Apa yang Dimaksud dengan Desain Produk?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

13 Mei 2024, 13.26

sumber: pexels.com

Desain produk dan desain pengalaman pengguna (UX) sama-sama melibatkan perancangan pengalaman yang memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, meskipun desain produk juga mencakup strategi bisnis dan penetapan tujuan produk, desain UX tetap berfokus pada proses desain untuk menciptakan pengalaman yang menawan dan berpusat pada pengguna.

Apa itu desain produk?

"Desain produk adalah tentang hubungan antara produk yang dirancang dengan pengguna, tetapi juga membahas konteks persaingannya," kata Nikolas Klein, Desainer Produk di Figma. "Hal ini mencakup desain pengalaman pengguna, serta strategi produk dan perencanaan masuk ke pasar."

Menurut Nikolas, desainer produk tidak hanya fokus pada desain UX. Mereka juga perlu menilai apakah solusi yang diusulkan layak dari perspektif bisnis. Berapa biaya desain dan pengembangannya? Dapatkah mereka menemukan cara untuk menurunkan anggaran atau mempercepat produksi? Akankah produk tersebut mendukung tujuan bisnis kita? Apa dampak bisnis dan laba atas investasi? Ini semua adalah pertanyaan yang harus dijawab oleh desainer produk bersama kolaborator lintas fungsi seperti manajer produk, peneliti, dan manajer pemasaran produk, sehingga mereka dapat menghasilkan produk yang menyenangkan pengguna.

Mengapa desain produk itu penting?

"Mengapa desain produk itu penting? Menurut saya pribadi, desain produk membantu mendorong strategi produk bersama dengan tujuan bisnis yang lebih besar," kata Nikolas. Desainer produk membantu menentukan tujuan mana yang penting, baik dari perspektif pengguna maupun bisnis. "Hal ini memberi Anda lebih banyak pengaruh dalam menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan produk yang lebih baik," tambahnya.

Desain produk yang baik juga membantu mendorong kesuksesan sebuah perusahaan, memberikan dampak positif pada keuntungan perusahaan. "Bisa dibilang dampak dari desainer produk yang efektif adalah produk yang bagus dan bisnis yang bagus," kata Nikolas.

Proses desain produk dalam 5 langkah

Perusahaan dapat membuat alur kerja desain produk yang sedikit berbeda, namun hal-hal yang esensial sering kali sama. Di Figma, Nikolas mengatakan bahwa desainer produk bekerja dengan tim untuk menyelesaikan lima langkah utama dalam desain produk:

Penetapan tujuan. Pimpinan perusahaan memutuskan tujuan bisnis jangka panjang dengan masukan dari tim produk-misalnya, mengoptimalkan produk tenda dalam waktu dua tahun.

Penelitian. Perancang produk melakukan penelitian strategis, atau mendukung para peneliti yang melakukannya. Mereka dapat menilai lanskap industri dengan analisis SWOT dan wawancara pengguna.

Analisis. Bekerja sama dengan mitra lintas fungsi, desainer produk membantu menyaring temuan penelitian menjadi gambaran yang jelas tentang masa depan. Mereka juga dapat membuat sketsa tentang cara mendekati poin-poin penting bagi pengguna yang diidentifikasi dalam analisis SWOT.

Strategi dan perencanaan produk. Tim produk mengusulkan strategi untuk mencapai tujuan bisnis. Hal ini dapat mencakup rencana tindakan terperinci untuk enam bulan pertama, serta tujuan jangka panjang yang mencakup dua tahun ke depan.

Eksekusi dan peluncuran produk. Tim bekerja bersama dalam proyek, melacak upaya menuju tujuan jangka panjang. Pada titik ini, perancang produk lebih berperan sebagai perancang UX.

Apa yang dimaksud dengan desain UX?

"Pengalaman pengguna menggambarkan hubungan yang dimiliki pengguna dengan teknologi atau lingkungan di sekitar mereka," kata Nikolas. "Desain UX yang baik melibatkan pemahaman tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk, teknologi, atau layanan."

Sebagai sebuah keahlian, desain UX sering kali tidak perlu berfokus pada strategi bisnis. "Jika Anda seorang desainer UX, yang paling penting bagi Anda adalah pengalaman yang dimiliki pengguna dengan desain Anda-apakah itu dengan antarmuka digital atau perangkat keras fisik."

Mengapa desain UX itu penting?

Desain UX yang baik membantu memecahkan masalah pengguna dengan pengalaman pengguna yang berpusat pada manusia, inklusif, dan mudah diakses. Desainer UX terbaik menciptakan desain yang berguna dan dapat digunakan yang menarik dan melibatkan pengguna.

