Titik Temu antara Etika dan Hukum Teknik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

16 Mei 2024, 11.53

Sumber: freepik.com

Hukum keteknikan adalah studi tentang bagaimana etika keteknikan dan kerangka kerja hukum diadopsi untuk memastikan keselamatan publik seputar praktik keteknikan. Hukum California mendefinisikan rekayasa sebagai "praktik profesional dalam memberikan layanan atau pekerjaan kreatif yang membutuhkan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman dalam ilmu teknik dan penerapan pengetahuan khusus tentang ilmu matematika, fisika, dan teknik dalam pekerjaan profesional atau kreatif seperti konsultasi, investigasi, evaluasi, perencanaan, atau desain utilitas publik atau swasta, struktur, mesin, proses, sirkuit, bangunan, peralatan, atau proyek, serta pengawasan konstruksi dengan tujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap spesifikasi dan desain untuk pekerjaan tersebut."Sebagai perbandingan, hukum New York dan Ontario menggunakan kehidupan dan kesehatan dalam definisi mereka. Ontario mendefinisikan rekayasa sebagai "perencanaan, perancangan, penyusunan, evaluasi, pemberian saran, pelaporan, pengarahan atau pengawasan yang memerlukan penerapan prinsip-prinsip rekayasa dan menyangkut perlindungan kehidupan, kesehatan, properti, kepentingan ekonomi, kesejahteraan masyarakat atau lingkungan, atau pengelolaan tindakan semacam itu."

Hukum California menjadikan perlindungan publik sebagai hal yang terpenting. Maksud legislatifnya adalah bahwa perlindungan publik harus menjadi prioritas tertinggi Dewan Insinyur Profesional di California. Rekayasa adalah kegiatan yang terkendali di Amerika Utara. Praktik teknik sebagian besar dipisahkan dari praktik ilmuwan alam atau teknisi oleh hukum dan pendidikan teknik. Fisikawan semikonduktor dan insinyur listrik yang berpraktik di perusahaan besar terutama dibedakan oleh hukum tempat mereka berpraktik dan lisensi yang mereka bawa, yang memengaruhi pekerjaan yang menjadi tanggung jawab hukum mereka.

Hukum bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lain, tetapi seorang insinyur kemungkinan harus bertanggung jawab secara hukum atas pekerjaan teknik. Kekebalan yang diberikan kepada orang yang tidak berlisensi (misalnya insinyur dalam pelatihan, ilmuwan atau teknisi) yang karyanya ditinjau dan disetujui oleh insinyur profesional berlisensi adalah mutlak. Insinyur memiliki standar hukum khusus untuk etika dan kinerja (lihat di bawah), sedangkan ilmuwan atau teknisi tidak. Pemerintah dan masyarakat mempercayai insinyur karena kualifikasi dan pengalaman mereka diatur oleh dewan insinyur dan mereka tunduk pada tindakan disipliner atas kesalahan atau kelalaian profesional, seperti denda atau penangguhan lisensi.

Kompetensi profesional

Di Amerika Utara, empat tahun pendidikan teknik dan empat tahun pengalaman profesional merupakan persyaratan umum sebelum mendapatkan lisensi sebagai insinyur. Pelatihan pembaruan selama 16-40 jam per tahun juga umumnya diperlukan agar seorang insinyur berlisensi dapat terus berpraktik, untuk memastikan bahwa mereka tetap mengikuti perkembangan keterampilan keras seperti kode, standar, dan teknologi yang relevan. Komunikasi teknik, manajemen teknik, dan keterampilan lunak lainnya juga merupakan pelatihan yang populer bagi para insinyur yang berpraktik.

Topik-topik utama

Area topik utama untuk hukum keinsinyuran adalah:

  • Etika teknik, kesalahan profesional, praktik yang lalai, kelalaian berat, dan kelalaian kriminal sering kali didefinisikan oleh hukum kasus dan undang-undang.
  • Perundang-undangan, standar, kode, dan peraturan keselamatan, yang mencakup keselamatan kereta api, keselamatan pabrik, manajemen risiko, kode kelistrikan, dan keamanan makanan.
  • Hukum gugatan merupakan bagian integral dari penetapan kesalahan dan ganti rugi setelah kegagalan teknik.
  • Hukum kontrak adalah dasar perjanjian untuk sebagian besar proyek rekayasa.
  • Hukum pertanggungjawaban produk untuk produk yang diproduksi mungkin merupakan kombinasi dari hukum gugatan dan undang-undang, tergantung pada yurisdiksinya.
  • Perlindungan kekayaan intelektual, yang mencakup paten, hak cipta, rahasia dagang, dan topografi sirkuit terpadu.

