Apa itu Teknik Manufaktur?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

03 Juni 2024, 08.08

Sumber: info.stonewallco.com

Meskipun ada banyak jenis insinyur di dunia ini yang mencakup berbagai bidang keahlian yang berbeda, seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro-salah satu peran terpenting dalam dunia industri adalah Insinyur Manufaktur.

Pekerjaan Insinyur Manufaktur cukup kompleks. Karena itu, posisi ini membutuhkan insinyur yang sangat berpengetahuan dan terampil untuk mempertahankan posisi tersebut. 

Apa yang sebenarnya dilakukan oleh Insinyur Manufaktur?

Rekayasa Manufaktur dimulai dengan proses perancangan dan memindahkan proyek dari konsep tersebut ke pengembangan produk yang berfungsi. Pada kenyataannya, cakupan pekerjaan mereka jauh lebih kompleks, tentu saja, dan jauh lebih menarik.

Lingkup pekerjaan insinyur manufaktur

  • Desain Produk
  • Memilih teknologi dan proses terbaik untuk memproduksinya
  • Merencanakan, mendesain, dan merekayasa fasilitas yang akan menghasilkan produk
  • Mengawasi jalannya, manajemen, pemeliharaan, dan peningkatan pabrik

Lingkup pekerjaan desain dan operasi

Lingkup pekerjaan seorang Insinyur Manufaktur berfokus terutama pada desain dan pengoperasian sistem terintegrasi.

Sistem ini (seperti jaringan komputer, robot, EOAT, mesin otomatis, peralatan mesin, dan peralatan penanganan material) bertanggung jawab atas produksi produk berkualitas tinggi dan kompetitif secara ekonomi (apa pun mulai dari mesin, perkakas, suku cadang hingga jig, teknologi konservasi, dan perlengkapan CNC).

Teknologi baru dan peningkatan Lingkup pekerjaan

Sebagai bagian dari peran mereka, Insinyur Manufaktur juga harus selalu mengikuti perkembangan teknologi baru dan peningkatan di bidangnya untuk memastikan bahwa mereka memberikan kemajuan paling inovatif yang tersedia bagi klien mereka.

Apa yang akan Anda lakukan jika memperkerjakan seorang Insiyur Manufaktur? 

Meskipun ruang lingkup pekerjaan mereka dapat sangat bervariasi, Insinyur Manufaktur umumnya dipekerjakan untuk: 

  • Memanfaatkan sistem data terintegrasi untuk mengotomatiskan sepenuhnya fasilitas manufaktur kimia.
  • Mengurangi biaya atau meningkatkan kualitas produk yang diproduksi dengan merancang proses pembuatan papan sirkuit.
  • Mengevaluasi proses manufaktur saat ini dan mengidentifikasi tata letak fasilitas yang lebih efisien dan hemat biaya.
  • Mengembangkan desain retrofit mesin - Sangat penting bahwa mesin kompatibel dengan teknologi Industri 4.0 terbaru, sehingga Anda dapat mengintegrasikan dan beroperasi dengan lancar di seluruh fasilitas perusahaan.
  • Berubah menjadi solusi otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi sistem.
  • Mengintegrasikan mesin (M2M)

Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa Insinyur Manufaktur harus mencapai peningkatan efisiensi dan hasil secara keseluruhan dengan tetap menjaga keselamatan karyawan dan menjunjung tinggi standar kualitas produk.

Bagaimana cara menjadi seorang Insiyur Manufaktur? 

  • Insinyur Manufaktur biasanya harus memenuhi beberapa persyaratan untuk menjadi sukses di bidangnya.
  • Memiliki gelar sarjana di bidang teknik manufaktur biasanya merupakan persyaratan.
  • Banyak insinyur manufaktur yang memulai sebagai insinyur mesin, tetapi ini bukan persyaratan. 

