Catatan Ekonomi Joko Widodo yang Beragam

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

07 Mei 2024, 09.15

Sumber: Pinterest.com

Joko Widodo meninggalkan warisan ekonomi yang beragam bagi penggantinya. Memperbaiki sistem pajak yang lemah dan transisi energi yang lamban akan menjadi dua tantangan besar bagi presiden Indonesia berikutnya. Seiring Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendekati akhir masa jabatan lima tahun keduanya, sudah waktunya untuk membuat penilaian awal atas warisan ekonominya, mempertimbangkan masalah-masalah apa saja yang belum terselesaikan, dan mengidentifikasi beberapa tantangan bagi presiden berikutnya.

Masyarakat Indonesia, yang hidup dengan konsekuensinya, cenderung lebih kritis terhadap pemerintah mereka dibandingkan masyarakat asing. Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelumnya dicemooh karena dianggap terlalu lamban. Hal ini tidak terjadi pada Jokowi, paling tidak karena program infrastruktur yang masif, yang telah memberikan kesan pemerintahan yang bergerak, seperti halnya kunjungan-kunjungan Jokowi yang populer di seluruh nusantara. Dia mengakhiri dua masa jabatannya dengan peringkat persetujuan yang luar biasa yaitu sekitar 70 persen. Tidak ada presiden lain di era demokrasi Indonesia yang dapat mempertahankan dukungan sekuat ini. Indonesia menghadapi banyak masalah, namun jelas, ia tidak disalahkan.

Dalam hal manajemen ekonomi makro dan infrastruktur, Indonesia dapat dikatakan berada dalam posisi yang baik untuk dekade berikutnya. Sejak resesi COVID-19, pertumbuhan PDB secara keseluruhan telah pulih menjadi sekitar 5%. Meskipun tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, yaitu 7%, pernah dicapai pada masa rezim Orde Baru Soeharto (1966-1998), perekonomian Indonesia saat itu jauh lebih kecil. Indonesia tidak pernah mencapai rasio investasi/PDB yang tinggi seperti yang pernah dicapai oleh Cina yang mencapai 10 persen selama tahun-tahun booming, namun angka tersebut kini telah turun menjadi 5 persen.

Penilaian Kemiskinan Bank Dunia baru-baru ini (2023) memetakan penurunan kemiskinan yang stabil dan menyimpulkan bahwa kemiskinan ekstrem telah 'pada dasarnya dihilangkan', meskipun 16 persen penduduk Indonesia tetap miskin dan lebih banyak lagi yang rentan.

Pengelolaan ekonomi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan juga cukup memuaskan. Terlepas dari gejolak COVID, inflasi telah terjaga di kisaran 5% sementara suku bunga dan nilai tukar tetap stabil. Fokus Jokowi yang diperlukan untuk meningkatkan infrastruktur telah menjadi kekuatan dan kelemahan.

Jakarta telah diuntungkaoleh investasi substansial pertama dalam transportasi umum perkotaan sejak era kolonial; Jawa Barat mungkin akan diuntungkan oleh Kereta Cepat yang dibangun oleh Cina yang kontroversial ke Bandung (meskipun terminalnya berada di pinggir kota); layanan kereta api konvensional menjadi lebih efisien; jaringan jalan tol telah diperluas; dan pelayaran antar pulau dan pelabuhan yang lebih baik telah mendorong integrasi pasar domestik.

Kelemahannya adalah bahwa belanja infrastruktur baik untuk perekonomian hanya jika hal itu meningkatkan produktivitas. Program Jokowi telah didorong maju, seringkali secara oportunis, tanpa banyak penilaian sebelumnya, dan tanpa banyak kontrol biaya oleh Kementerian Keuangan. Tingkat pemborosan masih menjadi pertanyaan.

Dua pemerintahan Jokowi tidak terlalu berhasil dalam meningkatkan rasio penerimaan pajak terhadap PDB, yang merupakan kendala utama dalam membiayai pengeluaran infrastruktur. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hanya meraih sedikit keberhasilan dengan amnesti pajak dan reformasi birokrasi.

Penghindaran dan penghindaran pajak telah mengakar kuat dan hanya ada sedikit kemauan politik untuk memberikan sanksi atas pelaporan yang kurang dan menutup celah-celah yang ada. Sebaliknya, untuk membiayai proyek-proyek besar, dua pemerintahan Jokowi (2014-2019 dan 2019-2024) telah berimprovisasi dengan merampok dana perusahaan milik negara, yang telah menyebabkan semua jenis distorsi dan tidak berkelanjutan. Masalahnya bahkan lebih akut lagi di tingkat lokal, di mana desentralisasi telah mengalihkan wewenang untuk kesehatan masyarakat dan pendidikan dasar kepada pemerintah daerah tanpa kekuatan pendanaan yang sepadan.

