Mengenal Lebih dalam Rumah Panjang

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

07 Mei 2024, 08.00

Sumber: en.wikipedia.org

Rumah panjang atau rumah panjang adalah jenis bangunan satu kamar yang panjang dan sempit secara proporsional untuk tempat tinggal bersama. Rumah panjang telah dibangun di berbagai belahan dunia termasuk Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Banyak yang dibangun dari kayu dan sering kali mewakili bentuk paling awal dari struktur permanen di banyak budaya. Jenis-jenisnya meliputi rumah panjang Neolitikum di Eropa, rumah panjang Abad Pertengahan Normandia yang berevolusi di Inggris Barat (Tŷ Hir) dan Prancis Utara (Longère), dan berbagai jenis rumah panjang yang dibangun oleh budaya yang berbeda di antara masyarakat adat di Amerika.

Eropa

Tipe rumah panjang Neolitikum diperkenalkan oleh para petani pertama di Eropa Tengah dan Barat sekitar 5000 SM, 7.000 tahun yang lalu. Ini adalah pemukiman pertanian yang dibangun dalam kelompok enam hingga dua belas rumah panjang; rumah-rumah ini adalah rumah bagi keluarga besar dan kerabat.

Rumah panjang peternak Jerman muncul di sepanjang pantai Laut Utara bagian barat daya pada abad ketiga atau keempat sebelum masehi dan mungkin merupakan nenek moyang dari beberapa jenis rumah abad pertengahan seperti langhus Skandinavia; varian rumah panjang Inggris, Wales, dan Skotlandia; serta rumah Jerman Rendah Jerman dan Belanda. Rumah panjang adalah bentuk hunian tradisional.

Beberapa tipe rumah panjang abad pertengahan Eropa yang masih bertahan adalah:

  • Rumah panjang granit Dartmoor
  • Varian 'rumah panjang Dartmoor' Britania Barat di Devon, Cornwall, dan Wales yang dikenal sebagai Tŷ Hir sering dicirikan dengan penggunaan konstruksi retakan. Rumah panjang ini dibangun di sepanjang lereng dan satu lorong memberikan akses ke tempat berlindung bagi manusia dan hewan di bawah satu atap.
  • Ada lusinan Longhouses sebelum tahun 1600 yang tersisa di Exmoor dan daerah sekitarnya.
  • Beberapa dapat ditentukan tanggalnya dengan menggunakan dendrokronologi hingga sebelum tahun 1400, namun beberapa situs bisa jadi jauh lebih tua dan memiliki nama-nama yang berasal dari bahasa Saxon.
  • Rumah panjang di Exmoor biasanya berupa: -
  • Bangunan satu lantai, dengan satu ruangan, ditata sebagai dua teluk berkerut dengan lorong melintang dan dua teluk berkerut.
  • Ada banyak tempat di dan sekitar Exmoor di mana jika Anda menelusuri aliran sungai hingga ke sumbernya, Anda akan menemukan mata air dan Longhouse yang berdekatan, yang merupakan lokasi yang disukai.
  • Karena kaca tidak tersedia sampai pertengahan abad ke-16, mereka berorientasi longgar ke Timur-Barat dengan bukaan (untuk pintu dan jendela tanpa kaca) hanya di dinding Selatan untuk memberikan perlindungan maksimal dari cuaca terburuk dan menangkap matahari.
  • Mereka sering digali ke dalam lereng bukit,
  • bagian bawah dinding dibentuk dari batu kasar dalam lumpur yang mengarah ke tongkol di atasnya, karena sebelum abad ke-17 semen kapur hampir tidak dikenal.
  • Lantainya tidak dibuat rata. Ternak menggunakan ujung bawah. Sebuah lubang sering disediakan di dasar dinding ujung untuk membuang kotoran.
  • Lorong lintas (sering disalahartikan sebagai jalan angin yang tidak melewati bangunan) membentuk area yang berbeda untuk orang di satu bagian rumah dan ternak di bagian lain, tetapi hanya diperlukan paling lama beberapa bulan di musim dingin.
  • Ada sebuah lubang api, terkadang dengan reredo batu, (Rumah Pertanian Hendre'r-ywydd Uchaf, Denbighshire) yang asapnya membumbung tinggi ke atap dan melewati jerami.
  • Seiring dengan meningkatnya keterampilan dan kekayaan; setelah tahun 1500, banyak yang telah membangun pemukiman, sebagian besar pada tahun 1700 telah diadaptasi dan memiliki: bangunan terpisah untuk ternak, lantai dua, tangga, cerobong asap dengan oven roti, outshut (dapur/lemari besi/pengolahan susu yang hanya dapat diakses dari dalam rumah), jendela berlapis kaca, lantai kapur, dan setidaknya beberapa plesteran dekoratif.
  • Tipe Inggris barat laut di Cumbria.
  • Rumah panjang Skotlandia, "rumah hitam" atau taighean-dubha.
  • Prancis Barat atau maison longue dari Brittany Bawah, Normandia, Mayenne, Anjou (juga di Cantal, Lozère, dan Pyrenees Ariège), sangat mirip dengan tipe Inggris barat dengan tempat ternak bersama dan saluran pembuangan di tengah.
  • Rumah panjang Frisia Kuno atau Langhuis yang berkembang menjadi rumah pertanian Frisia yang mungkin mempengaruhi perkembangan rumah Teluk (Jerman: Gulfhaus), yang menyebar di sepanjang pantai Laut Utara di sebelah timur dan utara.
  • Rumah Skandinavia atau Viking Langhus/Långhus dan aula madu.
  • Perkembangan abad pertengahan dari rumah panjang Jermanik