4 langkah utama dalam desain UX

Tidak seperti desainer produk, desainer UX tetap berada di jalur desain mereka. Menurut Nikolas, mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplorasi pilihan desain yang berbeda sebelum akhirnya menemukan solusi. Proses desain UX melibatkan empat aktivitas utama:

Melakukan riset pengguna. Dapatkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku, motivasi, tantangan, dan kebutuhan pengguna Anda. Metode riset pengguna seperti analisis tugas, wawancara pengguna, dan buku harian dapat membantu Anda membuat desain yang sesuai dengan pengguna.

Desain. Susun arsitektur informasi (IA) Anda dan buatlah kerangka kerja dan prototipe. Bersandarlah pada riset pengguna untuk menciptakan pengalaman yang berguna, dapat digunakan, dan menyenangkan.

Uji dan ulangi. Uji prototipe Anda dengan pengguna dan gunakan umpan balik mereka untuk menyesuaikan desain Anda. "Anda perlu menjelajahi banyak arah desain yang berbeda," saran Nikolas. "Mundurlah jika itu bukan arah yang baik-dan gandakan arah yang Anda lihat menjanjikan."

Menerapkan. Para desainer mendapatkan solusi desain, kemudian membangun dan merilisnya. Mereka akan memulai prosesnya dari awal lagi, berdasarkan tanggapan terhadap pengalaman pengguna.

Desain produk vs desain UX

"Saya rasa orang-orang sering mencampuradukkan kedua istilah tersebut-desain produk vs desain UX," kata Nikolas. Ketika berbicara tentang jabatan dan peran-perancang produk vs. perancang UX-perusahaan sering kali menukar satu dengan yang lain. Di situlah letak kebingungannya, kata Nikolas.

Jika Anda menganggap desain produk dan desain UX sebagai disiplin ilmu, perbedaan utamanya meliputi:

Desain produk

  • Konteks yang lebih luas. Desainer produk menerapkan strategi bisnis, manajemen proyek, dan kerangka kerja yang berpusat pada pengguna dalam proses desain.
  • Pengaruh yang lebih besar. Desainer produk membantu membentuk peta jalan produk, memprioritaskan fitur dan aplikasi yang akan mendorong ROI.
  • Visi jangka panjang. Desain produk terhubung dengan tujuan bisnis jangka panjang dan strategi perusahaan secara keseluruhan.

Desain UX

  • Tujuan jangka pendek. Desain UX berpusat pada peningkatan fitur yang dijadwalkan untuk ditingkatkan dalam tugas atau sprint saat ini.
  • Fokus yang sempit. Desainer UX hanya berfokus pada menciptakan pengalaman yang berguna dan dapat digunakan oleh pengguna dan mungkin tidak terlalu terlibat dalam konteks produk yang lebih luas.
  • Kurang berpengaruh. Desainer UX mengadvokasi audiens target mereka dengan riset dan pengujian pengguna, tetapi tidak sejalan dengan arahan bisnis mereka.

3 tips profesional untuk menyempurnakan desain Anda dengan Figma

Untuk mewujudkan desain terbaik Anda, Nikolas merekomendasikan penggunaan Figma untuk:

  1. Membuat dan mengulang prototipe interaktif dengan cepat dengan menarik dan melepaskan komponen dari pustaka desain Anda.
  2. Membagikan prototipe Anda dengan para pemangku kepentingan utama, yang dapat melihatnya kapan saja, di mana saja.
  3. Dapatkan umpan balik instan langsung pada file desain Anda sehingga Anda dapat mengulang dengan cepat dan mengundang orang lain untuk mengoreksi bersama Anda.

"Gunakan papan tulis kolaboratif online FigJam bersama dengan alat pembuatan prototipe Figma bersama tim Anda untuk menuangkan semua ide Anda," saran Nikolas. "Bekerjalah secara kolaboratif untuk meminimalkan lembah komunikasi sebanyak mungkin."

Nikolas mendorong para desainer untuk "berantakan" dan "mencoba hal-hal baru" saat mereka melakukan iterasi di Figma. "Ini bukan tentang menyempurnakan satu ide-karena itu hanya sepotong kecil di akhir proses desain. Sebaliknya, gunakan Figma sebagai papan awal untuk mengeksplorasi 300 ide. Semakin banyak yang Anda buat, semakin baik desain Anda nantinya."

Untuk inspirasi desain, lihat contoh desain produk dan desain UX yang dibagikan oleh komunitas profesional desain Figma. "Jelajahi komunitas mikro dan temukan kreator yang Anda minati," saran Nikolas. "Gali lubang kelinci di mana orang-orang telah masuk lebih dalam, mengeksplorasi banyak ide yang berbeda. Di situlah Anda akan menemukan hal-hal bagus yang akan menginspirasi Anda. Semakin unik inspirasi pribadi Anda, semakin baik dan inovatif desain Anda."

Disadur dari: figma.com