinamik (PD) adalah penelitian tentang bagaimana obat berdampak biokimia dan fisiologis. Dampaknya dapat mencakup hewan (seperti manusia), mikroorganisme, atau kombinasi organisme (seperti infeksi).

Cabang utama farmakologi adalah farmakodinamik dan farmakokinetik, yang merupakan topik biologi yang mempelajari bagaimana zat kimia endogen dan eksogen berinteraksi dengan organisme hidup.

Secara khusus, farmakokinetik adalah bidang yang menyelidiki bagaimana suatu obat mempengaruhi tubuh, sedangkan farmakodinamik adalah bidang yang menyelidiki bagaimana tubuh mempengaruhi obat. Kedua berpengaruh pada dosis, manfaat, dan efek samping. Farmakodinamik kadang-kadang disebut PD, dan farmakokinetik kadang-kadang disebut PK. Ini terutama berlaku ketika digunakan dalam konteks gabungan, seperti ketika berbicara tentang model PK/PD.

Hubungan dosis-respons, atau hubungan antara konsentrasi dan efek obat, adalah fokus farmakodinamik. Interaksi obat-reseptor, yang dimodelkan oleh

{\displaystyle {\ce {L + R <=> LR}}}

di mana L, R, dan LR masing-masing mewakili konsentrasi kompleks ligan (obat), reseptor, dan ligan-reseptor. Persamaan ini mewakili model dinamika reaksi yang disederhanakan yang dapat dipelajari secara matematis melalui alat seperti peta energi bebas.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Pharmacodynamics