Enterprise Resource Planning

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 Mei 2024, 13.45

Sumber: Gambar oleh pikisuperstar di Freepik

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah manajemen terintegrasi dari proses bisnis utama, sering kali secara real time dan dimediasi oleh perangkat lunak dan teknologi. ERP biasanya disebut sebagai kategori perangkat lunak manajemen bisnis-biasanya berupa rangkaian aplikasi terintegrasi-yang dapat digunakan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan menginterpretasikan data dari berbagai aktivitas bisnis. Sistem ERP dapat berbasis lokal atau berbasis Cloud. Aplikasi berbasis Cloud telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir karena informasi tersedia dari lokasi mana pun yang memiliki akses internet.

ERP menyediakan pandangan yang terintegrasi dan terus diperbarui dari proses bisnis inti menggunakan database umum yang dikelola oleh sistem manajemen database. Sistem ERP melacak sumber daya bisnis-kas, bahan baku, kapasitas produksi-dan status komitmen bisnis: pesanan, pesanan pembelian, dan penggajian. Aplikasi yang membentuk sistem berbagi data di berbagai departemen (manufaktur, pembelian, penjualan, akuntansi, dll) yang menyediakan data. ERP memfasilitasi aliran informasi antara semua fungsi bisnis dan mengelola koneksi ke pemangku kepentingan luar.


Diagram menunjukkan beberapa modul ERP yang khas.

Perangkat lunak sistem perusahaan adalah industri bernilai miliaran dolar yang menghasilkan komponen yang mendukung berbagai fungsi bisnis. Meskipun sistem ERP awal berfokus pada perusahaan besar, perusahaan yang lebih kecil semakin banyak menggunakan sistem ERP. Sistem ERP mengintegrasikan berbagai sistem organisasi dan memfasilitasi transaksi dan produksi yang bebas dari kesalahan, sehingga meningkatkan efisiensi organisasi. Namun, pengembangan sistem ERP berbeda dengan pengembangan sistem tradisional. Sistem ERP berjalan pada berbagai perangkat keras komputer dan konfigurasi jaringan, biasanya menggunakan basis data sebagai tempat penyimpanan informasi.

Asal usul

Gartner Group pertama kali menggunakan singkatan ERP pada tahun 1990-an untuk memasukkan kemampuan perencanaan kebutuhan material (MRP), dan perencanaan sumber daya manufaktur (MRP II),[8][9] serta manufaktur yang terintegrasi dengan komputer. Tanpa mengganti istilah-istilah ini, ERP datang untuk mewakili keseluruhan yang lebih besar yang mencerminkan evolusi integrasi aplikasi di luar manufaktur.

Tidak semua paket ERP dikembangkan dari inti manufaktur; vendor ERP secara beragam mulai merakit paket mereka dengan komponen keuangan dan akuntansi, pemeliharaan, dan sumber daya manusia. Pada pertengahan tahun 1990-an, sistem ERP telah menangani semua fungsi inti perusahaan. Pemerintah dan organisasi nirlaba juga mulai menggunakan sistem ERP. Sebuah "metodologi pemilihan sistem ERP" adalah proses formal untuk memilih sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). Metodologi yang ada meliputi: Metode corong Kuiper, alat pendukung keputusan berbasis web tiga dimensi (3D) Dobrin, dan metodologi Clarkston Potomac.

Ekspansi

Sistem ERP mengalami pertumbuhan yang pesat pada tahun 1990-an. Karena masalah tahun 2000, banyak perusahaan mengambil kesempatan untuk mengganti sistem lama mereka dengan ERP. Sistem ERP pada awalnya berfokus pada otomatisasi fungsi back office yang tidak secara langsung mempengaruhi pelanggan dan publik. Fungsi front office, seperti manajemen hubungan pelanggan (CRM), yang berhubungan langsung dengan pelanggan, atau sistem e-bisnis seperti e-commerce dan e-government-atau manajemen hubungan pemasok (SRM) menjadi terintegrasi kemudian, ketika internet menyederhanakan komunikasi dengan pihak eksternal.