Perkembangan lebih lanjut dari rumah panjang Jerman selama Abad Pertengahan adalah rumah Jerman Rendah di Jerman utara dan terutama barat laut dan tetangganya di utara, rumah Geestharden di Jutlandia termasuk Schleswig, dengan variannya, rumah Frisian. Pada tipe rumah ini, tiang-tiang kayu yang awalnya ditancapkan ke tanah digantikan oleh tiang-tiang yang ditopang di atas alas. Loteng yang besar dan ditopang dengan baik memungkinkan jerami atau biji-bijian dalam jumlah besar untuk disimpan dalam kondisi kering. Perkembangan ini mungkin didorong karena cuaca menjadi lebih basah dari waktu ke waktu. Contoh-contoh yang baik dari rumah-rumah ini telah dilestarikan, beberapa berasal dari abad ke-16. Rumah panjang itu memiliki panjang 50 hingga 60 kaki.

Amerika

Di Amerika Utara, ada dua kelompok rumah panjang yang muncul: rumah panjang penduduk asli Amerika / Bangsa Pertama dari suku-suku yang biasanya terhubung dengan Iroquois (Haudenosaunee) di timur laut, dan struktur berbentuk serupa yang muncul secara independen di antara penduduk asli di Pesisir Barat Laut Pasifik.

Rumah panjang yang dihuni oleh suku Iroquois adalah bangunan dari papan kayu/kulit kayu dengan desain standar "berbentuk punjung" dengan lebar sekitar 6 hingga 7 meter (20 hingga 23 kaki) yang menyediakan tempat berlindung bagi beberapa keluarga. Rumah panjang memiliki lorong tengah selebar 3 meter (9,8 kaki) dan kompartemen selebar 2 meter (6,6 kaki), dengan panjang sekitar 6 hingga 7 meter (20 hingga 23 kaki), di setiap sisinya. Kompartemen akhir biasanya digunakan untuk penyimpanan. Perapian berjarak sekitar 6 hingga 7 meter (20 hingga 23 kaki) di sepanjang lorong, dengan lubang asap di atap. Dua keluarga berbagi perapian. Setiap rumah panjang akan menjadi rumah bagi beberapa generasi keluarga besar; sebuah rumah dibangun secara proporsional dengan jumlah keluarga yang diharapkan untuk ditampung dan mungkin akan diperpanjang dari waktu ke waktu untuk mengakomodasi pertumbuhan. Jumlah penduduk kota Iroquois dapat diketahui dari ukuran dan jumlah rumah panjang yang ada di dalamnya.

Di Amerika Selatan, masyarakat Tucano di Kolombia dan barat laut Brasil secara tradisional menggabungkan rumah tangga dalam satu rumah panjang. Masyarakat Xingu di Brasil tengah membangun serangkaian rumah panjang dalam formasi melingkar yang membentuk desa-desa bundar. Masyarakat Tupi kuno di pantai Brasil juga melakukan hal yang sama. Orang Yanomami di Brasil dan Venezuela membangun gubuk bundar dengan atap jerami yang memiliki lubang di tengahnya, yang disebut shabono, yang dapat dianggap sebagai semacam rumah panjang.

Asia

Di Daepyeong, sebuah situs arkeologi dari periode tembikar Mumun di Korea, telah ditemukan rumah panjang yang berasal dari sekitar tahun 1100-850 SM. Tata letaknya tampaknya mirip dengan rumah-rumah suku Iroquois. Di dalamnya, beberapa perapian disusun di sepanjang sumbu memanjang bangunan. Kemudian, orang Korea kuno mulai meninggikan bangunan mereka di atas panggung, sehingga partisi dan pengaturan bagian dalam agak tidak jelas. Ukuran bangunan dan penempatannya di dalam pemukiman mungkin menunjukkan bangunan untuk para bangsawan di masyarakat mereka atau semacam bangunan komunitas atau keagamaan. Di Igeum-dong, sebuah situs penggalian di Korea Selatan, rumah-rumah panjang yang besar, dengan panjang 29 dan 26 meter, terletak di antara pemakaman megalitikum dan pemukiman lainnya.

  • Taiwan

Rumah panjang mungkin merupakan tradisi bangunan tua di antara orang-orang yang berasal dari Austronesia atau kontak intensif. Kelompok bahasa Austronesia tampaknya telah menyebar ke Asia Tenggara dan pulau-pulau Pasifik serta Madagaskar dari pulau Taiwan. Kelompok-kelompok seperti Siraya di Taiwan kuno membangun rumah panjang dan mempraktikkan perburuan kepala, seperti yang dilakukan, misalnya, oleh orang Dayak di Kalimantan.

  • Kalimantan

Banyak penduduk pulau Kalimantan di Asia Tenggara (sekarang Kalimantan Indonesia, Malaysia Timur, dan Brunei Darussalam), Dayak, tinggal secara tradisional di bangunan yang dikenal sebagai Rumah Lamin atau rumah panjang: rumah betang di Indonesia dan rumah panjang dalam bahasa Melayu. Umumnya rumah-rumah ini dibangun di atas tanah di atas panggung dan dibagi menjadi area publik di satu sisi dan deretan tempat tinggal pribadi yang berjejer di sisi lainnya. Tampaknya ini adalah cara membangun yang paling sesuai dengan kehidupan di hutan di masa lalu, karena jika tidak, orang-orang yang tidak memiliki hubungan kekerabatan tidak akan membangun tempat tinggal mereka dengan cara yang sama. Kita dapat melihat kemiripan dengan desa-desa hutan Amerika Selatan yang juga tinggal di bangunan tunggal yang besar. Mereka ditinggikan dan dibangun di atas bukit, banjir hanya menimbulkan sedikit ketidaknyamanan dan ketinggiannya berfungsi sebagai pertahanan terhadap serangan musuh. Beberapa rumah panjang cukup besar; hingga 1152m.

Seluruh arsitekturnya dirancang dan dibangun sebagai pohon yang berdiri dengan cabang-cabang di kanan dan kiri dengan bagian depan menghadap ke arah matahari terbit sementara bagian belakang menghadap ke arah matahari terbenam. Bangunan rumah panjang berfungsi sebagai akomodasi normal dan rumah ibadah untuk kegiatan keagamaan. Pintu masuknya bisa berfungsi ganda sebagai dermaga kano. Udara sejuk dapat bersirkulasi di bawah lantai yang ditinggikan dari hunian, dan ruang keluarga yang ditinggikan lebih mungkin untuk menangkap angin di atas tanah. Ternak dapat berlindung di bawah rumah panjang untuk perlindungan yang lebih baik dari predator dan elemen-elemen. Bahkan, kandang ayam digantung pada struktur ruang utama agar mudah diberi makan.

