Apa itu Akuntansi Manufaktur Jenis-Jenis Biaya Produksi dan Cara Menilai Biaya Produksi

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

14 Mei 2024, 11.15

Sumber: Pinterest.com

Akuntansi manufaktur sangat penting untuk menjalankan bisnis manufaktur yang sukses. Akuntansi manufaktur menyediakan data yang menunjukkan profitabilitas dan biaya produksi anda - salah hitung, dan Anda berisiko salah menghitung pajak atau kehabisan uang tunai yang dapat dibelanjakan. Artikel ini menjelaskan apa itu akuntansi manufaktur, jenis-jenis biaya produksi yang harus diperhitungkan, dan cara menilai biaya produksi secara akurat menggunakan berbagai metode dan teknologi.

Apa itu Akuntansi Manufaktur?
Akuntansi manufaktur adalah proses peramalan, analisis, dan pelaporan status keuangan organisasi manufaktur. Ini mencakup pengelolaan tenaga kerja, peralatan, dan biaya overhead. Akuntansi manufaktur juga melibatkan pelacakan biaya bahan baku, membuat penilaian inventaris, dan penetapan harga barang jadi secara strategis.

Apa yang dimaksud dengan akun manufaktur?
Akun manufaktur adalah catatan tertulis dari semua informasi keuangan dalam bisnis manufaktur. Pada akhir tahun keuangan, Anda mungkin akan memiliki lebih dari satu jenis akun manufaktur untuk membantu Anda menentukan biaya dan kerugian yang terkait dengan berbagai bagian dari jalur produksi Anda.

Jenis akun manufaktur meliputi:

  • Biaya material langsung
  • Biaya tenaga kerja langsung
  • Biaya overhead (biaya tidak langsung)
  • Biaya barang dalam proses (WIP)
  • Jenis akun manufaktur lainnya dapat mencakup biaya administrasi, biaya pemasaran, dan harga pokok penjualan (HPP).
  • Setelah suatu produk selesai diproduksi, biayanya biasanya akan ditransfer dari akun manufaktur ke laporan laba rugi bersama dengan markup harga.
  • Putar video tentang manajemen persediaan dan thumbnail video manufaktur

Apa yang dimaksud dengan akuntansi biaya manufaktur?
Akuntansi biaya manufaktur mengacu pada akuntansi untuk berbagai biaya persediaan dan produksi dalam bisnis manufaktur. Akuntansi ini berfokus pada identifikasi semua biaya yang terkait dengan produksi barang jadi. Jumlah biaya ini dikenal sebagai biaya produksi, yang dapat dihitung dengan menggabungkan biaya bahan dengan biaya tenaga kerja dan biaya overhead.

Dalam manajemen produksi, akuntansi biaya produksi berupaya menentukan harga pokok penjualan untuk lebih memahami pendapatan dan profitabilitas baik di tingkat bisnis maupun di tingkat produk individual. Pengetahuan ini memungkinkan Anda untuk merencanakan anggaran yang lebih baik dan menemukan inefisiensi produksi.

Biaya langsung vs biaya tidak langsung
Saat melacak pengeluaran manufaktur, penting untuk memahami biaya langsung dan tidak langsung. Biaya yang berkontribusi terhadap total biaya produksi Anda dikenal sebagai biaya langsung. Ini adalah biaya yang secara langsung memengaruhi produksi. Bahan dan tenaga kerja produksi merupakan bagian terbesar dari biaya langsung produsen. Persediaan manufaktur, upah untuk staf non-produksi, dan biaya overhead seperti bahan bakar atau listrik juga dapat dianggap sebagai biaya langsung.

Biaya tidak langsung sulit untuk ditelusuri kembali ke pembuatan produk tertentu. Namun, biaya ini tetap harus dibayarkan agar bisnis tetap berjalan. Ini termasuk hal-hal seperti sewa, penyusutan aset, pemasaran, dan biaya kantor - yang semuanya mungkin diperlukan untuk mengoperasikan bisnis manufaktur.

