Antusiasme Pelajar Bandung Menuju PTM: Vaksinasi Massal dan Persiapan Protokol Kesehatan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

19 April 2024, 11.09

Sumber: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pembelajaran tatap muka (PTM) akan dilaksanakan di Kota Bandung mulai Rabu (9/8) mendatang. Selama PTM, siswa disarankan untuk mendapatkan vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Salah satunya akan dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMK) 3 Bandung. Program vaksinasi ini diikuti oleh 300 siswa kelas 10 hingga 12. Menurut Imel Trihapsari, siswa kelas XI SMK 3 Bandung, pihaknya menerima vaksin dosis pertama. Rencananya dia akan menerima suntikan kedua pada minggu ini.

Imel mengatakan rendahnya CTP di Bandung mungkin aman. Hal ini dapat dilihat dengan melihat ciri-ciri persiapan ujian. Sekolah juga menyediakan alat untuk mendukung praktik (prosedur) kesehatan yang membantu siswa tetap aman dan belajar lebih baik.

"Saya ingin bersekolah di kelas karena lebih mudah belajar online daripada offline. Terkadang, ada sumber daya yang bisa digunakan "Aku tidak baik. “Saya merasa malu kalau mau bertanya karena lebih baik belajar di kelas,” kata Imel.

Kali ini menurut siswa kelas XII SMK 3 Bandung, Bintang, I sebelumnya mendapat suntikan pertama karena Saya ingin pergi ke sekolah dan belajar seperti orang lain.

"Saatnya bersiap-siap untuk PC, tetapi saya rasa saya akan melewatkannya saat belajar di kelas. Saya kehilangan teman-teman. Selama ini lewat Zoom doang belajarnya," kata Bintang.

Bintang mengatakan, selama ini kesulitan untuk sekolah daring (online) khususnya pemenuhuan kuota. Selain itu, sekolah lewat zoom meeting atau google meet sulit dipahami, dibandingkan dengan sekolah di kelas.

Pada vaksiansi massal kali ini, Dinas Pendidikan Pemrpov Jabar bekerja sama dengan sejumlah pihak termasuk CIMB Niaga Finance. Program Vaksinasi Covid-19 ini bertujuan mendukung program akselerasi vaksinasi Covid-19 pemerintah khususnya kota Bandung, guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Menurut Presiden Direktur CIMB Niaga Finance, Ristiawan Suherman, program vaksinasi ini merupakan bentuk kontribusi pada penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Penanganan pandemi bukan hanya tugas pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab sosial bersama termasuk sektor swasta.

Ristiawan mengatakan, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan vaksinasi massal di Ibu Kota, kegiatan vaksinasi di Kota Bandung ini juga menargetkan sebanyak 1.000 masyarakat yang divaksin. Rangkaian program vaksinasi Covid-19 tahap selanjutnya akan dilaksanakan di beberapa kota besar lainnya.

"Sekarang kita upayakan untuk mempercepat vaksinasi kepada pelajar karena mereka akan menggelar PTM. Oleh karena itu, vaksinasi diperlukan untuk mencegah klaster penyakit dan mengurangi rantai penularan virus, jelasnya.

CIMB Niaga Finance Banyak peserta vaksin yang berusia di bawah 16 tahun. Jenis vaksinnya adalah Sinovac.

Meski sudah mendapat persetujuan PTM, Menteri Pendidikan Barat Dedi Supandi masih berupaya menerapkan PTM di seluruh sekolah. Sekolah juga harus menanyakan pandangan orang tua siswa. Sekolah bertanya kepada orang tua apakah ingin memilih komputer kecil atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Yang penting sepakat, tapi kebijakan akhir ada di kepala sekolah masing-masing," kata Dedi.

Namun dia mengatakan kebijakan dan penerapan protokol 5M akan terus berlanjut. - Faktanya, jika anak sakit, mereka tidak bisa pergi ke sekolah dan terhubung ke CPU. Selain itu, ia dapat menjalankan CPU kecil untuk kelas tertentu, seperti kelas fungsi.

Sumber: republika.co.id