Rumah panjang tua di Asia terbuat dari batang pohon sebagai anggota struktur, daun panjang sebagai penutup atap, bambu yang dibelah atau batang pohon kecil sebagai lantai dan kulit pohon sebagai penutup dinding. Di masa lalu, rumah panjang terutama terbuat dari kayu yang bersumber dari pohon seperti Eusideroxylon zwageri (kayu ulin Kalimantan) sehingga rumah panjang dapat berdiri kokoh dan tahan lama. Di zaman modern ini, banyak rumah panjang yang lebih tua telah digantikan dengan bangunan yang menggunakan bahan yang lebih modern, seperti batu bata atau semen, namun dengan desain yang serupa.

Banyak nama tempat di Kalimantan yang memiliki kata "Long" di belakang namanya (yang berarti sungai) dan sebagian besar di antaranya adalah atau pernah menjadi rumah panjang.

  • Siberut

Uma, rumah komunal tradisional suku Sakuddei di pulau Siberut, bagian dari Kepulauan MentawaiSebuah tipe rumah tradisional masyarakat Sakuddei, di pulau Siberut, bagian dari Kepulauan Mentawai, sekitar 130 kilometer (81 mil) ke arah barat di lepas pantai Sumatra (Sumatera), Indonesia juga digambarkan sebagai rumah panjang di atas panggung. Sekitar lima hingga sepuluh keluarga mungkin tinggal di dalamnya, tetapi mereka diatur secara berbeda dengan rumah-rumah di Kalimantan. Dari depan ke belakang, rumah seperti itu, yang disebut "uma", biasanya terdiri dari panggung terbuka yang berfungsi sebagai tempat masuk utama, diikuti oleh galeri tertutup.

Bagian dalam dibagi menjadi dua ruangan, satu di belakang yang lain. Di bagian belakang ada platform lain. Seluruh bangunan ditinggikan di atas panggung pendek sekitar setengah meter dari permukaan tanah. Panggung depan digunakan untuk kegiatan umum, sementara galeri tertutup adalah tempat favorit bagi para pria untuk menjamu tamu, dan tempat para pria biasanya tidur. Ruang pertama berikutnya dimasuki oleh sebuah pintu dan berisi perapian komunal pusat dan tempat untuk menari. Ada juga tempat untuk benda-benda dan kegiatan keagamaan dan ritual. Di ruang sebelahnya, para wanita dan anak-anak mereka yang masih kecil serta anak perempuan yang belum menikah tidur, biasanya di kompartemen-kompartemen yang terbagi dalam beberapa keluarga. Pelataran di bagian belakang digunakan oleh para wanita untuk kegiatan sehari-hari. Para wanita yang berkunjung biasanya masuk ke dalam rumah di sini.

  • Vietnam

Suku Mnong dan Rade di Vietnam juga memiliki tradisi membangun rumah panjang (bahasa Vietnam: nhà dài) yang panjangnya bisa mencapai 30 hingga 40 meter (98 hingga 131 kaki). Berbeda dengan versi hutan Kalimantan, rumah-rumah ini menggunakan panggung yang lebih pendek dan tampaknya menggunakan beranda di depan sisi pendek (atap pelana) sebagai pintu masuk utama.

  • Nepal

Rana Tharu adalah sebuah kelompok etnis yang berasal dari Terai barat Nepal. Kebanyakan dari mereka lebih suka tinggal di rumah panjang yang disebut Badaghar dengan keluarga besar yang terdiri dari beberapa generasi, terkadang 40-50 orang. Semua anggota rumah tangga menyatukan tenaga kerja mereka, menyumbangkan pendapatan mereka, berbagi pengeluaran dan menggunakan satu dapur. Secara tradisional, rumah-rumah mereka dibangun sepenuhnya menggunakan bahan-bahan alami seperti tiang alang-alang untuk dinding dan jerami untuk atap.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/