Teknik Kreativitas dalam Lingkungan Belajar

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 05.00

Gambar bola lampu pijar dikaitkan dengan seseorang yang mempunyai ide, contoh kreativitas musisi modern, Anthony Braxton dan Cecil Taylor - Wikipedia

Metode yang dikenal sebagai teknik kreativitas bertujuan untuk mendorong orang untuk menjadi kreatif dalam bidang seni maupun sains. Teknik ini memfokuskan pada berbagai aspek kreativitas, seperti cara membuat konsep dan pemikiran yang berbeda, cara menyusun ulang masalah, mengubah lingkungan afektif, dan sebagainya. Mereka dapat digunakan dalam ekspresi seni, terapi, atau pemecahan masalah.

Sementara beberapa teknik dapat diterapkan secara individual, yang lain memerlukan kelompok dua atau lebih orang. Metode ini termasuk algoritma untuk mendekati masalah, latihan tertulis, permainan kata, dan berbagai jenis improvisasi. Teknik aleatory yang menggunakan keacakan juga banyak ditemukan.

Aleatorisme

Aleatorisme adalah penggabungan unsur kebetulan (elemen acak) ke dalam proses penciptaan, khususnya penciptaan seni atau media. Aleatorisme umumnya ditemukan dalam musik, seni, dan sastra, khususnya dalam puisi. Dalam film, Andy Voda membuat film pada tahun 1979 berjudul Chance Chants, yang diproduksi dengan cara melempar koin atau melempar dadu. Dalam musik, John Cage, seorang musisi avant-garde, menggubah musik dengan menggunakan I Ching untuk menentukan posisi not balok, melapisi peta bintang pada lembaran musik kosong, dengan melempar dadu dan menyiapkan partitur terbuka yang bergantung pada keputusan spontan. dari para pemainnya.

Improvisasi

Tanpa adanya perencanaan sebelumnya, improvisasi merupakan suatu kegiatan kreatif yang dapat diungkapkan secara lisan, tertulis, atau komposisi. Ekstemporisasi, nama lain dari improvisasi, dapat mengakibatkan pengembangan struktur baru, metode kognisi dan tindakan, atau cara bertindak. Teater, musik, dan media artistik lainnya semuanya memerlukan improvisasi. Metode improvisasi juga sering digunakan para seniman untuk meningkatkan aliran kreatifnya.

Dua bidang penting di mana improvisasi digunakan adalah sebagai berikut:

  • Aktor yang menggunakan keterampilan akting improvisasi untuk tampil secara mendadak dikenal sebagai improvisasi. Dalam kursus akting pada umumnya, banyak keterampilan improvisasi (“improvisasi”) yang diajarkan. Pengembangan kemampuan mendasar seperti mendengarkan, kejelasan, kepercayaan diri, dan penampilan yang alami dan spontan dipandang penting bagi para aktor.
  • Menulis secara real time adalah improvisasi gratis. Musik improvisasi, atau "improvisasi"), diciptakan oleh musisi dari berbagai genre dan tidak terbatas pada satu genre saja. Improvisasi bebas digunakan oleh dua musisi modern, Anthony Braxton dan Cecil Taylor.

Problem-solving

Dalam konteks pemecahan masalah, teknik kreativitas kata acak mungkin merupakan metode yang paling sederhana. Seseorang yang dihadapkan pada suatu masalah disajikan dengan sebuah kata yang dihasilkan secara acak, dengan harapan akan adanya solusi yang timbul dari hubungan apa pun antara kata tersebut dan masalah tersebut. Gambar, suara, atau artikel acak dapat digunakan sebagai pengganti kata acak sebagai semacam pemicu kreativitas atau provokasi.

Project Management

Untuk tujuan manajemen proyek, teknik kreativitas kelompok adalah teknik kreativitas yang digunakan oleh sebuah tim dalam melaksanakan suatu proyek. Beberapa teknik yang relevan adalah brainstorming, teknik kelompok nominal, teknik Delphi, pemetaan ide/pikiran, diagram afinitas, dan analisis keputusan multikriteria. Teknik-teknik ini dirujuk dalam Panduan Badan Pengetahuan Manajemen Proyek.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org