Manajemen Rekayasa: Memahami Karier dan Pendidikan di Bidang Teknik dan Bisnis

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

15 Mei 2024, 11.32

Sumber: freepik

Manajemen teknik atau Teknik Manajemen adalah teknik terapan. Ini adalah penerapan metode, alat, dan teknik teknik yang diterapkan pada sistem manajemen bisnis. Manajemen teknik adalah karier yang menyatukan kemampuan pemecahan masalah teknologi dari teknik dan kemampuan organisasi, administrasi, hukum, dan perencanaan manajemen untuk mengawasi kinerja operasional perusahaan yang digerakkan oleh teknik yang kompleks. Posisi karier meliputi manajer teknik, insinyur proyek, insinyur produk, insinyur servis, insinyur proses, insinyur peralatan, insinyur pemeliharaan, insinyur lapangan, insinyur penjualan teknis, insinyur kualitas dan keselamatan. Universitas menawarkan gelar sarjana di bidang manajemen teknik.

Program-programnya meliputi mata kuliah seperti manajemen teknik, manajemen proyek, manajemen operasi, logistik, manajemen rantai pasokan, hukum teknik, rekayasa nilai, kontrol kualitas, jaminan kualitas, six sigma, manajemen kualitas, rekayasa keselamatan, rekayasa sistem, kepemimpinan dan etika teknik, akuntansi, desain teknik terapan, statistik bisnis dan kalkulus. Gelar Master of Engineering Management (MEM) terkadang dibandingkan dengan gelar Master of Business Administration (MBA) bagi para profesional yang mencari gelar pascasarjana sebagai kredensial kualifikasi untuk berkarir di bidang manajemen teknik.

Sejarah

Stevens Institute of Technology diyakini memiliki departemen manajemen teknik tertua, yang didirikan sebagai School of Business Engineering pada tahun 1908. Program ini kemudian disebut program Bachelor of Engineering in Engineering Management (BEEM) dan pindah ke School of Systems and Enterprises. Syracuse University mendirikan gelar sarjana manajemen teknik pertama di Amerika Serikat, yang pertama kali ditawarkan pada tahun 1957. Pada tahun 1967, departemen universitas pertama yang secara eksplisit diberi nama "Manajemen Teknik" didirikan di Universitas Sains dan Teknologi Missouri (Missouri S&T, sebelumnya University of Missouri-Rolla, sebelumnya Missouri School of Mines). Pada tahun 1959, Western Michigan University mulai menawarkan pendahulu gelar sarjana manajemen teknik modern (berjudul "Pengawasan Industri") dan pada tahun 1977, Western Michigan University memulai gelar MS di bidang Administrasi Manufaktur, yang kemudian diubah namanya menjadi Manajemen Teknik.

Di luar Amerika Serikat, di Jerman, departemen pertama yang berkonsentrasi pada Manajemen Rekayasa didirikan pada tahun 1927 di Universitas Teknik Berlin. Di Turki, Universitas Teknik Istanbul memiliki Departemen Teknik Manajemen yang didirikan pada tahun 1982, menawarkan sejumlah program pascasarjana dan sarjana di bidang Teknik Manajemen (dalam bahasa Inggris).[6] Di Inggris, University of Warwick memiliki departemen khusus WMG (sebelumnya dikenal sebagai Grup Manufaktur Warwick) yang didirikan pada tahun 1980, yang menawarkan program pascasarjana di bidang MSc Manajemen Bisnis Teknik.

Michigan Technological University memulai program Manajemen Rekayasa di Sekolah Bisnis & Ekonomi pada musim gugur 2012. Di Kanada, Memorial University of Newfoundland telah memulai program gelar master lengkap di bidang Manajemen Rekayasa. Di Denmark, Universitas Teknik Denmark menawarkan program MSc dalam Manajemen Teknik (dalam bahasa Inggris).