"ERP II" diciptakan pada tahun 2000 dalam sebuah artikel oleh Gartner Publications yang berjudul ERP Is Dead-Long Live ERP II. Artikel tersebut menjelaskan perangkat lunak berbasis web yang menyediakan akses real-time ke sistem ERP untuk karyawan dan mitra (seperti pemasok dan pelanggan). Peran ERP II memperluas optimasi sumber daya ERP tradisional dan pemrosesan transaksi. Daripada hanya mengelola pembelian, penjualan, dll. - ERP II memanfaatkan informasi dalam sumber daya di bawah pengelolaannya untuk membantu perusahaan berkolaborasi dengan perusahaan lain. ERP II lebih fleksibel daripada ERP generasi pertama. Alih-alih membatasi kemampuan sistem ERP di dalam organisasi, ERP II melampaui batas-batas perusahaan untuk berinteraksi dengan sistem lain. Suite aplikasi perusahaan adalah nama alternatif untuk sistem tersebut. Sistem ERP II biasanya digunakan untuk memungkinkan inisiatif kolaboratif seperti manajemen rantai pasokan (SCM), manajemen hubungan pelanggan (CRM), dan intelijen bisnis (BI) di antara organisasi mitra bisnis melalui penggunaan berbagai teknologi bisnis elektronik.

Para pengembang sekarang melakukan lebih banyak upaya untuk mengintegrasikan perangkat seluler dengan sistem ERP. Vendor ERP memperluas ERP ke perangkat ini, bersama dengan aplikasi bisnis lainnya, sehingga bisnis tidak perlu bergantung pada aplikasi pihak ketiga. Sebagai contoh, platform e-commerce Shopify dapat menyediakan alat ERP dari Microsoft dan Oracle di aplikasinya pada Oktober 2021. Pertaruhan teknis ERP modern menyangkut integrasi-perangkat keras, aplikasi, jaringan, rantai pasokan. ERP sekarang mencakup lebih banyak fungsi dan peran-termasuk pengambilan keputusan, hubungan pemangku kepentingan, standarisasi, transparansi, globalisasi, dll.

Karakteristik

Sistem ERP biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Sistem yang terintegrasi.
  • Beroperasi dalam (atau mendekati) waktu nyata.
  • Basis data umum yang mendukung semua aplikasi.
  • Tampilan dan nuansa yang konsisten di seluruh modul.
  • Instalasi sistem dengan integrasi aplikasi/data yang rumit oleh departemen Teknologi Informasi (TI), asalkan implementasinya tidak dilakukan dalam langkah-langkah kecil.
  • Opsi penerapan meliputi: di lokasi, cloud hosted, atau SaaS.

Area fungsional

Sistem ERP mencakup area fungsional umum berikut ini. Dalam banyak sistem ERP, ini disebut dan dikelompokkan sebagai modul ERP:

  • Akuntansi keuangan: buku besar, aset tetap, utang termasuk voucher, pencocokan dan pembayaran, piutang dan penagihan, manajemen kas, konsolidasi keuangan
  • Akuntansi manajemen: penganggaran, penetapan biaya, manajemen biaya, penetapan biaya berdasarkan aktivitas
  • Sumber daya manusia: perekrutan, pelatihan, pembuatan daftar, penggajian, tunjangan, rencana pensiun dan pensiun, manajemen keragaman, pensiun, pemisahan
  • Manufaktur: teknik, bill of material, perintah kerja, penjadwalan, kapasitas, manajemen alur kerja, kontrol kualitas, proses manufaktur, proyek manufaktur, alur manufaktur, manajemen siklus hidup produk
  • Pemrosesan pesanan: pesanan menjadi uang tunai, entri pesanan, pengecekan kredit, penetapan harga, tersedia untuk dijanjikan, inventaris, pengiriman, analisis dan pelaporan penjualan, komisioning penjualan
  • Manajemen rantai pasokan: perencanaan rantai pasokan, penjadwalan pemasok, konfigurator produk, pesanan menjadi uang tunai, pembelian, inventaris, pemrosesan klaim, pergudangan (penerimaan, penyimpanan, pengambilan, dan pengemasan)
  • Manajemen proyek: perencanaan proyek, perencanaan sumber daya, penetapan biaya proyek, struktur rincian kerja, penagihan, waktu dan biaya, unit kinerja, manajemen aktivitas
  • Manajemen hubungan pelanggan (CRM): penjualan dan pemasaran, komisi, layanan, kontak pelanggan, dukungan pusat panggilan - sistem CRM tidak selalu dianggap sebagai bagian dari sistem ERP, melainkan sistem pendukung bisnis (BSS)
  • Manajemen Hubungan Pemasok (SRM): Menciptakan hubungan pemasok yang terlibat dan proses pengadaan hingga pembayaran yang lancar.
  • Layanan data: berbagai antarmuka "swalayan" untuk pelanggan, pemasok dan/atau karyawan
  • Manajemen sekolah dan lembaga pendidikan.

GRP - Penggunaan ERP dalam pemerintahan

Perencanaan sumber daya pemerintah (GRP) setara dengan ERP untuk sektor publik dan sistem otomasi kantor terintegrasi untuk badan-badan pemerintah. Struktur perangkat lunak, modularisasi, algoritme inti, dan antarmuka utama tidak berbeda dengan ERP lainnya, dan pemasok perangkat lunak ERP dapat mengadaptasikan sistem mereka ke badan-badan pemerintah.

