Mengenal Apa Itu Struktur

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

14 Maret 2024, 05.39

Gambar: Akseleran

Struktur

Struktur adalah pengorganisasian dan susunan elemen-elemen yang terhubung dalam suatu material atau sistem, dalam suatu objek atau sistem yang terorganisir. Infrastruktur adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia seperti bangunan dan mesin. Produk alami seperti organisme biologis, mineral dan bahan kimia. Struktur pendek mencakup struktur data dalam teknologi komputer dan format musik. Jenis arsitektur mencakup hierarki (rantai hubungan satu-ke-banyak), jaringan yang mewakili hubungan banyak-ke-banyak, atau kisi-kisi yang mewakili hubungan antar komponen.

Penahan Beban

Bangunan, pesawat terbang, platform, sarang semut, tanggul, dan dataran garam adalah contoh struktur penahan beban. Produk bangunan dibagi menjadi bangunan dan non bangunan, yang menciptakan infrastruktur bagi masyarakat. Konstruksi bangunan dibagi menjadi struktur arsitektur, teknologi konstruksi, konstruksi manusia dan konstruksi mekanik menurut berbagai metode dan standar desain.

Pengaruh beban pada struktur fisik ditentukan melalui analisis struktur, yang merupakan salah satu fungsi insinyur struktur. Elemen struktur dapat diklasifikasikan menjadi satu dimensi (tali, penyangga, balok, lengkungan), dua dimensi (membran, pelat, lempengan, cangkang, kubah) atau tiga dimensi (massa padat). Tahap akhir (tiga tahap) adalah pilihan utama untuk struktur awal seperti Chichén Itzá. Dalam analisis ini, elemen satu dimensi memiliki pengukuran yang lebih banyak dibandingkan elemen lainnya, sehingga pengukuran lainnya diabaikan dalam perhitungan. Namun, proporsi dan konfigurasi yang lebih kecil dapat menentukan kekuatan tarik dan tekan suatu elemen. Elemen dua dimensi dan elemen tiga dimensi tipis lebih kecil dari keduanya, namun dapat menahan gaya tarik biaksial.

Sistem infrastruktur mencakup berbagai struktur untuk memungkinkan perpindahan beban. Kebanyakan struktur yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan substruktur dinamis, seperti pelat, yang didominasi oleh elemen satu dimensi seperti kurva. Selain itu, terdapat jenis struktur lain, seperti rangka atap, struktur vektor kuat, rangka dan panel, struktur jaring kuat, serta kabel dan membran yang merupakan struktur bersarang. cocokkan ini. Ciri-ciri struktur yang berbeda.

Dunia biologis, sebaliknya, terdiri dari struktur besar yang menahan beban seperti tulang, gigi, kerangka, dan otot. Kekuatan struktur biologis ini terletak pada banyaknya tingkat komponen biologis dan protein. Pada tingkat hierarki terbawah kita menemukan fibril kolagen, yang berperan penting dalam memberikan kekuatan struktural pada tulang dan jaringan pendukung lainnya.

Oleh karena itu, baik dalam konteks teknis maupun biologis, pemahaman tentang elemen struktur dan integrasinya ke dalam sistem struktur sangat penting untuk merancang struktur yang efisien dan berkinerja tinggi serta untuk memahami konsep yang mendukung ketahanan dan keandalan struktur tersebut.

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur