Apa Itu Data Visualization?

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

01 Februari 2023, 12.20

Sumber : Wallpaper Cave

Data Visualization

Visualisasi Data merupakan sebuah representasi grafis dari informasi dan data. Data ini menggunakan elemen visual seperti bagan, grafik, peta yang memudahkan untuk melihat dan memahami sebuah tren dalam data. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaik untuk karyawan atau pemiliki bisnis untuk menyajikan sebuah data kepada audiens.

Dalam dunia Big Data, alat dan teknologi visualisasi data sangat penting untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan membuat keputusan berdasarkan data.

Pentingnya Data Visualization

Pentingnya visualisasi data itu sederhana: ini membantu orang melihat, berinteraksi dengan, dan memahami data dengan lebih baik. Baik sederhana maupun kompleks, visualisasi yang tepat dapat menyatukan semua orang, terlepas dari tingkat keahlian Visualisasi dapat digunakan secara produktif, hal ini merupakan salah satu keterampilan profesional yang paling berguna untuk dikembangkan. Semakin baik Anda menyampaikan poin Anda secara visual, baik di dasbor atau dek slide, semakin baik Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut. Kumpulan keterampilan berubah untuk mengakomodasi dunia yang digerakkan oleh data. Semakin berharga bagi para profesional untuk dapat menggunakan data untuk membuat keputusan dan menggunakan visual untuk bercerita tentang kapan data menginformasikan siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana.

 

Sumber : tableau.com