Biaya variabel vs. biaya tetap
Biaya produksi juga dapat dikategorikan sebagai biaya variabel atau biaya tetap.

  • Biaya variabel adalah biaya produksi yang berubah saat Anda memproduksi lebih banyak atau lebih sedikit barang. Misalnya, bahan baku biasanya bersifat variabel karena lebih banyak bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak barang.
  • Tenaga kerja terkadang merupakan biaya tetap dan terkadang biaya variabel. Hal ini tergantung pada apakah persyaratan tenaga kerja untuk pekerjaan tertentu berubah saat Anda menambahkan lebih banyak volume.
  • Sewa gedung Anda kemungkinan besar merupakan biaya tetap karena, apa pun yang Anda lakukan di dalam gedung, biaya sewanya biasanya tetap sama.

Butuh catatan inventaris yang lebih akurat?
Peran seorang akuntan manufaktur
Tugas akuntan manufaktur adalah memahami biaya pembelian bahan baku, berapa banyak uang yang diperlukan untuk mengubah bahan tersebut menjadi barang jadi, dan harga optimal yang harus ditetapkan untuk produk agar bisnis menghasilkan laba. Akuntan manufaktur juga mengawasi area pengeluaran penting lainnya untuk memastikan anggaran diikuti sepanjang tahun keuangan.

Beberapa angka yang dilacak oleh akuntan manufaktur meliputi:

  1. Biaya penyimpanan persediaan
  2. Penilaian persediaan
  3. Tenaga kerja dan biaya overhead
  4. Pemeliharaan peralatan
  5. Biaya transportasi
  6. Adalah bijaksana bagi seorang akuntan manufaktur untuk mengikuti pergeseran tren pelanggan karena perubahan permintaan dapat mengubah lanskap biaya bisnis secara drastis.

Akuntan manufaktur jenis-jenis biaya manufaktur
Biaya manufaktur dibagi menjadi tiga kategori utama: biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Biaya-biaya ini mencakup semua sumber daya yang dikonsumsi untuk menghasilkan suatu produk.  Selain itu, ada juga biaya tidak langsung yang harus dikelola dalam bisnis manufaktur, seperti premi asuransi dan biaya kantor harian.

1. Biaya material
Biaya material mencakup semua item stok persediaan yang digunakan untuk menghasilkan produk jadi. Ini termasuk bahan baku, suku cadang, dan komponen - dan juga bahan habis pakai seperti sekrup dan perekat.

Biaya material dapat bersifat langsung atau tidak langsung, misalnya:

  • Bahan langsung - Bahan ini dapat berupa logam, kayu, plastik, dan (dalam hal pembuatan makanan) tepung atau air. Ini adalah bahan berwujud yang dikonsumsi selama proses produksi yang dapat secara langsung diperhitungkan berdasarkan basis per unit.
  • Bahan tidak langsung - Bahan-bahan ini dapat mencakup bahan habis pakai sehari-hari seperti larutan pembersih, peralatan keselamatan, lem, dan minyak. Ini adalah persediaan penting yang mungkin tidak masuk ke dalam produk akhir.
  • Dari perspektif akuntansi manufaktur, bahan tidak langsung sering dianggap sebagai biaya overhead daripada bahan. Hal ini dapat bervariasi tergantung pada metode penetapan biaya produksi yang digunakan.

2. Biaya tenaga kerja
Biaya tenaga kerja mencakup semua yang Anda keluarkan untuk staf produksi. Ini termasuk upah, pensiun, cuti sakit, kendaraan perusahaan, dan bonus. Biaya ini juga dapat mencakup asuransi kesehatan atau tunjangan pensiun yang merupakan bagian dari kontrak kerja mereka.