Beberapa Insinyur Manufaktur telah menyatakan bahwa memulai di bidang khusus lainnya seperti Teknik Produksi dapat berguna dalam memberikan pengalaman pendidikan tambahan untuk insinyur manufaktur di masa depan.

Keterampilan yang Diutamakan untuk Insinyur Manufaktur

Ada beberapa keterampilan, jika diperoleh, dapat menjadi aset yang bagus untuk Insinyur Manufaktur:

  • Terlatih atau berpengalaman dalam Kontrol Kualitas atau Jaminan Kualitas (seperti Six Sigma).
  • Keterampilan komunikasi yang terasah: Mampu berbicara dalam “Leksikon Teknik Manufaktur” sangat penting.
  • Pengetahuan yang beragam dalam beberapa teknologi industri (termasuk industri teknik)
  • Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah: Terkadang hal ini lebih mudah dipelajari daripada diajarkan.
  • Keterampilan organisasi yang mahir: Jika Anda tidak dapat menjaga dan memelihara organisasi diri Anda, kalender Anda, dan informasi Anda sendiri, sebagai Insinyur Manufaktur, Anda mungkin akan kesulitan dalam mengelola proses asing untuk pelanggan dan fasilitas Anda (lihat CRM HubSpot untuk membantu mengelola hubungan pelanggan Anda dengan lebih baik).
  • Berpengalaman dalam Rekayasa Proses
  • Keterampilan teknik praktis
  • Gunakan alat bantu BI untuk memobilisasi data untuk kinerja yang lebih baik dan penilaian yang lebih tinggi

Berapa penghasilan Insiyur Manufaktur? 

Menurut BLS, pendapatan tahunan rata-rata 2018 untuk Insinyur Industri atau Manufaktur adalah Rp1.414.400.000-dengan jumlah total pekerjaan melebihi 280.000.

Apa perbedaan antara Insiyur Manufaktur, produksi, indrustri, dan struktural? 

Bagi sebagian orang, istilah-istilah tersebut merupakan sinonim yang luas dengan lebih banyak kesamaan daripada perbedaannya. Namun, demi kepentingan blog ini, berikut adalah penjelasan tingkat tinggi tentang perbedaannya.

  • Insinyur Manufaktur

Insinyur Manufaktur lebih berfokus pada desain penelitian awal, tata letak, dan pembuatan proses atau sistem manufaktur, seperti untuk teknologi konservasi air.  Mereka juga merancang dan mengembangkan suku cadang dan peralatan mesin.

  • Insinyur Produksi

Insinyur Produksi lebih fokus pada menjalankan sistem dan akan lebih menekankan pada:

  1. Memenuhi target produksi, kontrol inventaris, manajemen operasi, dan peningkatan berkelanjutan.
  2. Penghapusan limbah dan air limbah.
  3. Kontrol kualitas dan jaminan kualitas
  • Insinyur Industri

Insinyur Industri sangat mirip dengan insinyur produksi, tetapi mereka lebih menekankan pada kerja sama dengan manusia.

Mereka mencari cara untuk membuat rutinitas pekerja menjadi lebih efisien untuk meningkatkan produksi dengan tetap mempertahankan budaya yang berfokus pada keselamatan.

  • Insinyur Struktural

Insinyur yang mendesain bangunan atau struktur dan lanskap lainnya menggunakan ilmu teknik struktur untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi manusia.

Insinyur struktur dibutuhkan di bidang apa pun yang bergantung pada bangunan, seperti arsitektur, manajemen konstruksi, teknik sipil, teknik geoteknik, dan banyak lagi!

Keahlian seorang insinyur struktur sangat khusus dan sering kali dibutuhkan untuk proyek-proyek besar. Meskipun terlihat seperti posisi yang tidak glamor, para insinyur ini sangat penting bagi keselamatan masyarakat kita dengan kemampuan mereka untuk merancang bangunan yang dapat bertahan dari berbagai bencana alam seperti angin topan, tsunami, atau gempa bumi.