Kedua implementasi sistem, di organisasi swasta dan publik, diadopsi untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bisnis secara keseluruhan dalam organisasi, tetapi perbandingan (swasta vs. publik) implementasi menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan implementasi ERP di sektor publik adalah budaya

Praktik terbaik

Sebagian besar sistem ERP menggabungkan praktik-praktik terbaik. Ini berarti perangkat lunak mencerminkan interpretasi vendor tentang cara paling efektif untuk melakukan setiap proses bisnis. Sistem bervariasi dalam hal kemudahan pelanggan untuk memodifikasi praktik-praktik ini.

Penggunaan praktik terbaik memudahkan kepatuhan terhadap persyaratan seperti IFRS, Sarbanes-Oxley, atau Basel II. Praktik-praktik ini juga dapat membantu mematuhi standar industri de facto, seperti transfer dana elektronik. Hal ini karena prosedur tersebut dapat dengan mudah dikodifikasikan dalam perangkat lunak ERP dan direplikasi dengan percaya diri di berbagai bisnis yang memiliki persyaratan bisnis yang sama.

Konektivitas ke informasi lantai pabrik

Sistem ERP terhubung ke data real-time dan data transaksi dengan berbagai cara. Sistem ini biasanya dikonfigurasikan oleh integrator sistem, yang membawa pengetahuan unik tentang proses, peralatan, dan solusi vendor.

Integrasi langsung- Sistem ERP memiliki konektivitas (komunikasi ke peralatan pabrik) sebagai bagian dari penawaran produk mereka. Hal ini mengharuskan vendor menawarkan dukungan khusus untuk peralatan lantai pabrik yang dioperasikan pelanggan mereka.

Integrasi basis data-sistem ERP terhubung ke sumber data di lantai pabrik melalui tabel pementasan dalam basis data. Sistem lantai pabrik menyimpan informasi yang diperlukan ke dalam database. Sistem ERP membaca informasi dalam tabel. Manfaat dari staging adalah vendor ERP tidak perlu menguasai kerumitan integrasi peralatan. Konektivitas menjadi tanggung jawab integrator sistem.

Modul transaksi alat perusahaan (EATM) - Perangkat ini berkomunikasi langsung dengan peralatan di pabrik dan dengan sistem ERP melalui metode yang didukung oleh sistem ERP. EATM dapat menggunakan tabel pementasan, layanan web, atau antarmuka program khusus sistem (API). EATM menawarkan manfaat sebagai solusi siap pakai.

Solusi integrasi khusus-Banyak integrator sistem menawarkan solusi khusus. Sistem ini cenderung memiliki tingkat biaya integrasi awal yang paling tinggi, dan dapat memiliki biaya pemeliharaan dan keandalan jangka panjang yang lebih tinggi. Biaya jangka panjang dapat diminimalkan melalui pengujian sistem yang cermat dan dokumentasi yang menyeluruh. Solusi terintegrasi khusus biasanya berjalan pada komputer workstation atau komputer kelas server.

Implementasi

Ruang lingkup ERP biasanya menyiratkan perubahan signifikan pada proses dan praktik kerja staf. Secara umum, ada tiga jenis layanan yang tersedia untuk membantu mengimplementasikan perubahan tersebut: konsultasi, kustomisasi, dan dukungan. Waktu implementasi tergantung pada ukuran bisnis, jumlah modul, kustomisasi, ruang lingkup perubahan proses, dan kesiapan pelanggan untuk mengambil alih proyek. Sistem ERP modular dapat diimplementasikan secara bertahap. Proyek tipikal untuk perusahaan besar membutuhkan waktu sekitar 14 bulan dan membutuhkan sekitar 150 konsultan. Proyek kecil dapat membutuhkan waktu berbulan-bulan; implementasi multinasional dan besar lainnya dapat memakan waktu bertahun-tahun. Kustomisasi dapat meningkatkan waktu implementasi secara substansial.

Selain itu, pemrosesan informasi mempengaruhi berbagai fungsi bisnis, misalnya beberapa perusahaan besar seperti Wal-Mart menggunakan sistem inventaris tepat waktu. Hal ini mengurangi penyimpanan inventaris dan meningkatkan efisiensi pengiriman, dan membutuhkan data yang up-to-date. Sebelum tahun 2014, Walmart menggunakan sistem yang disebut Inforem yang dikembangkan oleh IBM untuk mengelola pengisian ulang.

 

Disadur dari: en.wikipedia.org