Maksud dari undang-undang teknik

Seorang insinyur yang berpraktik adalah ilegal jika membahayakan keselamatan publik dengan cara apa pun. Ini berarti bahwa seorang insinyur harus menjaga dirinya sendiri pada tingkat tertinggi dalam hal perilaku teknis dan moral yang masuk akal atau harus menghadapi tuntutan hukum jika suatu sistem rekayasa gagal sehingga membahayakan publik, termasuk teknisi pemeliharaan. Pelanggaran hukum keteknikan sering kali menjadi dasar yang cukup untuk melakukan tindakan penegakan hukum, yang dapat mencakup penangguhan atau hilangnya lisensi dan hukuman finansial. Hukuman tersebut juga dapat mencakup hukuman penjara, jika kelalaian berat terbukti berperan dalam hilangnya nyawa manusia.

Lisensi teknik memberikan jaminan kepada publik bahwa orang yang berkualifikasi melakukan atau mengawasi pekerjaan teknik. Pekerja atau manajer yang tidak berlisensi tidak memiliki tanggung jawab khusus, karena hal ini ditanggung oleh pemberi kerja melalui hukum gugatan atau undang-undang keteknikan, dan tidak ada otoritas pengawas untuk menegakkan praktik keteknikan yang baik yang diterapkan terkait dengan pekerjaan tersebut. Dalam kasus kelalaian berat, perusahaan teknik tidak dapat dianggap bertanggung jawab secara perwakilan atas pelanggaran yang dilakukan oleh seorang insinyur.

Komite disipliner

Hukum California menentukan proses disipliner oleh Dewan Insinyur Profesional, Surveyor Tanah, dan Ahli Geologi terhadap insinyur berlisensi yang telah melakukan penipuan, kesalahan penyajian, kelalaian, atau pelanggaran kontrak. Insinyur Profesional Ontario memiliki komite disipliner yang mendengar keluhan atas kesalahan profesional dan ketidakmampuan. [Komite disiplin dapat menangguhkan sertifikat otorisasi (lisensi perusahaan) untuk perusahaan teknik, lisensi teknik, atau mengeluarkan denda atas pelanggaran undang-undang teknik setempat untuk pelanggaran profesional, penipuan, kesalahan penyajian, kelalaian, atau pelanggaran kontrak.

Bertanggung jawab atas pekerjaan teknik (pengawasan dan pengawasan)

Ada pengecualian pengawasan untuk pekerjaan teknik di beberapa negara bagian atau provinsi. Karyawan yang tidak berlisensi boleh melakukan pekerjaan perekayasaan jika dilakukan di bawah pengawasan insinyur berlisensi dengan model pengawasan yang sesuai dan terdokumentasi.

Jika seorang insinyur akan bertanggung jawab secara hukum atas pekerjaan seorang insinyur dalam pelatihan, teknisi, atau ilmuwan alam, mereka harus mengikuti pekerjaan tersebut selama berlangsung (terutama masalah yang muncul), meninjau pekerjaan tersebut secara menyeluruh, dan memastikan bahwa pertimbangan yang memadai telah diberikan untuk pekerjaan tersebut. Selain itu, insinyur harus sepenuhnya menyadari semua tantangan dalam pekerjaan teknik, pengawasan atau desain. Insinyur harus terlibat langsung dalam semua solusi untuk tantangan dalam pekerjaan rekayasa. Insinyur memikul tanggung jawab hukum atas konsekuensi dari kesalahan dalam pekerjaan rekayasa yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan Undang-Undang Rekayasa Profesional setempat.

Segel atau stempel

Di banyak yurisdiksi, badan pengatur keinsinyuran mewajibkan stempel atau cap untuk semua gambar, analisis, dan dokumentasi keinsinyuran yang terkait dengan pelanggan yang mengandalkan insinyur. Insinyur yang menyegel atau memberi stempel pada pekerjaan harus memegang kendali atas pekerjaan tersebut sebagai penulis atau peninjau. Analisis atau gambar harus memenuhi standar teknik yang kompeten dan dapat diandalkan sebagaimana mestinya. Segel atau stempel menunjukkan bahwa insinyur yang menyegel dokumen atau gambar tersebut kemungkinan besar bertanggung jawab secara hukum atas kesalahan dalam dokumen atau gambar tersebut.