Selain itu, mereka memastikan struktur tidak perlu dirobohkan karena bahan tertentu tidak diizinkan di area tertentu karena bahaya lingkungan. Insinyur struktural juga bekerja bersama dengan tukang las struktural saat mengerjakan proyek pengelasan khusus.

Dengan penggunaan teknologi terbaru saat ini, (pencetakan 3D, drone, IoT, Building Information Modeling (BMI), dan lainnya) insinyur struktur dapat melakukan tugas sehari-hari mereka dengan cara yang lebih efisien. 

  • Insinyur Proses

Insinyur bertugas merancang produk yang akan digunakan untuk tugas tertentu dan memenuhi kebutuhan klien mereka.

Insinyur Proses merancang proses yang memungkinkan pabrik atau bisnis untuk memproduksi barang secara lebih efisien, yang merupakan kunci dalam lingkungan pasar yang kompetitif saat ini di mana pelanggan menuntut kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih murah daripada sebelumnya.

Seorang insinyur proses mungkin telah lulus dari perguruan tinggi teknik dan kemudian bekerja melalui berbagai peran yang terkait dengan manufaktur sampai ia menemukan dirinya bertanggung jawab mengelola lini produksi atas nama klien yang ingin dia hanya berfokus pada mereka - yang berarti mereka benar-benar hebat!

Insiyur Manufaktur dalam indrustri yang merevolusi saat ini 

Insinyur Manufaktur sangat erat kaitannya dengan upaya rekayasa dan desain industri. 

Beberapa industri yang merevolusi saat ini di mana insinyur manufaktur umumnya dipekerjakan meliputi:

  • Teknik Manufaktur Rami dan CBD
  • Rekayasa fasilitas minyak dan gas
  • Desain dan rekayasa pabrik makanan

Teknik Manufaktur yang sedang dikerjakan 

1. Centrifuge Decanter

Sentrifugal decanter memisahkan padatan dan cairan, dan telah menjadi komponen penting dari fasilitas limbah air dan pengeboran kimia, minyak dan gas, industri pengolahan makanan, serta industri manufaktur rami. 

Insinyur Manufaktur biasanya terlibat dalam desain, pengembangan, pemasangan, dan pemeliharaan peralatan dan mesin perakitan.

Fokus utama mereka adalah pada keselamatan, keandalan, kualitas, dan keberlanjutan.

2. Lift Pipa Bor

Lift pipa bor digunakan untuk mengangkat dan menangani pipa bor, pipa, casing, dan kerah bor di industri pengeboran lepas pantai. Karena sifat penggunaannya yang ketat, elevator pipa bor harus dirancang dengan pedoman keselamatan yang ketat - dengan tetap berfokus pada kualitas, daya tahan, dan daya tahan.

Insinyur Manufaktur menciptakan proses dan infrastruktur untuk memproduksi elevator pipa bor dan alat lainnya. Alat-alat ini dikerjakan secara presisi dengan toleransi yang tepat untuk memenuhi Standar API.

Insinyur Manufaktur harus menguasai persyaratan kritis industri minyak dan gas serta kebutuhan akan alat dan suku cadang berkualitas tinggi.

Insiyur Manufaktur di dekat Anda

Kami siap membantu perusahaan Anda membangun dan mengoperasikan fasilitas produksi dan fasilitas manufaktur yang sukses secara efektif.

Kami adalah Grup Rekayasa Profesional yang didorong oleh pemberian jenis kinerja kelas dunia yang diperlukan untuk menciptakan dan melaksanakan solusi rekayasa.

Kami berfokus pada penggunaan keahlian teknik kami sebagai fondasi untuk membantu menciptakan atau memaksimalkan nilai bagi klien, mitra, dan karyawan kami. Kami merancang sistem yang menampilkan setiap proyek dan memberikan kompensasi kepada anggota tim.

Disadur dari: https://info.stonewallco.com/