Di Pakistan, Universitas Teknik dan Teknologi, Taxila, Universitas Teknik dan Teknologi, Lahore dan Universitas Sains dan Teknologi Nasional (NUST) menawarkan penerimaan di tingkat Master dan Doktoral dalam Manajemen Teknik, sementara Capital University of Science & Technology (CUST), Universitas Sains dan Teknologi NED, Karachi dan Institut Ilmu dan Teknologi Teknik Ghulam Ishaq Khan telah menjalankan program Magister Teknik/MS dalam Manajemen Teknik. Varian dari program ini adalah Manajemen Kualitas. COMSATS (CIIT) menawarkan program MSc Manajemen Proyek kepada warga Pakistan lokal dan luar negeri sebagai mahasiswa di dalam dan di luar kampus.

Di Italia, program Manajemen Rekayasa pertama didirikan pada tahun 1972 di Universitas Calabria oleh Beniamino Andreatta. Politecnico di Milano menawarkan gelar di bidang Teknik Manajemen, di antara banyak universitas negeri atau swasta (dan terakreditasi publik) lainnya yang termasuk dalam klasifikasi gelar akademis pasca-sekolah menengah yang sama.

Di Maroko, École Nationale Supérieure des Mines de Rabat menawarkan gelar Manajemen Teknik (tiga tahun studi penuh waktu dengan penerimaan selektif untuk pemegang gelar Ahli Madya atau sarjana). Gelar yang ditawarkan disebut sebagai Diplôme d'Ingénieur dan setara dengan gelar Master. Di Rusia, sejak tahun 2014, Fakultas Manajemen Teknik Akademi Kepresidenan Rusia untuk Ekonomi Nasional dan Administrasi Publik (RANEPA) menawarkan gelar sarjana dan magister di bidang Manajemen Teknik. Di Prancis, EPF akan menawarkan, mulai Januari 2018, jurusan Teknik & Manajemen 2 tahun dalam bahasa Inggris untuk tahun ke-4 dan ke-5 dari gelar master Teknik 5 tahun. Dua tahun terakhir terbuka untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan gelar sarjana teknik di tempat lain.

Bidang-bidang praktik

Manajemen Teknik adalah bidang yang luas dan dapat mencakup berbagai topik teknis dan manajerial. Sumber daya yang penting adalah Badan Pengetahuan Manajemen Teknik (Engineering Management Body of Knowledge, EMBoK). Topik-topik di bawah ini mewakili topik-topik umum di bidang ini.

  • Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

Kepemimpinan dan manajemen organisasi berkaitan dengan keterampilan yang melibatkan arah positif organisasi teknis dan motivasi karyawan. Seringkali seorang manajer harus membentuk kebijakan teknik dalam suatu organisasi.

  • Operasi, riset operasi, dan rantai pasokan

Manajemen operasi berkaitan dengan merancang dan mengendalikan proses produksi dan mendesain ulang operasi bisnis dalam produksi barang atau jasa. Riset operasi berkaitan dengan model kuantitatif dari operasi yang kompleks dan menggunakan model-model ini untuk mendukung pengambilan keputusan di sektor industri atau layanan publik. Manajemen rantai pasokan adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan aliran barang, jasa, dan informasi terkait dari titik asal ke titik konsumsi.

Hukum teknik dan undang-undang terkait sangat penting untuk praktik manajemen dan teknik. Undang-undang teknik menjadikan teknik sebagai aktivitas yang terkendali dan manajer teknik harus mengetahui undang-undang mana yang berlaku untuk praktik mereka. Kode etik dapat diabadikan dalam undang-undang. Pelanggaran dan kelalaian profesional didefinisikan dalam hukum. Seorang manajer teknik harus berlisensi sebagai insinyur dan mungkin memiliki insinyur, teknisi, dan ilmuwan alam yang melapor kepadanya. Memahami bagaimana insinyur berlisensi mengawasi teknisi dan ilmuwan yang tidak berlisensi sangat penting untuk praktik yang aman. Seorang manajer teknik harus selalu menggunakan undang-undang keteknikan untuk menolak tekanan jadwal atau tekanan anggaran untuk memastikan keselamatan publik.