Biaya tenaga kerja dapat bersifat langsung atau tidak langsung:

  • Tenaga kerja langsung: Biaya yang terkait dengan siapa pun yang terlibat langsung dalam produksi suatu produk, seperti pekerja lini perakitan, manajer gudang, dan pengontrol kualitas.
  • Tenaga kerja tidak langsung: Biaya staf non-produksi, seperti administrator atau tim keamanan. Biaya tenaga kerja tidak langsung biasanya diperhitungkan sebagai biaya overhead dalam produksi.
  • Biaya tenaga kerja juga dapat bersifat tetap atau variabel. 

Biaya tenaga kerja tetap dapat mencakup kontraktor, teknisi, dan staf pemeliharaan dengan pekerjaan yang ditetapkan dengan biaya yang ditetapkan. Biaya variabel, di sisi lain, dapat mencakup pekerja lini perakitan yang perannya berubah saat Anda memproduksi volume yang lebih tinggi.

3. Biaya overhead
Biaya overhead manufaktur adalah biaya tidak langsung yang dikeluarkan selama periode akuntansi tertentu tetapi tidak dapat dengan mudah dipertanggungjawabkan berdasarkan basis per unit. Jika itu bukan biaya bahan atau tenaga kerja langsung, mungkin itu adalah biaya overhead. Akuntansi untuk biaya overhead manufaktur membutuhkan lebih banyak upaya, dan dapat lebih menantang dibandingkan dengan upaya penetapan biaya lainnya karena sulitnya membebankan biaya tersebut ke produk atau hasil tertentu.

Anda dapat mendefinisikan biaya overhead dengan dua cara. 

Biaya tidak langsung yang terkait dengan inventaris dan lantai pabrik dapat diklasifikasikan sebagai biaya overhead pabrik. Biaya overhead bisnis - atau hanya 'overhead' - dapat mencakup biaya overhead produksi serta biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh perusahaan, seperti biaya hukum dan anggaran pemasaran.

Metode biaya produksi dalam akuntansi manufaktur
Metode biaya produksi adalah metode akuntansi manufaktur yang digunakan untuk menghitung dan menganalisis biaya untuk memproduksi barang jadi. Setiap metode biaya produksi menghasilkan angka-angka ini secara berbeda. Hal ini dapat menghasilkan angka yang berbeda secara drastis untuk keuangan bisnis Anda, oleh karena itu penting untuk menggunakan pendekatan yang tepat berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.

Berikut adalah daftar singkat metode biaya produksi yang paling umum:

  • Penetapan biaya pekerjaan: Pelacakan biaya yang berhubungan dengan pesanan produksi tertentu. Penetapan biaya pekerjaan mempertimbangkan biaya langsung dan tidak langsung, menelusuri biaya-biaya tersebut berdasarkan batch atau lot.
  • Penentuan biaya proses: Pelacakan biaya yang berhubungan dengan seluruh proses produksi. Penetapan biaya proses digunakan ketika dapat diasumsikan dengan aman bahwa biaya akan sama untuk setiap proses (seperti pada barang yang diproduksi secara massal). Metode ini melacak seluruh proses dari waktu ke waktu, bukan berdasarkan batch atau lot.
  • Penentuan biaya berdasarkan aktivitas: Pelacakan biaya overhead yang berhubungan dengan produk tertentu. Penentuan biaya berbasis aktivitas menyelidiki aktivitas individu dan pemicu biaya, mengidentifikasi pekerjaan produksi mana yang menghasilkan biaya overhead tertinggi, sehingga produk dapat diberi harga yang sesuai.
  • Penetapan biaya langsung (atau penetapan biaya variabel): Pelacakan biaya variabel dalam produksi tertentu. Penetapan biaya langsung tidak memperhitungkan biaya overhead. Metode ini sering digunakan untuk pengambilan keputusan yang cepat.
  • Penetapan biaya target: Pelacakan biaya yang hanya didasarkan pada persediaan dan perkiraan permintaan. Penetapan biaya target mencoba memprediksi berapa biaya yang dibutuhkan bisnis untuk membuat produk baru dan berapa harga yang akan dibayar oleh pelanggan. Penetapan biaya target bertujuan untuk menentukan apakah inovasi di masa depan akan menguntungkan dan layak untuk diproduksi.

