5 Perangkat Lunak ERP Sumber Terbuka Teratas

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

04 Juni 2024, 08.01

Sumber: pinterest

Kelola operasi bisnis seperti akuntansi, penjualan, dan inventaris dengan perangkat lunak ERP.

Bayangkan ini: Anda mengelola rantai pasokan untuk bisnis kecil dan sering menghabiskan banyak waktu untuk meneliti pemasok potensial, mendapatkan penawaran, menilai, dan memperbarui daftar pemasok yang disetujui. Melakukan hal ini sesekali mungkin tidak menjadi masalah, namun masalahnya dimulai ketika Anda harus mengulangi proses ini secara teratur.

Untungnya, kami memiliki perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) untuk membantu mengotomatiskan seluruh proses ini. Perangkat lunak ini dapat secara otomatis mengirimkan permintaan penawaran, mengelola daftar pemasok, dan melacak pesanan, sehingga membantu Anda menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda lebih efisien.

Manajemen rantai pasokan hanyalah salah satu dari sekian banyak fungsi yang dapat diotomatisasi oleh perangkat lunak ERP. Manajemen hubungan pelanggan, akuntansi, inventaris, sumber daya manusia (SDM), dan manajemen proyek adalah beberapa proses bisnis lain yang dapat dibantu oleh perangkat ERP.

Jika Anda mencari platform perangkat lunak yang dapat Anda sesuaikan untuk menambah atau mengurangi fitur sesuai kebutuhan Anda, maka perangkat lunak ERP open source adalah pilihan terbaik. Dalam artikel ini, kami telah membuat daftar lima solusi perangkat lunak ERP open source terbaik (disusun berdasarkan abjad) berdasarkan peringkat dan ulasan dari pengguna seperti Anda. (Baca bagaimana kami memilih produk-produk ini).

1. Bitrix24: Terhubung ke berbagai saluran media sosial

Bitrix24 adalah sistem ERP sumber terbuka yang membantu mengelola pelanggan, tugas, dokumen, karyawan, proyek, dan banyak lagi. Sistem ini menawarkan obrolan online dan panggilan video HD serta konferensi untuk memfasilitasi kolaborasi tim yang lancar.

Dengan Bitrix24, Anda bisa memberikan tugas kepada individu dan tim, dan menggunakan papan Kanban dan bagan Gantt untuk melacak kemajuan proyek. Anda bisa menggunakan fungsionalitas CRM untuk menjalankan kampanye pemasaran dan menghasilkan, mengelola, serta mengonversi prospek. Anda juga dapat menggunakan live chat, formulir web, dan VoIP untuk melibatkan pengunjung situs web Anda.

Perangkat lunak ini memiliki hub pusat yang menghubungkan berbagai saluran media sosial, termasuk Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Viber. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memantau aktivitas pelanggan di semua saluran dan membalas komentar dan pesan mereka menggunakan satu platform terpusat.

Kode sumber Bitrix24 bisa diunduh dan dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Sumber daya dukungan pelanggan dari alat ini mencakup video panduan, artikel, dan webinar. Juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.

2. ERPNext: Menyediakan pembangun situs web

ERPNext merupakan perangkat lunak ERP yang menawarkan dasbor akun untuk melacak keuangan Anda. ERPNext juga menyediakan papan Kanban dan bagan Gantt untuk melacak kemajuan proyek.

Dengan ERPNext, Anda mendapatkan tampilan real-time dari penjualan dan pembelian Anda. Anda dapat melacak ketersediaan produk secara real-time menggunakan fitur manajemen inventaris dan menjalankan kampanye email menggunakan fungsionalitas pemasarannya. Anda juga dapat merekrut karyawan dan mengelola informasi seperti detail kontak dan dokumen ketenagakerjaan mereka.

Perangkat lunak ini menawarkan pembangun situs web untuk membantu mendesain situs web yang responsif. Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO, membuat blog, membangun toko online, membuat formulir web, dan menawarkan obrolan langsung untuk pengunjung situs web.

ERPNext tersedia sebagai piranti sumber terbuka di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 3. Sumber daya dukungan pelanggannya meliputi FAQ, forum tanya jawab, artikel, dan video. Pelanggan bisa menghubungi tim dukungan dengan menelepon atau mengisi formulir online. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.

3. Odoo: Menciptakan kampanye pemasaran otomatis

Odoo adalah solusi manajemen perusahaan dengan modul dan submodul ERP. Ini mencakup berbagai vertikal industri, termasuk akuntansi, pemasaran, penjualan, manufaktur, dan sumber daya manusia.

Dengan Odoo, Anda dapat membuat faktur dan tagihan, mengotomatiskan pengisian stok, melacak prospek, mendesain dasbor khusus, dan membuat laporan untuk menganalisis kinerja. Anda dapat memindai, menandatangani elektronik, dan berbagi dokumen. Anda juga bisa merekrut karyawan, melakukan penilaian, dan melacak kehadiran dan cuti karyawan.

Fitur otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran otomatis. Anda bisa mengelompokkan audiens Anda dan mengirim pesan unik ke setiap segmen. Anda juga dapat menyesuaikan alur kerja untuk membuat kampanye multi-langkah.

Perangkat lunak sumber terbuka Odoo dilisensikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU Lesser General Public License versi 3. Sumber daya dukungan pelanggannya meliputi tutorial, kursus online, dan forum tanya jawab. Pelanggan dapat menghubungi tim dukungan dengan menelepon atau mengisi formulir online. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.

