Menggali Lebih dalam tentang Rumah Melayu

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

07 Mei 2024, 07.27

Sumber: en.wikipedia.org

Rumah Melayu (bahasa Melayu: Rumah Melayu; bahasa Jawi: رومه ملايو) merujuk pada tempat tinggal vernakular orang Melayu, sebuah kelompok etno-linguistik yang mendiami Sumatera, pesisir Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

Bentuk arsitektur tradisional, seperti atap yang sesuai dengan iklim tropis dan proporsi yang harmonis dengan elemen dekoratif dianggap masih memiliki nilai budaya yang tinggi oleh banyak orang di wilayah ini. Namun, bangunan-bangunan ini membutuhkan perawatan yang signifikan dibandingkan dengan konstruksi modern; seperti tantangan dalam melestarikan bahan utamanya, kayu, dari efek pembusukan cuaca tropis serta serangan rayap. Keterampilan konstruksi vernakular ini berangsur-angsur hilang seiring dengan proses industrialisasi yang terus berlanjut di Malaysia, sementara di Indonesia, tempat tinggal tradisional semacam ini masih bertahan di daerah pedesaan. Meskipun transformasi perkotaan di Singapura telah menghilangkan hampir semua lingkungan perkotaan Melayu, beberapa rumah yang menampilkan arsitektur vernakular ini masih bertahan, terutama terkonsentrasi di pulau lepas pantai Pulau Ubin. [Upaya untuk melestarikan gaya arsitektur asli nusantara telah dilakukan melalui dokumentasi dan pembuatan replika di anjungan provinsi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Konstruksi

Menggunakan bahan alami yang dapat diperbarui termasuk kayu dan bambu, rumah-rumah di sini sering kali dibangun tanpa menggunakan logam, termasuk paku. Sebagai gantinya, lubang dan alur yang telah dipotong sebelumnya digunakan untuk menyesuaikan elemen kayu satu sama lain, yang secara efektif menjadikannya 'rumah prefabrikasi'.

Meskipun paku telah ditemukan dan di rumah-rumah selanjutnya digunakan secara minimal untuk elemen non-struktural (misalnya, jendela atau panel), fleksibilitas struktural adalah manfaat yang dihambat oleh paku. Tanpa paku, rumah kayu dapat dibongkar dan dibangun kembali di lokasi yang baru. Sebagian besar masyarakat Melayu kuno di Asia Tenggara mempertahankan suatu bentuk budaya lingkungan yang dapat beregenerasi sendiri.

Desain

Rumah kayu tradisional menggabungkan prinsip-prinsip desain yang relevan dalam arsitektur kontemporer seperti peneduh dan ventilasi, kualitas yang ada pada fitur dasar rumah. Meskipun rumah-rumah Melayu memiliki keragaman gaya sesuai dengan masing-masing negara bagian, provinsi, dan sub-etnis, ada gaya umum dan kesamaan yang dimiliki di antara mereka:

  • Dibangun di atas panggung
  • Memiliki tangga
  • Kamar-kamar yang dipartisi
  • Atap vernakular
  • Dihiasi dengan dekorasi
  • Rumah Panggung

Sebagian besar rumah Melayu dibangun sebagai Rumah Panggung, yaitu rumah yang dibangun di atas panggung. Karakteristik utama dari rumah kampung Melayu adalah bentuknya yang panggung atau bertingkat. Hal ini dilakukan untuk menghindari binatang buas dan banjir, untuk mencegah pencuri, dan untuk menambah ventilasi. Di Sumatera, rumah panggung tradisional dirancang untuk menghindari binatang buas yang berbahaya, seperti ular dan harimau. Sementara di daerah yang terletak dekat dengan sungai-sungai besar di Sumatra dan Kalimantan, rumah panggung membantu meninggikan rumah di atas permukaan banjir. Di beberapa bagian Sabah, jumlah kerbau mas kawin bahkan dapat bergantung pada jumlah rumah panggung yang ada di rumah keluarga pengantin.

Tangga

Rumah tradisional Melayu membutuhkan tangga untuk mencapai bagian dalam yang lebih tinggi. Biasanya tangga menghubungkan bagian depan rumah dengan serambi (teras atau beranda). Tangga tambahan dapat ditemukan di bagian belakang rumah. Tangga dapat terbuat dari kayu atau struktur batu bata yang dilapisi ubin. Sebagai contoh, di Melaka dan Riau, tangga selalu dihias dengan dekorasi dan ubin berwarna-warni.