Perangkat lunak akuntansi manufaktur
Software akuntansi manufaktur membantu Anda melacak keuangan Anda secara real time menggunakan teknologi berbasis cloud dan integrasi multi-platform. Software akuntansi manufaktur terbaik menggunakan otomatisasi untuk memastikan biaya tercatat secara akurat sepanjang tahun, mengurangi waktu admin, dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Mari kita lihat beberapa sistem dan fitur utama yang memfasilitasi akuntansi manufaktur yang efisien.

Fitur utama perangkat lunak akuntansi manufaktur
Saat berinvestasi dalam software akuntansi manufaktur, penting untuk menemukan sistem yang berisi semua fitur yang Anda butuhkan - dan tidak terlalu banyak fitur yang tidak akan pernah Anda gunakan. Jika perangkat lunak terlalu rumit atau terlalu memakan waktu untuk diimplementasikan, Anda mungkin tidak akan mendapatkan laba atas investasi.

12 fitur utama perangkat lunak akuntansi manufaktur yang harus dicari:

  1. Antarmuka yang mudah digunakan
  2. Manajemen penggajian
  3. Alat faktur dan pembelian
  4. Interoperabilitas dengan perangkat lunak bisnis lainnya
  5. Analisis data waktu nyata
  6. Integrasi dengan perangkat lunak manajemen inventaris
  7. Pembaruan stok secara terus-menerus
  8. Rekonsiliasi instan
  9. Fungsionalitas berbasis cloud
  10. Pembuatan laporan otomatis
  11. Pelacakan SKU
  12. Manajemen rantai pasokan

Anda mungkin menemukan semua fitur ini - atau lebih tepatnya, semua fitur yang Anda butuhkan - dalam satu sistem. Namun dalam banyak kasus, perangkat lunak vendor tunggal yang menawarkan fitur yang hampir tak terbatas bisa jadi sangat berlebihan atau tidak efisien. Solusinya adalah dengan membangun tumpukan teknologi khusus dari beberapa sistem yang lebih kecil, lebih murah, dan berbasis cloud yang terintegrasi untuk menciptakan aliran data yang tersinkronisasi di setiap area bisnis Anda.

Sistem perangkat lunak akuntansi manufaktur
Kemungkinan ada ratusan perangkat lunak yang tersedia yang membantu penghitungan biaya produksi. Anda perlu berbicara dengan akuntan atau penasihat keuangan Anda dan mempertimbangkan anggaran Anda saat ini sebelum membuat keputusan.

Berikut adalah alat perangkat lunak akuntansi manufaktur terbaik kami:

  • Xero: Xero adalah platform akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Xero menawarkan serangkaian alat pembukuan dan penggajian serta menawarkan integrasi terkelola dengan ratusan sistem perangkat lunak bisnis populer lainnya.
  • QuickBooks Online (QBO): QuickBooks Online adalah alat berbasis cloud lainnya yang dirancang untuk menjadi cerdas dan sederhana, secara otomatis melacak keuangan Anda dengan cara yang mudah digunakan. QBO lebih populer di kalangan perusahaan-perusahaan Amerika Utara, sementara Xero berbasis di Selandia Baru dan melayani banyak pasar Australia dan Eropa.
  • Akses Keuangan: Didukung oleh perusahaan induk Unleashed, Access Financials menawarkan akuntansi berbasis cloud dengan serangkaian alat yang dapat diskalakan yang sempurna untuk kebutuhan akuntansi manufaktur tingkat lanjut.
  • Akuntansi untuk manufaktur kontrak
  • Manufaktur kontrak adalah pengalihdayaan pekerjaan manufaktur tertentu ke perusahaan lain (pihak ketiga). Misalnya, produsen ponsel pintar mungkin mengalihdayakan komponen audio ke spesialis manufaktur speaker.

