Apa Itu Machine? - diklatkerja

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

12 Desember 2022, 16.05

Sumber : Pexels

Machine

Mesin adalah sistem fisik yang menggunakan daya untuk menerapkan gaya dan mengontrol gerakan untuk melakukan suatu tindakan. Istilah ini umumnya diterapkan pada perangkat buatan, seperti yang menggunakan mesin atau motor, tetapi juga makromolekul biologis alami, seperti mesin molekuler. Mesin dapat digerakkan oleh hewan dan manusia, oleh kekuatan alam seperti angin dan air, dan oleh tenaga kimia, termal, atau listrik, dan termasuk sistem mekanisme yang membentuk input aktuator untuk mencapai penerapan kekuatan dan gerakan output tertentu. Mereka juga dapat menyertakan komputer dan sensor yang memantau kinerja dan merencanakan pergerakan, sering disebut sistem mekanis.

Mesin modern adalah sistem kompleks yang terdiri dari elemen struktural, mekanisme, dan komponen kontrol serta menyertakan antarmuka untuk penggunaan yang nyaman. Contohnya meliputi: berbagai jenis kendaraan, seperti kereta api, mobil, kapal, dan pesawat terbang; peralatan di rumah dan kantor, termasuk komputer, sistem penanganan udara gedung dan penanganan air; serta mesin pertanian, peralatan mesin dan sistem otomasi pabrik serta robot.

Mekanisasi dan Otomasi

Mekanisasi atau mekanisasi (BE) menyediakan operator manusia dengan mesin yang membantu mereka dengan kebutuhan kerja otot atau menggantikan kerja otot. Di beberapa bidang, mekanisasi mencakup penggunaan perkakas tangan. Dalam penggunaan modern, seperti di bidang teknik atau ekonomi, mekanisasi menyiratkan permesinan yang lebih kompleks daripada perkakas tangan dan tidak akan mencakup perangkat sederhana seperti pabrik kuda atau keledai yang tidak digerakkan. Perangkat yang menyebabkan perubahan kecepatan atau perubahan ke atau dari gerak bolak-balik ke gerak putar, menggunakan sarana seperti roda gigi, puli atau katrol dan ikat pinggang, poros, bubungan dan engkol, biasanya dianggap mesin. Setelah elektrifikasi, ketika sebagian besar mesin kecil tidak lagi bertenaga tangan, mekanisasi identik dengan mesin bermotor.[59]

Otomasi adalah penggunaan sistem kontrol dan teknologi informasi untuk mengurangi kebutuhan akan pekerjaan manusia dalam produksi barang dan jasa. Dalam lingkup industrialisasi, otomasi adalah langkah di luar mekanisasi. Sedangkan mekanisasi menyediakan operator manusia dengan mesin untuk membantu mereka dengan kebutuhan kerja otot, otomatisasi sangat mengurangi kebutuhan akan kebutuhan sensorik dan mental manusia juga. Otomasi memainkan peran yang semakin penting dalam ekonomi dunia dan dalam pengalaman sehari-hari.

Sumber : Wikipedia