4. SAP S/4HANA: Mendukung pengembangan produk baru

SAP S/4HANA adalah sistem ERP yang membantu mengotomatiskan manajemen aset, manajemen keuangan, manufaktur, penjualan, kontrol inventaris, manajemen rantai pasokan, serta sumber dan pengadaan. Sistem ini menawarkan analitik real-time dan wawasan tentang biaya pemeliharaan, tingkat kerusakan, kerusakan, dan banyak lagi.

Perangkat lunak ini mengotomatiskan seluruh proses keuangan, termasuk akuntansi, manajemen risiko, dan pelaporan. Wawasan keuangan berbasis AI-nya membantu Anda membuat keputusan berbasis data. Modul manajemen transportasi memungkinkan Anda merencanakan dan mengelola transportasi produk di seluruh rantai pasokan.

Perangkat lunak ini memungkinkan Anda memvisualisasikan model produk baru menggunakan gambar dan mengoptimalkan serta menguji model menggunakan konfigurator. Sistem ini menawarkan visibilitas lengkap di seluruh siklus hidup produk - mulai dari mencatat kebutuhan produk hingga manufaktur dan penjualan.

Kode sumber terbuka SAP S/4HANA dapat diunduh dan dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Sumber daya dukungan pelanggan dari alat ini mencakup basis pengetahuan, forum tanya jawab, dan blog. Pelanggan dapat menghubungi tim dukungan melalui chat dan telepon.

5. TallyPrime: Menawarkan fungsionalitas manajemen cek

TallyPrime merupakan solusi ERP yang membantu mengelola akuntansi, inventaris, perbankan, penggajian, dan banyak lagi. Software ini memungkinkan Anda membuat faktur dan laporan yang dapat disesuaikan dengan pedoman branding perusahaan Anda.

Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk membuat jurnal manufaktur, yang dapat Anda gunakan untuk mencatat jumlah bahan baku yang dikonsumsi, mencatat biaya pembelian, dan melacak bahan baku yang dikirim. Anda juga dapat mencatat rincian produk jadi dan hasil sisa.

Fungsionalitas perbankan TallyPrime memungkinkan Anda untuk mengelola dan melacak cek melalui siklus hidupnya-dari penerbitan hingga rekonsiliasi. Anda dapat menggunakan fitur register cek untuk mencatat dan mengelola beberapa buku cek. Anda juga dapat melihat, mencari, dan melacak detail cek yang sudah lewat tanggal atau dibatalkan.

TallyPrime ditawarkan sebagai alat sumber terbuka di bawah berbagai lisensi, termasuk Zlib, Jpeg Lib, dan OpenSSL. Sumber daya dukungan pelanggannya termasuk tutorial video. Pelanggan dapat menghubungi tim dukungan melalui email dan telepon.

Cara memilih perangkat lunak ERP sumber terbuka yang tepat

Ingatlah hal-hal berikut ini saat membeli perangkat ERP sumber terbuka untuk bisnis Anda:

  1. Pilih perangkat lunak dengan fungsionalitas otomatisasi. Carilah sistem ERP dengan fungsionalitas otomatisasi untuk menghemat waktu dalam alur kerja manual yang berulang. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas seperti membuat kampanye pemasaran, mengirim pesanan pembelian, dan melacak tingkat inventaris.
  2. Kaji apakah pelaporan berbasis AI sudah termasuk di dalamnya. Pelaporan merupakan bagian dari sebagian besar solusi ERP, namun tidak semuanya mendukung pelaporan berbasis AI. Pelaporan berbasis AI menawarkan wawasan tentang kinerja bisnis saat ini serta memprediksi tren masa depan untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  3. Periksa apakah solusi tersebut menawarkan repositori untuk manajemen karyawan. SDM adalah fitur umum dalam solusi perangkat lunak ERP. Fitur ini membantu merekrut talenta baru dan mengelola karyawan yang sudah ada. Pilihlah solusi ERP yang menawarkan repositori untuk menyimpan, melacak, dan mengelola data dan dokumen karyawan di lokasi pusat.

Pertanyaan umum yang harus ditanyakan saat memilih perangkat lunak ERP open source

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan untuk ditanyakan kepada vendor saat mengevaluasi perangkat ERP open source untuk bisnis Anda:

Apakah perangkat lunak Anda terintegrasi dengan saluran media sosial?
Apa saja jenis opsi dukungan teknis yang tersedia?
Langkah-langkah keamanan apa yang dimiliki perangkat lunak Anda?
Bagaimana kami memilih produk ini? Kami tidak melakukannya-Anda yang melakukannya

Untuk menemukan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda memerlukan informasi yang dapat Anda percaya - sehingga Anda dapat menghemat waktu, tetap pada anggaran, dan lebih fokus pada pengembangan bisnis Anda. Itulah mengapa kami memeriksa dan memverifikasi semua ulasan pengguna kami dan hanya merekomendasikan perangkat lunak yang didukung oleh orang-orang seperti Anda.

Dengan kata lain, rekomendasi produk kami tidak pernah dibeli atau dijual, atau berdasarkan pendapat satu orang saja-mereka dipilih oleh rekan-rekan Anda, yang mencerminkan pandangan dan pengalaman pengulas perangkat lunak independen kami.

Di Capterra, kami secara objektif memilih dan memberi peringkat produk berdasarkan metodologi yang dikembangkan oleh tim riset kami. Beberapa vendor membayar kami ketika mereka menerima lalu lintas web, tetapi hal ini tidak mempengaruhi metodologi kami.

Disadur dari: https://www.capterra.com/