5 Industri Teratas yang Ditopang oleh Fabrikasi Lembaran Logam

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

08 Mei 2024, 11.31

Sumber: www.acra.com.au

Mesin lembaran logam dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk yang berguna untuk berbagai macam aplikasi. Jadi, kami pikir kami akan mengambil kesempatan ini untuk benar-benar merinci beberapa industri yang mengandalkan produk lembaran logam fabrikasi dan untuk apa mereka menggunakannya. Kami akan mulai dengan yang paling jelas - konstruksi.

1. Konstruksi

Industri konstruksi sangat luas dan mencakup banyak jenis bangunan. Sementara salah satu penggunaan yang jelas dari lembaran logam fabrikasi adalah sebagai bahan eksternal bangunan - juga dapat digunakan untuk keperluan internal. Bangunan rangka baja, misalnya, akan menggunakan balok dan kolom baja sebagai penopangnya. Jenis struktur ini sering kali disukai untuk bangunan bertingkat tinggi seperti apartemen, kompleks perkantoran, atau bahkan gedung pencakar langit karena rasio kekuatan terhadap berat yang fantastis dan daya tahan yang tinggi.

Namun, yang bisa dibilang lebih penting adalah mur, baut, sekrup, dan paku yang digunakan dalam setiap aspek industri konstruksi. Semuanya dibuat dari lembaran logam dan, tanpa mereka, konstruksi tidak akan dapat diselesaikan.

2. Otomotif

Mobil dan kendaraan otomotif lainnya terbuat dari cukup banyak logam. Baja, baja tahan karat, aluminium, dan tembaga adalah beberapa jenis logam yang sering digunakan untuk membuat rangka, pintu, mesin, komponen internal dan eksternal, dan bahkan elektronik. Kelenturan dan sifat pembentukan yang dimiliki oleh banyak lembaran logam membuatnya ideal untuk industri otomotif karena lembaran dapat dibentuk dengan cara apa pun yang diperlukan dengan menggunakan cetakan yang berbeda sambil tetap mempertahankan karakteristik dan integritasnya.

3. Transportasi

Sektor transportasi umum dan komersial telah lama mengandalkan lembaran logam fabrikasi - lihat saja bus, trem, atau kereta api mana pun dan Anda akan langsung melihat logam. Entah itu tiang vertikal yang ditujukan untuk membantu mereka yang kesulitan berjalan atau perangkat keras di sekitar tempat duduk di trem - ada logam di mana-mana. Kereta api saat ini banyak dibuat dari aluminium karena sifatnya yang ringan sehingga memungkinkannya melaju dengan kecepatan tinggi.

4. Dirgantara

Ada berbagai komponen berbeda yang dibuat dari lembaran logam yang digunakan dalam pesawat terbang termasuk baja, aluminium dan bahkan titanium. Sayap dan badan pesawat dibuat dari paduan aluminium khusus yang menggabungkan ringannya aluminium dengan kekuatan baja untuk memastikan pesawat itu sendiri tetap menyatu saat terbang tetapi tidak terlalu berat untuk jatuh dari langit.

Dalam aplikasi militer dan pesawat penumpang besar, titanium digunakan sebagai tambahan dari komposit karbon-epoksi - yang digunakan untuk membuat badan pesawat. Komposit serat karbon ini memiliki karakteristik yang mirip dengan paduan aluminium khusus - memiliki kekuatan yang unggul dengan bobot yang rendah.

Sekali lagi, paduan aluminium dan komposit bersinar terang ketika kita melihat pesawat ulang-alik dan menyadari bahwa lambung luarnya harus tahan terhadap kecepatan tinggi dan panas yang dihasilkan saat keluar dari atmosfer Bumi. Semakin berat sebuah kapal, semakin sulit baginya untuk melepaskan diri dari tarikan gravitasi Bumi dan dengan demikian paduan aluminium dan komposit menjadi sempurna. Paduan keramik dan titanium juga digunakan untuk memperkuat lambung kapal.

5. Infrastruktur

Sementara rel trem dan kereta api dulunya terbuat dari kayu - sekarang terbuat dari baja tahan karat. Hal-hal yang mungkin tidak terlalu Anda perhatikan karena merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari seperti rambu-rambu jalan dan lampu lalu lintas adalah infrastruktur yang menggunakan logam. Kabel listrik dibuat dari untaian paduan aluminium karena kuat, ringan, dan konduktor listrik yang baik. Bahkan jembatan besar pun menggunakan baja untuk penguat. Anda akan terkejut betapa banyak lembaran logam fabrikasi yang akan Anda temui di kota setempat setiap hari.

Disadur dari: www.acra.com.au