Kamar

Bagian dalam rumah disekat-sekat untuk menciptakan ruangan seperti serambi, ruang tamu, dan kamar tidur. Rumah kayu tradisional Melayu biasanya terdiri dari dua bagian: rumah utama yang disebut Rumah Ibu untuk menghormati ibu dan Rumah Dapur yang lebih sederhana, yang dipisahkan dari rumah utama untuk perlindungan dari kebakaran. Proporsi ini penting untuk memberikan skala yang manusiawi pada rumah ini. Nama Rumah Ibu diambil dari jarak antar rumah panggung yang konon biasanya mengikuti lebar lengan istri dan ibu dalam keluarga yang membangun rumah tersebut. Setidaknya satu beranda yang ditinggikan (serambi) melekat pada rumah untuk tempat bekerja atau bersantai, atau di mana pengunjung yang tidak dikenal akan dijamu, sehingga menjaga privasi interior.

Atap

Atap rumah tradisional Melayu dirancang untuk memberikan keteduhan dan perlindungan dari panas dan hujan, serta menyediakan ventilasi. Desain dasar atap pada rumah Melayu adalah atap pelana, sebuah bingkai yang diperpanjang dengan ornamen di tepi atap. Atap vernakular Melayu paling cocok untuk iklim tropis yang panas dan lembab. Contoh atap runcing dapat ditemukan pada desain Rumah Lipat Kajang. Namun atap bernada limas juga dapat ditemukan pada rumah-rumah seperti Rumah Limas Palembang.

Di Riau dan Jambi terdapat beberapa gaya yang berbeda, terutama pada desain atapnya. Rumah Lancang atau Rumah Lontik memiliki atap melengkung dengan struktur seperti perahu di atas panggung. Desainnya mirip dengan Rumah Gadang Minang. Rumah Lipat Kajang memiliki struktur atap datar dengan ujung-ujungnya yang menyilang membentuk puncak "x" di sudut-sudut atap. Struktur yang lebih besar dengan atap bersudut menyilang serupa disebut Rumah Limas. Jenis atap dan struktur ini sering digunakan di istana raja-raja Melayu serta gedung-gedung pemerintahan. Rumah Limas juga dikenal sebagai rumah tradisional Sumatera Selatan dan Sunda Jawa Barat, meskipun keduanya memiliki nama yang sama "Rumah Limas", desainnya sedikit berbeda. Bangunan pemerintah dan bangunan publik modern sering kali didasarkan pada desain atap gaya Melayu, seperti gedung-gedung pemerintahan di Riau dan Jambi, serta desain atap Muzium Negara di Kuala Lumpur.

Dekorasi

Setiap daerah, negara bagian atau kelompok sub-etnis Melayu memiliki gaya rumah khas daerah atau kelompoknya sendiri dengan detail yang disukai. Namun sebagian besar rumah Melayu memiliki ornamen atap yang khas, yaitu struktur tepi atap yang menyilang membentuk ornamen puncak seperti huruf "x" di tepi atap. Ornamen semacam ini dapat ditemukan pada gaya Lontik, Lipat Kajang dan Limas. Di pantai timur Semenanjung Malaysia, banyak rumah memiliki atap pelana berukir yang khas seperti di Thailand dan Kamboja.

Jenis

  • Rumah limas - Sebagian besar ditemukan di kota Palembang dan berhubungan dengan bangsawan Kesultanan Palembang
  • Rumah Limas - Rumah Limas dengan gaya yang berbeda yang dapat ditemukan di Kepulauan Riau, Johor, Malaka, Pahang, Terengganu, dan Selangor.
  • Rumah Potong Limas - Banyak ditemukan di Kalimantan Barat.
  • Rumah Lipat Kajang atau Rumah Kejang Lako - Banyak ditemukan di Jambi dan Riau.
  • Rumah Melaka - Banyak ditemukan di Johor dan Malaka.
  • Rumah Tiang Dua Belas - Banyak ditemukan di pantai timur Sumatera Utara.
  • Rumah Lancang atau Rumah Lontik - Sebagian besar ditemukan di Kabupaten Kampar, Riau.
  • Rumah Belah Bubung - Banyak ditemukan di Kepulauan Riau.
  • Rumah Kutai - Sebagian besar ditemukan di Perak dan Selangor utara, berdasarkan arsitektur Kutai.
  • Rumah Perabung Lima - Banyak ditemukan di Kelantan dan Terengganu.
  • Rumah Gajah Menyusu - Sebagian besar ditemukan di Penang.
  • Rumah Tiang Dua Belas - Banyak ditemukan di Kelantan, Terengganu dan Pattani.
  • Rumah Bumbung Panjang - Banyak ditemukan di Kedah, Perlis, Perak, Selangor, Johor dan Pahang.
  • Rumah Air - Banyak ditemukan di Brunei dan Labuan.
  • Rumah Berbumbung Lima - Banyak ditemukan di Bengkulu.

Disadiur dari: https://en.wikipedia.org/