Mengenali Sejarah Arsitektur

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

06 Mei 2024, 14.07

Florence Cathedral - Wikipedia

Arsitektur bukan sekadar seni dan teknik merancang serta membangun, melainkan juga proses dan hasil dari menyusun, membayangkan, merencanakan, merancang, dan membangun bangunan atau struktur lainnya. Istilah ini berasal dari bahasa Latin "architectura," dan memiliki akar kata dalam bahasa Yunani Kuno, yaitu ἀρχιτέκτων (arkhitéktōn), yang artinya 'arsitek'; terdiri dari ἀρχι- (arkhi-) yang berarti 'kepala', dan τέκτων (téktōn) yang berarti 'pencipta'. Karya arsitektur, dalam bentuk fisik bangunan, sering kali dianggap sebagai simbol budaya dan seni, mengidentifikasi peradaban dengan prestasi arsitektur mereka yang masih dapat kita saksikan.

Praktik arsitektur, yang dimulai pada masa prasejarah, telah menjadi cara yang sangat esensial untuk mengekspresikan budaya di seluruh tujuh benua. Karenanya, arsitektur dianggap sebagai bentuk seni. Teks-teks mengenai arsitektur telah ada sejak zaman kuno, dan salah satu contoh tertua adalah traktat De architectura karya arsitek Romawi Vitruvius pada abad ke-1 Masehi. Vitruvius menyatakan bahwa bangunan yang baik harus mencakup unsur firmitas (kekutan), utilitas (kegunaan), dan venustas (keindahan). Konsep ini kemudian dikembangkan oleh tokoh seperti Leon Battista Alberti, yang melihat keindahan sebagai kualitas objektif yang terdapat dalam proporsi bangunan.

Dalam abad ke-19, Louis Sullivan menegaskan prinsip "bentuk mengikuti fungsi," di mana "fungsi" tidak hanya mencakup aspek praktis, tetapi juga dimensi estetika, psikologis, dan budaya. Gagasan arsitektur berkelanjutan baru diperkenalkan pada akhir abad ke-20, menyoroti pentingnya keberlanjutan dalam merancang bangunan. Selama perjalanan sejarah, arsitektur berkembang dari arsitektur vernakular lisan pedesaan menjadi ekspresi yang sukses dan diterapkan dalam konteks perkotaan. Pergeseran fokus dari pembangunan struktur keagamaan menuju kebajikan sipil di Yunani dan Romawi serta pengaruh arsitektur India, Tiongkok, dan Buddha di seluruh Asia menandai evolusi kreatif arsitektur. Di Abad Pertengahan, muncul gaya-gaya Romanesque dan Gothic, dan pada masa Renaisans, bentuk-bentuk Klasik menjadi favorit, diimplementasikan oleh arsitek yang dikenal dengan namanya.

Pada era modern, setelah Perang Dunia I, arsitektur mengalami transformasi sebagai gerakan avant-garde yang mencari menciptakan gaya baru yang sepenuhnya sesuai dengan tatanan sosial dan ekonomi pasca-perang. Perhatian utama diberikan pada teknik modern, bahan, dan bentuk geometris yang sederhana, membuka jalan bagi kemunculan struktur super tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak arsitek merasa kecewa dengan pendekatan modernisme yang dianggapnya kurang memperhatikan sejarah dan keindahan, sehingga muncullah arsitektur postmodern dan kontemporer yang mengeksplorasi beragam gaya dan konsep. Sejak itu, bidang konstruksi arsitektural telah berkembang untuk mencakup berbagai hal, mulai dari desain kapal hingga dekorasi interior, mencerminkan keragaman dan evolusi seni arsitektur.

Teori

Sebuah subbidang filsafat seni, filsafat arsitektur mengkaji nilai estetika, semantik, dan evolusi budaya arsitektur. Dari Plato hingga Michel Foucault, Gilles Deleuze, Robert Venturi, dan Ludwig Wittgenstein, sejumlah filsuf dan ahli teori telah membahas esensi arsitektur dan pertanyaan apakah arsitektur dapat dipisahkan dari bangunan.

Vitruvius percaya bahwa seorang arsitek harus melakukan segala upaya untuk mencapai ketiga kualitas tersebut. Dalam disertasinya De re aedificatoria, Leon Battista Alberti memperluas konsep Vitruvius dan percaya bahwa proporsi adalah faktor utama keindahan, sedangkan ornamen juga penting. Alberti percaya bahwa Golden mean, bentuk manusia yang diidealkan, berpedoman pada hukum proporsi. Oleh karena itu, komponen kecantikan yang paling penting didasarkan pada fakta-fakta yang diakui secara universal dan merupakan ciri intrinsik suatu benda, bukan sesuatu yang hanya diterapkan secara topikal. Tulisan Giorgio Vasari pada abad ke-16 menandai berkembangnya konsep gaya dalam seni. Nya Kehidupan Pelukis, Pematung, dan Arsitek Paling Unggul telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Italia, Prancis, dan Spanyol pada abad kedelapan belas.

Tutte L'Opere D'Architettura et Prospetiva (Karya Lengkap tentang Arsitektur dan Perspektif) ditulis pada abad ke-16 oleh arsitek, pelukis, dan ahli teori Mannerist Italia Sebastiano Serlio. Menjadi buku pegangan pertama yang mendeskripsikan lima tatanan dan menekankan unsur praktis daripada unsur akademis arsitektur, karya ini berdampak besar di seluruh Eropa.

Contrasts (1836), yang ditulis oleh Augustus Welby Northmore Pugin pada awal abad ke-19, mengkontraskan gambaran ideal dunia neo-abad pertengahan dengan dunia industri kontemporer yang direndahkannya. Pugin berpendapat bahwa gaya Gotik adalah satu-satunya "bentuk arsitektur Kristen sejati". John Ruskin, seorang kritikus seni Inggris dari abad ke-19, memiliki definisi arsitektur yang jauh lebih terbatas dalam bukunya tahun 1849, Seven Lamps of Architecture. "Seni yang mengatur dan menghiasi bangunan-bangunan yang didirikan oleh manusia... sehingga ketika melihatnya" menambah "kesehatan mental, kekuatan, dan kesenangannya" dikenal sebagai arsitektur. Dalam benak Ruskin, estetika adalah yang terpenting. Menurut penelitian lebih lanjutnya, sebuah bangunan sebenarnya bukanlah sebuah karya arsitektur sampai ia “dihiasi” dengan cara tertentu. Bagi Ruskin, kursus pengusiran ke desa atau tali adalah hal minimum untuk struktur yang dibangun dengan baik, proporsional, dan efisien.

Le Corbusier, seorang arsitek terkenal abad ke-20, mengungkapkan hal berikut tentang perbedaan antara bangunan dan arsitektur: "Anda menggunakan bahan-bahan seperti batu, kayu, dan beton untuk membuat rumah dan kastil; itulah konstruksi. Kreativitas sedang beraksi. Namun tiba-tiba, Anda menghubungi saya dan membantu saya. Ini bagus sekali, dan saya mengatakannya dengan gembira. "Itulah arsitektur." dikatakan telah mengklaim bahwa "arsitektur dimulai ketika Anda dengan hati-hati menyatukan dua batu bata." Di situlah semuanya dimulai.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org