Pendekatan Jokowi dapat disandingkan dengan pendekatan pemerintahan SBY sebelumnya. Dengan latar belakang sebagai perwira staf Angkatan Darat dan didukung pada masa jabatan keduanya oleh seorang teknokrat handal sebagai wakil presiden Dr. Boediono, SBY mengarahkan dua pemerintahan yang berfokus pada pembuatan kebijakan - yaitu menetapkan parameter dan melaksanakan program-program.

Sebaliknya, Jokowi yang berasal dari latar belakang bisnis, adalah seorang pembuat kesepakatan. Setiap proyek infrastruktur adalah kesepakatan lain. Mantan jenderal Angkatan Darat Luhut Panjaitan, yang secara resmi menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, namun secara de facto menjabat sebagai perdana menteri, diam-diam mengoordinasikan siapa yang mendapatkan kontrak, siapa yang membayar, dan siapa yang mendapatkan keuntungan tambahan.

Pendekatan serupa telah diterapkan pada berbagai kesepakatan perdagangan dan industri yang proteksionis di bawah rubrik nasionalisme sumber daya. Semua kesepakatan ini dipromosikan sebagai 'hal yang baik' namun hanya ada sedikit penilaian atas manfaat bersih bagi masyarakat dan sedikit transparansi.

Kesepakatan terbesar dari semuanya, tentu saja, adalah kebijakan utama untuk memindahkan ibu kota negara ke kota baru Nusantara di Kalimantan Timur untuk menghindari penurunan permukaan tanah, genangan air, banjir, dan kemacetan di Jakarta. Biayanya sangat besar, begitu juga dengan peluang korupsi. Apakah pemindahan ini merupakan penggunaan dana publik yang terbaik masih diperdebatkan, namun proyek ini tampaknya memiliki momentum yang tak terbendung.

Pengawasan menjadi jauh lebih kecil kemungkinannya setelah parlemen membekukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini merupakan kemunduran dramatis dalam perang melawan korupsi dan telah memicu sinisme publik terhadap elit politik. Sulit untuk melihat KPK diizinkan untuk mendapatkan kembali kemandiriannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk memberikan sanksi kepada para menteri dan anggota parlemen.

Namun demikian, apa yang mungkin lebih baik ditangani demi kebaikan bangsa adalah pelaporan pendapatan dan kekayaan yang tidak dilaporkan secara masif dan akibatnya pajak yang tidak dibayarkan. Alternatifnya adalah kenaikan signifikan dalam pajak konsumsi PPN, yang akan sangat tidak populer karena dampak regresifnya. Ini adalah masalah pilihan publik.  Tanpa pendapatan yang memadai untuk mendanai program-program pemerintah pusat dan daerah, Indonesia akan terus digerakkan dengan rem, siapa pun yang akan duduk di kursi presiden berikutnya.

Melihat ke depan ke masa kepresidenan berikutnya, kekhawatiran terbesar dari perspektif ekonomi adalah bahwa akan ada lebih banyak lagi pembuatan kebijakan yang kurang terinformasi dengan baik dan bahkan lebih banyak lagi pembuatan kesepakatan yang kurang dinilai dan kurang dicermati. Dengan tingkat penerimaan pajak yang rendah, Indonesia tidak akan lolos dari 'jebakan pendapatan menengah' jika menghambur-hamburkan pendapatan untuk proyek-proyek yang tidak dirancang dengan baik atau memboroskannya untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Koalisi untuk pemerintahan yang baik terlihat lebih lemah dari sebelumnya.

Naga lain yang mengintai adalah pemanasan global dengan ketidakstabilan iklim yang semakin memburuk dan naiknya permukaan air laut. Karena puluhan juta orang tinggal di permukaan laut, kota-kota besar dan kecil di Indonesia sangat rentan terhadap kenaikan permukaan air laut, badai, dan banjir bandang. Selain itu, ada juga ancaman terhadap pasokan makanan dan kesehatan masyarakat.

Jokowi telah berbicara dengan bijaksana mengenai perubahan iklim, namun belum memberikan modal politik atau finansial untuk mempercepat transisi energi yang lamban. Biaya akan ditanggung dengan satu atau lain cara, jika tidak dengan tindakan, maka dengan tidak bertindak. Tantangan ini juga diserahkan kepada siapa pun yang akan menjadi presiden berikutnya. Pakar Indonesia Howard Dick adalah Profesor Kehormatan di Fakultas Bisnis dan Ekonomi di University of Melbourne.

Disadur dari: asialink.unimelb.edu.au