Hukum teknik internasional

Dalam proyek rekayasa internasional, mungkin terdapat negara tempat pekerjaan berasal dan negara tempat pekerjaan dilaksanakan. Hukum negara asal dan negara tujuan proyek harus dipatuhi. Komplikasi lebih lanjut dapat terjadi ketika negara tempat pekerjaan perekayasaan ditinjau dan disetujui bukan merupakan negara tempat pekerjaan tersebut berasal atau dilaksanakan (misalnya, outsourcing di perusahaan besar). Dalam hal ini, standar etika yang tinggi harus dipatuhi di mana semua hukum, kode etik, dan standar yang relevan diterapkan. Kehati-hatian yang ekstrem harus diterapkan dalam outsourcing pekerjaan teknik karena kematian telah terjadi karena kecerobohan.

Dalam hukum kontrak, hukum kontrak di negara tempat kontrak ditandatangani umumnya dipatuhi. Washington Accord adalah perjanjian yang dibuat oleh sejumlah penandatangan internasional, yang mengakui pendekatan dan sistem mereka untuk mengakreditasi program-program teknik universitas sebagai hal yang sebanding. Penandatangan Washington Accord adalah Australia, Kanada, Cina, Taiwan, Cina Hong Kong, India, Irlandia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Pakistan, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Ketertiban dalam perekayasaan

Rekayasa harus dilakukan dengan cara yang tertib dan etis di mana semua kode dan standar yang sesuai dipertimbangkan dengan cermat. Pertimbangan yang teratur adalah bagian penting dari setiap pekerjaan teknik yang melibatkan keselamatan publik atau kontrak. Setiap kekacauan yang terlibat dalam praktik rekayasa dapat disebut sebagai kecerobohan atau peretasan dan dapat membahayakan kepercayaan publik terhadap keselamatan atau kualitas rekayasa yang sedang dipraktikkan. Praktik yang lalai berkembang ketika tekanan manajerial, akuntansi, penjadwalan, atau hukum mengganggu pertimbangan yang cermat atas praktik keinsinyuran yang benar. Insinyur harus berperilaku dengan cara yang bermartabat dan pekerjaan mereka harus mencerminkan martabat dan dedikasi terhadap kesempurnaan.

Praktik yang memuaskan

Meskipun seorang insinyur yang berpraktik mungkin memiliki cita-cita yang tinggi dan praktik kerja yang patut dicontoh, ia akan menghadapi tekanan jadwal dan anggaran dalam praktik konvensional. Pertanyaannya adalah seberapa baik yang cukup baik untuk sebuah pekerjaan perekayasaan? Pertanyaan ini dijawab secara berbeda untuk gambar atau analisis teknik dan produk rekayasa. Gambar atau analisis teknik umumnya harus dipertimbangkan dengan baik sehubungan dengan kode dan standar yang sesuai dan memiliki nilai 'B' di sekolah teknik tahun keempat oleh profesor teknik yang berlisensi dan berpengalaman. Gambar atau analisis teknik tidak boleh menimbulkan bahaya keselamatan bagi mereka yang mengandalkan pekerjaan tersebut. Produk rekayasa harus aman bagi konsumen atau industri yang mengandalkan produk tersebut. Kualitas produk rekayasa harus memadai untuk memenuhi undang-undang tanggung jawab produk lokal dan hukum kasus.

Hukum pertanggungjawaban produk

Hukum pertanggungjawaban produk mempengaruhi para insinyur dan penemu. Hukum pertanggungjawaban produk didasarkan pada hukum gugatan tetapi tidak memerlukan kontrak atau kelalaian yang terbukti. Seorang insinyur dapat dikenakan tindakan disipliner dari dewan insinyur setempat serta litigasi melalui hukum gugatan seperti hukum pertanggungjawaban produk untuk cacat berbahaya pada produk rekayasa.

Hukum paten

Paten adalah jenis kekayaan intelektual yang memberikan pemiliknya hak hukum untuk mengecualikan orang lain dari membuat, menggunakan, atau menjual penemuan untuk jangka waktu terbatas dengan imbalan penerbitan dan memungkinkan pengungkapan penemuan. Di sebagian besar negara, hak paten berada di bawah hukum privat dan pemegang paten harus menuntut seseorang yang melanggar paten untuk menegakkan haknya. Di beberapa industri, paten merupakan bentuk penting dari keunggulan kompetitif.

Pengecualian industri

Pengecualian industri tidak aman menurut Masyarakat Nasional Insinyur Profesional dan Insinyur Profesional Ontario. Tidak ada perusahaan yang etis yang boleh menggunakan pengecualian industri meskipun itu legal. Pengecualian industri memungkinkan beberapa perusahaan untuk menggunakan orang yang tidak berlisensi tanpa pengawasan untuk melakukan kegiatan teknik pada peralatan manufaktur. Banyak negara bagian dan provinsi tidak memiliki pengecualian industri sementara negara bagian lain memiliki pengecualian industri yang liberal.


Disadur dari: en.wikipedia.org