Teknik Sistem dan Teknik Industri

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

09 Mei 2024, 09.38

sumber: pinterest.com

Rekayasa Sistem (SE) tumpang tindih dengan banyak bidang, seperti Teknik Industri (IE), Manajemen Rekayasa, Riset Operasi, Manajemen Proyek, dan Rekayasa Desain. Faktanya, badan pengetahuan utama Teknik Industri, yang disebut Industrial and Systems Engineering Body of Knowledge (ISEBoK) (IISE 2021), menyertakan kata “sistem” dalam judulnya dan menyertakan bagian tentang desain dan rekayasa sistem, yang merujuk pada SEBoK. Artikel ini menjelaskan persamaan dan perbedaan antara SE dan IE berdasarkan standar, buku pedoman, dan badan pengetahuan masing-masing. Berdasarkan penilaian ini, artikel ini menjelaskan peran potensial yang dilakukan oleh insinyur sistem dan insinyur industri selama siklus hidup sistem.

Pendahuluan

Ketika insinyur sistem dan insinyur industri berada dalam organisasi yang sama, mereka memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Meskipun jabatan pekerjaan berbeda-beda di setiap organisasi, banyak organisasi yang memiliki individu yang melakukan aktivitas SE dan IE. Artikel ini mencoba untuk membantu insinyur sistem dan insinyur industri untuk lebih memahami perspektif yang berbeda dari bidang tersebut dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pelanggan mereka. Artikel ini membandingkan penggunaan standar internasional dan isi dari badan pengetahuan untuk SE dan IE.

Rekayasa sistem

International Council on Systems Engineering (INCOSE) adalah “organisasi keanggotaan nirlaba yang didirikan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan prinsip-prinsip dan praktik-praktik interdisipliner yang memungkinkan terwujudnya sistem yang sukses.” INCOSE mendefinisikan rekayasa sistem sebagai

pendekatan transdisipliner dan integratif untuk memungkinkan realisasi, penggunaan, dan penghentian sistem rekayasa yang berhasil, dengan menggunakan prinsip dan konsep sistem, serta metode ilmiah, teknologi, dan manajemen. (INCOSE 2021)

Di sini, istilah “rekayasa” dan “rekayasa” digunakan dalam arti yang paling luas: “tindakan bekerja dengan penuh seni untuk menghasilkan sesuatu.” “Sistem rekayasa” dapat terdiri dari salah satu atau semua orang, produk, layanan, informasi, proses, dan elemen alam.

INCOSE menyelaraskan Buku Panduan SE-nya dengan ISO/IEC/IEEE 15288, Proses Siklus Hidup Sistem, yang berfokus pada proses. SEBoK Bagian 3 Rekayasa dan Manajemen Sistem, yang membahas proses teknis dan manajemen SE utama, juga diatur di sekitar area proses 15288. Dalam pandangan ini, SE berorientasi pada proses. Setiap edisi Buku Panduan SE selaras dengan edisi ISO/IEC/IEEE 15288. Gambar 1 menunjukkan proses 15288 dan bagaimana proses tersebut selaras dengan area topik SE Handbook dan SEBoK. Kemudian dalam artikel ini, topik dan area pengetahuan SEBoK ini dibandingkan dengan area pengetahuan IE. Area pengetahuan pada Gambar 1 selaras dengan siklus hidup sistem jika dimulai dari bagian atas kolom pertama dan dilintasi ke bawah, dilanjutkan di bagian bawah kolom kedua dan dilintasi ke atas, dan kemudian dilanjutkan di bagian bawah kolom ketiga dan dilintasi ke atas.

Sumber: sebokwiki.org Gambar 1. Topik Teknis Area Pengetahuan SEBoK yang Dipetakan ke Proses Teknis ISO/IEC/IEEE 15288. (SEBoK 2022)

Teknik industri

Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE) menyatakan bahwa mereka adalah “satu-satunya masyarakat profesional internasional, nirlaba, yang didedikasikan untuk memajukan keunggulan teknis dan manajerial para insinyur industri.” (IISE 2021). IISE dimulai pada tahun 1948 sebagai Institut Insinyur Industri Amerika. Pada tahun 1981, organisasi ini berganti nama menjadi Institute of Industrial Engineers untuk mencerminkan keanggotaan internasionalnya yang terus berkembang. Pada tahun 2016, para anggota memilih untuk mengubah nama menjadi Institute of Industrial and Systems Engineers. Penambahan ini mencerminkan suara dari para anggotanya dan selaras dengan “perubahan ruang lingkup profesi yang, dengan tetap mempertahankan basis industrinya, telah melihat lebih banyak insinyur industri dan sistem yang bekerja dengan sistem terintegrasi berskala besar di berbagai sektor”.