Sebagian besar produsen kontrak menetapkan harga layanan mereka dalam model biaya plus - yaitu, biaya plus laba.Akuntansi untuk manufaktur kontrak melibatkan investigasi biaya material dan tenaga kerja langsung yang terlibat dalam proses manufaktur dan mengidentifikasi biaya tidak langsung - seperti biaya komunikasi dengan kontraktor.

  • Putar Video
  • Kiat-kiat akuntansi manufaktur untuk sukses
  • Akurasi dan efisiensi adalah tujuan utama akuntansi manufaktur

Anda memerlukan keuangan yang akurat untuk memperkirakan arus kas dengan benar dan memastikan Anda membayar jumlah pajak yang tepat. Dan efisiensi yang Anda gunakan dalam menjalankan akuntansi manufaktur secara langsung memengaruhi laba Anda.

Berikut adalah beberapa tips praktik terbaik untuk menjalankan akuntansi manufaktur yang sukses.

1. Menjaga kebersihan data yang baik
Kebersihan data sangat penting untuk bisnis modern. Ini adalah praktik menjaga data perusahaan Anda tetap bersih dan akurat dengan memastikan integritasnya melalui pemantauan yang cermat dan praktik terbaik akuntansi manufaktur. Mengintegrasikan atau meningkatkan perangkat lunak akuntansi Anda, meskipun penting, berisiko meningkatkan kesalahan dalam data bisnis yang tercatat.

Perhatikan kesalahan-kesalahan seperti:

  • Data atau kolom yang hilang
  • Data yang tidak valid
  • Pemetaan yang tidak konsisten
  • Entri yang duplikat atau saling bertentangan
  • Konvensi penamaan yang saling bertentangan atau berantakan
  • Sintaks yang ceroboh

Untuk memulai langkah yang benar dalam hal kebersihan data, berinvestasilah pada sistem yang baik dan ikuti langkah-langkah yang benar untuk mengimplementasikannya. Otomatisasi dan implementasi yang efisien akan mengurangi jumlah kesalahan manusia dan kemungkinan masalah lain yang muncul di masa depan.

2. Menerapkan siklus peningkatan berkelanjutan
Teknologi dan tren global selalu berubah - begitu juga dengan bisnis manufaktur jika ingin tetap lincah. Pada saat Anda selesai meningkatkan sistem Anda, dunia mungkin telah berevolusi dan membuatnya menjadi usang. Solusi untuk dilema ini adalah dengan melihat proses peningkatan proses akuntansi manufaktur Anda sebagai siklus peningkatan berkelanjutan. Daripada pendekatan sekali jadi, pantau dan tinjau efektivitas proses Anda saat ini secara teratur.

Analisis mengarah pada tindakan, yang mengarah pada umpan balik dan menciptakan peluang untuk analisis lebih lanjut. Siklus ini tidak pernah berakhir, sehingga dinamakan 'peningkatan berkelanjutan', Tuliskan proses peningkatan berkelanjutan ke dalam kebijakan perusahaan dan buku panduan karyawan. Karyawan baru harus diperkenalkan dengan perbaikan berkelanjutan selama masa orientasi untuk menjadikan proses ini sebagai bagian dari struktur operasi bisnis Anda.

3. Menerapkan manajemen inventaris otomatis
Akuntansi manufaktur bergantung pada data inventaris dan penjualan yang akurat. Sistem manajemen inventaris otomatis memfasilitasi akuntansi inventaris yang akurat dan dapat sangat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengelola stok fisik. Anda dapat mengotomatiskan manajemen inventaris Anda dengan menerapkan perangkat lunak manajemen inventaris, pemindai kode batang, dan robotika gudang. Alat-alat ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan inventaris Anda dan keakuratan catatan stok di tangan Anda.

Disadur dari: unleashedsoftware.com