Memperkenalkan dan memanfaatkan teknologi baru merupakan cara utama untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas dalam rekayasa produksi. Tema Manajemen Teknologi (MOT) dibangun di atas fondasi topik manajemen di bidang akuntansi, keuangan, ekonomi, perilaku organisasi, dan desain organisasi. Mata kuliah dalam tema ini membahas masalah operasional dan organisasi yang berkaitan dengan pengelolaan inovasi dan perubahan teknologi.

  • Pengembangan produk baru dan rekayasa produk

Pengembangan produk baru (NPD) adalah proses lengkap untuk membawa produk baru ke pasar. Rekayasa produk mengacu pada proses merancang dan mengembangkan perangkat, perakitan, atau sistem sedemikian rupa sehingga dapat diproduksi sebagai barang untuk dijual melalui beberapa proses produksi manufaktur. Rekayasa produk biasanya mencakup aktivitas yang berhubungan dengan masalah biaya, kemampuan produksi, kualitas, kinerja, keandalan, kemudahan servis, masa pakai, dan fitur pengguna. Teknik manajemen proyek digunakan untuk mengelola desain dan kemajuan pengembangan menggunakan model gerbang fase dalam proses pengembangan produk. Desain untuk kemampuan manufaktur (juga kadang-kadang dikenal sebagai desain untuk manufaktur atau DFM) adalah seni rekayasa umum untuk merancang produk sedemikian rupa sehingga mudah diproduksi.

  • Rekayasa sistem

Rekayasa sistem adalah bidang interdisipliner dari manajemen teknik dan rekayasa yang berfokus pada cara merancang dan mengelola sistem yang kompleks selama siklus hidupnya.

  • Teknik industri

Teknik industri adalah cabang teknik yang berhubungan dengan optimalisasi proses, sistem, atau organisasi yang kompleks. Insinyur industri bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, uang, material, jam kerja, waktu mesin, energi, dan sumber daya lainnya yang tidak menghasilkan nilai.

Ilmu manajemen menggunakan berbagai prinsip, strategi, dan metode analisis berbasis penelitian ilmiah termasuk pemodelan matematika, statistik, dan algoritme numerik untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam membuat keputusan manajemen yang rasional dan bermakna dengan menghasilkan solusi yang optimal atau mendekati optimal untuk masalah keputusan yang kompleks.

  • Manajemen desain teknik

Manajemen desain perekayasaan merupakan adaptasi dan penerapan praktik manajemen yang lazim, dengan tujuan mencapai proses desain perekayasaan yang produktif. Manajemen desain rekayasa terutama diterapkan dalam konteks tim desain rekayasa, di mana kegiatan, keluaran dan pengaruh tim desain direncanakan, dipandu, dipantau dan dikendalikan.

  • Budaya keselamatan faktor manusia

Hal yang sangat penting bagi keberhasilan manajemen dalam bidang rekayasa adalah studi tentang faktor manusia dan budaya keselamatan yang terlibat dalam tugas-tugas yang sangat kompleks di dalam organisasi, baik besar maupun kecil. Dalam sistem rekayasa yang kompleks, budaya keselamatan faktor manusia dapat menjadi sangat penting dalam mencegah terjadinya bencana dan meminimalkan tingkat bahaya yang terealisasi. Area kritis dari budaya keselamatan adalah meminimalkan penghindaran kesalahan, meminimalkan jarak kekuasaan, toleransi ambiguitas yang tepat dan meminimalkan budaya penyembunyian. Meningkatkan empati organisasi dan kemampuan untuk melaporkan masalah dengan jelas ke atas rantai manajemen adalah penting untuk keberhasilan program rekayasa.

Pendidikan

Program manajemen teknik biasanya mencakup pengajaran di bidang akuntansi, ekonomi, keuangan, manajemen proyek, rekayasa sistem, teknik industri, pemodelan dan optimasi matematika, sistem informasi manajemen, kontrol kualitas & six sigma, manajemen operasi, riset operasi, manajemen sumber daya manusia, psikologi industri, keselamatan dan kesehatan. Ada banyak pilihan untuk masuk ke dalam manajemen teknik, meskipun persyaratan dasarnya adalah lisensi teknik. 
 

Disadur dari: en.wikipedia.org