Pada pergantian abad ini, teknik industri tercermin dengan baik dalam dua publikasi terkemuka: Buku Pegangan Teknik Industri (Salvendy 2001) dan edisi kelima Buku Pegangan Teknik Industri Maynard (Zandin 2001). Salvendy (2001) menyatakan bahwa insinyur industri dilatih untuk merancang dan menganalisis komponen-komponen yang menyusun sistem manusia-mesin. Mereka menyatukan elemen-elemen individual yang dirancang melalui disiplin ilmu teknik lainnya dan mensinergikan subsistem-subsistem ini secara tepat bersama dengan komponen-komponen manusia untuk sebuah sistem manusia-mesin yang terintegrasi secara menyeluruh. Insinyur industri berfokus pada peningkatan sistem apa pun yang sedang dirancang atau dievaluasi. Mereka membuat tugas manusia menjadi lebih produktif dan efisien dengan mengoptimalkan aliran, menghilangkan gerakan yang tidak perlu, memanfaatkan bahan alternatif untuk meningkatkan manufaktur, meningkatkan aliran produk melalui proses, dan mengoptimalkan konfigurasi ruang kerja. Pada dasarnya, insinyur industri bertugas untuk mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas dengan memastikan penggunaan sumber daya manusia, material, fisik, dan/atau keuangan secara efisien.

Pandangan IE telah berkembang selama dua dekade terakhir. IISE mengembangkan IISE Body of Knowledge pada tahun 2021 (IISE 2021). Edisi keenam dari Buku Pegangan Teknik Industri Maynard (Zandin 2022) diharapkan akan diterbitkan pada tahun 2022. IISEBoK memiliki 14 bidang pengetahuan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. 13 area pengetahuan pertama mengidentifikasi pengetahuan Teknik Industri. Bidang keempat belas adalah Desain dan Rekayasa Sistem, yang mengacu pada SEBoK. IISEBoK memberikan penjelasan singkat tentang setiap area pengetahuan, garis besar topik area pengetahuan, dan daftar referensi. IISEBoK tidak menggunakan standar sebagai dasarnya. Faktanya, Standard Practice for Systems Safety (MIL-STD-0-882D) adalah satu-satunya standar yang dikutip di bagian referensi. IISE saat ini tidak memiliki buku panduan yang dikembangkan oleh atau untuk Institut, meskipun Zandin (2022) diharapkan dapat menyelaraskan dengan IISEBoK.

Sumber: sebokwiki.org Gambar 2. Area Pengetahuan Rekayasa Industri dan Sistem (IISE 2022, Digunakan dengan Izin) [1]

14 area topik yang termasuk dalam IISEBoK dapat dikaitkan dengan banyak standar internasional meskipun IISEBoK tidak menggunakan standar sebagai fondasinya atau memberikan referensi ke standar di sebagian besar area topiknya.

Perbandingan diagram venn

Bagian ini membandingkan kedua badan pengetahuan tersebut. Gambar 3 adalah Diagram Venn yang mengidentifikasi area pengetahuan yang biasanya dilakukan oleh insinyur sistem, yang biasanya dilakukan oleh insinyur industri, dan yang digunakan oleh kedua disiplin ilmu.

Sumber: sebokwiki.org Gambar 3. Diagram Venn (SEBoK Original

Terdapat 11 area pengetahuan utama SE, 7 area pengetahuan utama IE, dan 12 area pengetahuan yang tumpang tindih. Tabel 1 memberikan beberapa contoh ilustrasi tentang perbedaan fokus SE dan IE dalam area pengetahuan yang tumpang tindih.

Sumber: sebokwiki.org

Peran dalam Siklus Hidup Sistem

Insinyur sistem dan insinyur industri memainkan peran penting dalam siklus hidup sistem. Gambar 4 memodifikasi format dari Buede dan Miller (2016). Gambar tersebut menunjukkan tahapan siklus hidup sistem dan, berdasarkan analisis pada bagian sebelumnya, mengidentifikasi dan merangkum peran utama insinyur sistem, insinyur industri, dan insinyur desain.  Beberapa proses telah digabungkan untuk menyederhanakan gambar.

Sumber: sebokwiki.org

Disadur dari: sebokwiki.org