Mengenal Bangunan Katedral Jakarta

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

13 Mei 2024, 09.53

Sumber: en.wikipedia.org

Katedral Jakarta (bahasa Indonesia: Gereja Katedral Jakarta, bahasa Belanda: Kathedraal van Jakarta) adalah sebuah katedral Katolik Roma di Jakarta, Indonesia, yang juga merupakan tempat kedudukan uskup agung Katolik Roma di Jakarta, yang saat ini dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Nama resminya adalah Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga, yang diambil dari nama aslinya dalam bahasa Belanda, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming (bahasa Indonesia: Gereja Bunda Maria Diangkat ke Surga). Katedral yang sekarang ini ditahbiskan pada tahun 1901 dan dibangun dengan gaya neo-Gotik, sebuah gaya arsitektur yang umum digunakan untuk membangun gereja pada masa itu. Katedral Jakarta terletak di Jakarta Pusat dekat dengan Lapangan Merdeka dan Istana Merdeka, tepat di depan katedral berdiri Masjid Istiqlal.

Sejarah

Setelah kedatangan VOC pada tahun 1619, Gereja Katolik Roma dilarang di Hindia Belanda dan hanya terbatas di Flores dan Timor. Belanda dikenal mendukung agama Protestan dan berusaha membatasi pengaruh dan otoritas Tahta Suci. Selama Perang Revolusi Prancis dan Perang Napoleon, Belanda, termasuk Hindia Belanda dan koloni-koloninya yang lain, berada di bawah kendali Revolusi Prancis dan kemudian Kekaisaran Prancis. Pada tahun 1806, Napoleon melantik adiknya yang beragama Katolik, Louis Napoleon (bahasa Belanda: Lodewijk), sebagai Raja Belanda. Sejak saat itu, Gereja Katolik bebas beroperasi di Hindia Belanda.

Komisaris Jenderal Batavia, Du Bus de Gisignies (1825-1830), berjasa dalam menyediakan tanah untuk membangun gereja Katolik pertama di Batavia. Bekas kediaman Jenderal de Kock di daerah Weltevredeen direnovasi menjadi gereja. Monseigneur Prinsen memberkati dan meresmikan gereja tersebut pada tanggal 6 November 1829 dan menamainya "Bunda Maria Diangkat ke Surga." Gereja ini direnovasi pada tahun 1859, namun runtuh pada 9 April 1890.

Gereja yang sekarang adalah bangunan yang dibangun kembali antara tahun 1891 dan 1901. Pastor Antonius Dijkmans, SJ ditunjuk sebagai arsiteknya. Pembangunan sempat terhenti karena kurangnya dana, namun uskup baru gereja, Mgr E. S. Luypen, SJ, menggalang dana yang diperlukan di Belanda, dan arsitek MJ Hulswit melanjutkan pembangunan pada tahun 1899. "De Kerk van Onze Lieve Vrowe ten Hemelopneming - Gereja Bunda Maria Diangkat ke Surga" diberkati dan diresmikan oleh Mgr Edmundus Sbrandus Luypen, SJ pada tanggal 21 April 1901. Gereja ini direnovasi antara tahun 1988 dan 2002.

Arsitektur

Denah katedral berbentuk salib dengan panjang 60 meter dan lebar 10 meter, ditambah 5 meter di setiap lorong. Disebut katedral karena di dalamnya terdapat "cathedra", singgasana uskup. Pintu masuk utama bangunan ini menghadap ke barat. Di trumeau portal utama berdiri patung Bunda Maria, sementara di atas portal terdapat kalimat yang ditulis dalam bahasa Latin: "Beatam Me Dicentes Omnes Generationes" yang berarti "Semua generasi akan menyebut saya diberkati". Selain itu, terdapat kaca patri bundar besar Rozeta Rosa Mystica, yang merupakan simbol Bunda Maria.

Ada tiga menara utama di Katedral Jakarta: dua menara tertinggi memiliki tinggi 60 meter dan terletak di depan di setiap sisi portal. Menara utara disebut Turris Davidica, atau "Menara Daud"-sebuah gelar kebaktian kepada Maria yang melambangkan Maria sebagai tempat perlindungan dan pelindung dari kuasa kegelapan. Menara selatan, juga setinggi 60 meter, disebut "Menara Gading", yang putih dan kemurnian gading menggambarkan kemurnian Perawan Maria. Di Menara Gading, terdapat jam tua yang masih berfungsi dan juga lonceng gereja. Puncak menara ketiga menjulang di atas persimpangan salib atap dengan tinggi 45 meter dari permukaan tanah, dan disebut "Menara Angelus Dei".

Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai atas dapat dicapai dari tangga di menara utara. Awalnya, lantai dua digunakan sebagai tempat paduan suara selama misa, tetapi karena katedral ini sudah cukup tua, dikhawatirkan bangunan tidak dapat menopang beban terlalu banyak orang di lantai atas. Saat ini, lantai atas berfungsi sebagai Museum Katedral Jakarta, yang menyimpan benda-benda peninggalan ritual Katolik, seperti cawan perak, topi, dan jubah Hindia Belanda serta uskup agung dan kardinal Indonesia. Museum ini juga menampilkan sejarah agama Katolik Roma di Indonesia.

Di sisi selatan, terdapat patung Pietà, yang menggambarkan kesedihan Bunda Maria saat memeluk tubuh Yesus Kristus setelah penyaliban. Dinding yang mengelilingi bagian dalam memiliki beberapa adegan yang menggambarkan Jalan Salib. Katedral ini memiliki empat mimbar untuk layanan pengakuan dosa, dua di setiap sisi. Di bagian tengah, terdapat podium kayu yang ditinggikan dengan atap berbentuk kerang untuk memantulkan suara. Podium ini dipasang pada tahun 1905 dan menampilkan gambar Neraka di sisi bawah, sementara gambar khotbah Yesus dan adegan lainnya berada di sisi tengah. Bagian atas podium menampilkan pemandangan Surga yang dihiasi dengan malaikat bersayap. Di sisi selatan, terdapat sebuah organ besar bergaya neo-Gotik yang dibuat di Verschueren, Belgia, yang kemudian dipindahkan dan dipasang di Jakarta pada tahun 1988. Organ ini diambil dari desa Amby di dekat Maastricht.

Ada tiga altar di katedral ini: di sisi kiri adalah "Altar Santa Maria", untuk merayakan pengangkatan Maria ke Surga. Altar ini dibuat pada tahun 1915 oleh Atelier Ramakers. Di sisi kanan adalah "Altar Santo Yosef", yang selesai dibangun pada bulan Mei 1922. Tahta uskup, yang disebut katedral, terletak di sisi kiri dengan tiga singgasana. Altar utama yang terletak di tengah dibuat pada abad ke-19 di Belanda. Altar ini dipindahkan dari sebuah gereja Yesuit di Groningen pada tahun 1956. Di altar ini terdapat salib utama Yesus dan tabernakel.

Tubuh bangunan terbuat dari batu bata merah tebal yang dilapisi plester dan diaplikasikan dengan pola untuk meniru konstruksi batu alam. Dinding yang besar dibuat untuk menopang balok-balok kayu jati yang membentang lebar pada konstruksi atap. Bagian atas menara terbuat dari rangka besi, sedangkan atapnya terbuat dari konstruksi kayu jati. Besi dan kayu tidak cocok karena bahan arsitektur neo-Gotik yang khas biasanya menggunakan pasangan batu. Namun, bahan-bahan tersebut dipilih karena relatif lebih ringan dibandingkan pasangan batu, mengingat Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa.

Musik

Ada sebuah piano, dua electone, dan dua organ pipa yang dapat dimainkan.

  • Organ pipa

Di atas panggung yang ditinggikan di transept selatan terdapat sebuah organ yang dibuat oleh George Verschueren dari Tongeren, Belgia, yang dibangun pada tahun 1988. Tuts-tuts disusun di setiap sisi meja tuts dan tiupan diaktifkan dari tuts di sisi kiri. Tuts manual terdiri dari empat oktaf dan papan pedal datar dua setengah oktaf. Pagar loteng organ dan selubung organ mencerminkan sifat gotik katedral dan semua kayu diwarnai agar sesuai dengan kayu yang ada di gereja. Pipa-pipa disajikan dalam bentuk datar dengan menara pusat yang besar dan dua menara kecil yang mengapit di sisi kiri dan kanan kotak organ.

Daftar nada dari organ ini adalah:

Manual I (56 nada/4 oktaf)

  • Gamba 8'
  • Bourdon 8'
  • Flute 8'
  • Nazard 2 2/3'
  • Gemshorn 2'
  • Terompet 8'

Manual II (56 nada/4 oktaf)

  • Bourdon 16'
  • Buka Diapason 8'
  • Menghentikan Diapason 8'
  • Oktaf 4'
  • Kelimabelas 2'
  • Sesquieltera rk Bass
  • Sesquieltera rk Treble
  • Peringkat Campuran IV

Pedal (30 nada/2 1/2 oktaf)

  • Subbass 16'
  • Kayu Terbuka 8'

Penggandeng

  • I + II
  • P + I
  • P + II

Disadur: https://en.wikipedia.org/