Akuntansi Energi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.24

www.topbusiness.id

Akuntansi energi adalah sistem yang digunakan untuk mengukur, menganalisis, dan melaporkan konsumsi energi dari berbagai aktivitas secara teratur. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi energi, dan untuk memantau dampak lingkungan dari konsumsi energi.

Manajemen energi

Energi panas adalah jumlah energi kinetik molekul acak.

Akuntansi energi adalah sistem yang digunakan dalam sistem manajemen energi untuk mengukur dan menganalisis konsumsi energi untuk meningkatkan efisiensi energi dalam suatu organisasi. Organisasi seperti perusahaan Intel menggunakan sistem ini untuk melacak penggunaan energi.

Berbagai transformasi energi dimungkinkan. Neraca energi dapat digunakan untuk melacak energi melalui suatu sistem. Ini menjadi alat yang berguna untuk menentukan penggunaan sumber daya dan dampak lingkungan. Berapa banyak energi yang dibutuhkan pada setiap titik dalam suatu sistem diukur, serta bentuk energi itu. Sistem akuntansi melacak energi masuk, energi keluar, dan energi tidak berguna versus pekerjaan yang dilakukan, dan transformasi dalam suatu sistem. Terkadang, pekerjaan yang tidak bermanfaat seringkali menjadi penyebab masalah lingkungan.

Keseimbangan energi

Energi yang dikembalikan atas energi yang diinvestasikan (EROEI) adalah rasio energi yang diberikan oleh teknologi energi dengan energi yang diinvestasikan untuk menyiapkan teknologi.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org