Definisi dari Kreativitas

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 17.17

Gambar bola lampu pijar diasosiasikan dengan seseorang yang mempunyai ide, contoh kreativitas - Wikipedia

Menjadi kreatif adalah kualitas seseorang (atau aktivitas) yang menghasilkan terciptanya sesuatu yang baru dan bermanfaat. Objek yang dihasilkan dapat berupa apa pun yang berwujud, seperti penemuan, karya sastra cetak, atau lukisan, atau dapat pula berupa sesuatu yang tidak berwujud, seperti lelucon, komposisi musik, gagasan, atau teori ilmiah. Orang dengan kreativitas mampu menemukan solusi baru atau kreatif terhadap suatu permasalahan.

Banyak bidang akademis yang tertarik pada kreativitas, namun yang utama adalah ilmu kognitif, psikologi, dan studi bisnis. Namun ilmu ini juga ditemukan dalam ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi, linguistik, dan ekonomi), pendidikan, humaniora (filsafat, seni, dan teologi), teknik, teknologi, dan matematika. Bidang-bidang ini membahas hubungan antara kreativitas dan kecerdasan umum, tipe kepribadian, proses mental dan saraf, kesehatan mental, dan kecerdasan buatan. Mereka juga membahas kemungkinan untuk meningkatkan kreativitas melalui kepemimpinan, praktik organisasi, pelatihan, dan pendidikan; unsur-unsur yang mempengaruhi cara kreativitas dipandang dan dinilai; penggunaan sumber daya kreatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran; dan peningkatan kreativitas untuk kepentingan perekonomian negara. Harvard Business School mengklaim bahwa ini membantu bisnis dengan mendorong pertumbuhan, produktivitas, adaptasi, dan inovasi.

Michael Mumford merangkum literatur ilmiah tentang kreativitas dengan mengatakan, "Sepertinya kita telah mencapai kesepakatan umum bahwa kreativitas melibatkan produksi produk-produk baru yang bermanfaat." Menurut Robert Sternberg, kreativitas menghasilkan “sesuatu yang orisinal dan berharga”.

Di luar kesamaan yang luas ini, definisi yang tepat dari para penulis sangat bervariasi satu sama lain: Menurut Peter Meusburger, diperkirakan ada seratus lima puluh definisi dalam literatur. Definisi-definisi ini biasanya menguraikan konteks (bidang, organisasi, lingkungan, dll.) yang menentukan kesesuaian dan/atau orisinalitas objek yang dibuat serta proses yang menyebabkan penciptaannya. Misalnya, Dr. E. Paul Torrance mendefinisikan kreativitas sebagai “suatu proses menjadi peka terhadap masalah, kekurangan, kesenjangan dalam pengetahuan, elemen yang hilang, ketidakharmonisan, dan sebagainya; mengidentifikasi kesulitan; mencari solusi, membuat tebakan, atau merumuskan hipotesis. tentang kekurangannya: menguji dan menguji ulang hipotesis ini dan mungkin memodifikasi dan mengujinya kembali dan akhirnya mengkomunikasikan hasilnya." Definisi ini diberikan dalam konteks menilai kemampuan kreatif seseorang.

Sesuai dengan etimologi kata tersebut, Ignacio L. Götz berpendapat bahwa kreativitas tidak selalu “menciptakan”. Ia membatasinya pada proses penciptaan tanpa mempertimbangkan hasil akhirnya. Meskipun orisinalitas dan kreativitas kadang-kadang digunakan secara bergantian dalam definisi, ia juga menekankan perbedaan antara keduanya. Menurut Götz, kreativitas tidak selalu sama dengan orisinalitas. Meskipun seseorang tidak diragukan lagi kreatif ketika menghasilkan sesuatu, mereka mungkin tidak unik jika apa yang mereka ciptakan tidak baru. Meski demikian, kreativitas dan keunikan bisa hidup berdampingan.

Secara umum kreativitas berbeda dengan inovasi yang lebih menekankan pada eksekusi. Misalnya saja, OECD dan Eurostat mengklaim bahwa “Inovasi lebih dari sekadar ide atau penemuan baru,” sementara Teresa Amabile dan Pratt mendefinisikan kreativitas sebagai generasi ide-ide orisinal dan praktis, serta inovasi sebagai penerapan ide-ide kreatif. Suatu inovasi harus dipraktekkan, baik secara aktif maupun dengan cara disediakan untuk digunakan oleh pihak lain, dunia usaha, masyarakat, atau organisasi.”

Kreativitas emosional adalah jenis kreativitas lain yang didefinisikan sebagai pola ciri-ciri kepribadian dan bakat kognitif yang terkait dengan keunikan dan kesesuaian dalam pengalaman emosional.

Ronald A. Beghetto dan James C. Kaufman memaparkan model kreativitas "empat C". Berikut ini adalah empat "C":

  • Mini-C ("pembelajaran transformatif" yang melibatkan "interpretasi pengalaman, tindakan, dan wawasan yang bermakna secara pribadi").
  • Little-C (pemecahan masalah sehari-hari dan ekspresi kreatif).
  • Pro-C (dipamerkan oleh orang-orang yang kreatif secara profesional atau vokasi meski belum tentu unggul).
  • Big-C (kreativitas dianggap hebat dalam bidang tertentu).

Model ini dirancang untuk mendukung teori dan model kreativitas yang menekankan transformasi sejarah kawasan kreatif sebagai puncak kreativitas dan kompetensi sebagai komponen penting. Para penulis berpendapat bahwa hal ini juga memberikan kerangka kerja yang berguna untuk memeriksa perbedaan proses kreatif manusia.

Biasanya menggunakan perbandingan antara "C Besar" dan "C Kecil". Kozbelt, Beghetto, dan Runco mengulas teori utama kreativitas menggunakan model little-c/Big-C. Margaret Boden membedakan antara p-kreativitas yang bersifat personal dan h-kreativitas yang bersifat historis.

Ken Robinson dan Anna Craft berfokus pada kreativitas masyarakat umum, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan. Kerajinan membuat perbedaan serupa antara kreativitas "tinggi" dan "c kecil" dan mengutip Robinson yang mengacu pada kreativitas "tinggi" dan "demokratis". Mihaly Csikszentmihalyi mendefinisikan kreativitas dalam kaitannya dengan individu yang dinilai telah memberikan kontribusi kreatif yang signifikan, dan mungkin memberikan kontribusi yang mengubah domain. Simonton menganalisis lintasan karier orang-orang kreatif terkemuka untuk memetakan pola dan prediktor produktivitas kreatif.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org